Connect with us

Mitra Hijau

Hino Finance Indonesia Kembali Tanam 3.500 Mangrove di Semarang dan Lampung

Published

on

Hino Finance Indonesia tanam mangrove di Semarang dan Lampung

PT Hino Finance Indonesia (HFI) merupakan perusahaan joint venture yang didirikan antara Hino Motors Ltd., PT Indomobil Multi Jasa Tbk, dan Summit Global Auto Management B.V. (bagian dari Sumitomo Corporation). Sesuai akta, HFI didirikan pada tanggal 11 Juli 2014.

Hino Finance Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan spesialis turuk komersial merek Hino dan mendukung penjualan dari produk Hino Indonesia secara luas.

HFI memiliki 11 titik pemasaran yang tersebar di Indonesia. Perusahaan ini senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan dengan menerapkan 3 prinsip utama yaitu mudah, pelayanan handal, dan produk terbaik.

Gerakan Penghijauan Hino Finance Indonesia untuk Menjaga Lingkungan

Hino Finance Indonesia hijaukan kembali Lampung
Aksi penghijauan Hino Finance Indonesia di Lampung. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

PT Hino Finance Indonesia senantiasa memberikan kontribusinya melalui gerakan penghijauan untuk mendukung Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) turut serta mengurangi perubahan iklim saat ini.

Bersama LindungiHutan, Hino Finance Indonesia melakukan upaya penghijauan di Kota Semarang dan Lampung.

Melalui kampanye bertajuk “Bersama Hino Finance untuk Tumbuh Lebih Hijau: Semarang” Hino Finance Indonesia menanam 2.300 pohon mangrove di Pantai Mangunharjo pada 22 Juni 2023. Sementara itu, dalam kampanye “Bersama Hino Finance untuk Tumbuh Lebih Hijau: Lampung” Hino Finance Indonesia menanam 1.200 jenis tanaman endemik di Taman Nasional Way Kambas Kabupaten Lampung Timur pada 4 Juli 2023.

Aksi Hino Finance Indonesia menghijaukan Pantai Mangunharjo dan Taman Nasional Way Kambas sepatutnya kita apresiasi bersama. Langkah tersebut dapat menjadi contoh bagi kita semua untuk mengatasi perubahan iklim dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Baca juga: Sustainable Hero 2023: Kegiatan Konservasi Lingkungan Oriflame Indonesia Tanam 3.200 Pohon di 4 Provinsi

Menilik Lokasi Penanaman Hino Finance Indonesia di Pantai Mangunharjo dan Taman Nasional Way Kambas

Hino Finance Indonesia tanam mangrove di semarang
Bersama LindungiHutan, Hino Finance Indonesia tanam ribuan mangrove di Pantai Mangunharjo. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pantai Mangunharjo dan Taman Nasional Way Kambas dipilih oleh PT Hino Finance Indonesia sebagai lokasi penghijauan atas pertimbangan tertentu.

Pantai Mangunharjo terletak di pesisir utara Kota Semarang. Pantai ini digunakan sebagai habitat makhluk seperti burung, ikan, kepiting, dan lainnya. Ada sekitar 66 jenis burung ditemukan di pantai ini. 

Seiring berjalannya waktu, ekosistem mangrove di Pantai Mangunharjo pun terancam rusak. Alih fungsi lahan hutan mangrove menjadi areal tambak dimanfaatkan masyarakat sebagai mata pencaharian mereka. Perlahan, area tambak menghilang dan tenggelam, karena tidak adanya penahan dari ancaman gelombang dari laut Pesisir Utara Pulau Jawa itu.

Oleh karena itu dibutuhkan penanaman pohon kembali, untuk melindungi Pantai Mangunharjo sekaligus untuk mengatasi perubahan iklim saat ini.

Penanaman mangrove Hino Finance Indonesia
Penanaman mangrove bersama di Pantai Mangunharjo. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Lokasi penanaman lain berada di Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Lampung. Masyarakat sekitar Taman Nasional Way Kambas berkeinginan untuk ikut serta dalam pengelolaan sebagian kawasan taman nasional dengan membuat arboretum.

Rencananya, arboretum digunakan sebagai kawasan edukasi yang berisi tanaman endemik dengan wilayah konservasi yang tinggi, dan mampu melindungi fauna-fauna yang dilindungi. Oleh karena Hino Finance Indonesia memilih kedua lokasi tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan keanekaragaman hayati di dalamnya.

Baca juga: Tri Cycle Inisiasi Penghijauan Tanam 500+ Pohon Trembesi di Kalimantan Barat

Jalin Kerja Sama CSR Lingkungan Bersama LindungiHutan!

Bagi perusahaan yang ingin berkontribusi dalam menghijaukan Indonesia bisa melalui program Impact CSR bersama LindungiHutan. Impact CSR merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang sosial dan lingkungan yang memberikan manfaat secara luas.

LindungiHutan telah dipercaya 350+ perusahaan dan brand nasional maupun internasional dan menjalin kemitraan dengan 40+ kelompok tani hutan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kami selalu menjunjung nilai mudah, transparan, berkelanjutan, inklusif, dan fleksibel setiap kegiatan kami. So, tunggu apa lagi? Mari jalin kerja sama, jaga kelestarian hutan bersama!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan