Connect with us

Mitra Hijau

Sustainable Hero 2023: Kegiatan Konservasi Lingkungan Oriflame Indonesia Tanam 3.200 Pohon di 4 Provinsi

Published

on

Aksi Penghijauan Oriflame Indonesia di 4 provinsi

Bermula pada tahun 1967, dua orang saudara yang bernama Jonas dan Robert af Jochnick, serta satu temannya, Bengt Hellsten, mereka menciptakan Oriflame karena terinspirasi dari kekayaan alam Swedia. Mereka menawarkan produk-produk kecantikan dan perawatan kulit dengan kualitas tinggi. 

Perjalanan Oriflame telah melewati proses yang panjang. Lebih dari 35 tahun Oriflame Indonesia hadir di tengah kita. Secara global, Oriflame tersebar lebih dari 60 negara di dunia dengan 3 juta member yang menjual dan mempromosikan produk kecantikan, perawatan kulit, perlengkapan mandi dan tubuh, perawatan rambut, dan tas.

Menurut Financial Times Europe’s Climate Leaders Special Report, Oriflame menjadi salah satu Europe’s Climate Leaders pada tahun 2022. Mereka berkontribusi dalam mengurangi dampak iklim dan terus menjaga lingkungan agar terus asri dan lestari.

Prinsip keberlanjutan senantiasa diterapkan dalam menjalankan praktik bisnis Oriflame. Produk Oriflame dikemas menggunakan kemasan ramah lingkungan yang terbuat dari kertas dan dapat didaur ulang. 

Kampanye Penghijauan Oriflame Indonesia Tersebar di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan

Oriflame Indonesia lakukan penanaman di Kota Makassar
Penanaman 1000 mangrove si Pesisir Untia Kota Makassar. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Swedia merupakan negara yang dikelilingi oleh bentang hutan yang luas. Hal tersebut menjadi alasan Oriflame sangat mengapresiasi dan menaruh perhatian lebih dalam menjaga kelestarian hutan. 

Sejak tahun 2019, Oriflame telah menanam 7 juta pohon dalam program penghijauan yang tersebar di berbagai belahan dunia. Kegiatan tersebut untuk mengatasi perubahan iklim yang marak diperbincangkan.

Pada tahun 2023, cabang perusahaan Oriflame yaitu Oriflame Indonesia, melanjutkan aksi penghijauan dengan menjalin kerja sama bersama LindungiHutan. Kerja sama tersebut menghadirkan sebuah gerakan penghijauan yang tersebar di 4 provinsi di Indonesia yaitu Jakarta (DKI Jakarta), Surabaya (Jawa Timur), Badung (Bali), dan Makassar (Sulawesi Selatan).

Oriflame Indonesia lakukan penanaman di DKI Jakarta
Oriflame Indonesia tanam pohon mahoni di Hutan Kota Munjul Jakarta Timur. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebanyak 200 pohon mahoni berhasil ditanam di Hutan Kota Munjul Jakarta Timur (DKI Jakarta) melalui kampanye alam bertajuk “Oriflame Sustainable Hero 2023: Jakarta”  dan 1.000 pohon mangrove ditanam di Ekowisata Mangrove Wonorejo Kota Surabaya (Jawa Timur) melalui kampanye alam bertajuk “Oriflame Sustainable Hero 2023: Surabaya”.

Selanjutnya, 1.000 pohon mangrove ditanam di Teluk Benoa Kabupaten Badung (Bali) pada kampanye “Oriflame Sustainable Hero 2023: Bali” dan 1.000 pohon pohon mangrove ditanam di Pesisir Untia Kota Makassar (Sulawesi Selatan) pada kampanye “Oriflame Sustainable Hero 2023: Makassar”. 

Keempat kampanye tersebut, dilakukan penanaman secara serentak pada 17 Juni 2023. Aksi penghijauan Oriflame Indonesia patut kita apresiasi bersama. Besar harapan dan langkah yang dilakukan Oriflame Indonesia dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Baca juga: Tri Cycle Inisiasi Penghijauan Tanam 500+ Pohon Trembesi di Kalimantan Barat

Sekilas Cerita Lokasi Penanaman Oriflame Indonesia Bersama LindungiHutan

Oriflame Indonesia tanam mangrove di Surabaya
Aksi penghijauan Oriflame Indonesia bersama LindungiHutan di Surabaya. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan keempat lokasi penanaman bukan tanpa alasan. Lokasi penanaman pertama yang dipilih Oriflame Indonesia adalah Hutan Kota Munjul di Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. 

Hutan Kota Munjul merupakan kawasan terbuka hijau di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta. Di wilayah perkotaan, ruang terbuka hijau sangat dibutuhkan. Tingkat emisi karbon yang tinggi, diharapkan dapat berkurang dengan adanya hutan kota salah satunya Hutan Kota Munjul. Menurut salah satu jurnal, pohon mahoni cocok ditanam di ruang terbuka hijau karena dapat menyerap polutan logam berat seperti Timbal (Pb).

Lokasi kedua berada di Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Luasan hutan mangrove di lokasi ini mengalami penurunan akibat dari konversi lahan untuk wilayah pemukiman dan tambak serta sedimentasi. Sehingga, terjadi pula penurunan kualitas lingkungan dan keanekaragaman biodiversitas.

Teluk Benoa terletak di Kabupaten Badung, Provinsi Bali menjadi lokasi penanaman Oriflame Indonesia. Lokasi ini terdampak dari aktivitas alih fungsi lahan yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Ekosistem mangrove yang rusak, mengganggu mata pencaharian masyarakat sekitar. Terganggunya ekosistem di Teluk Benoa, menjadi penyebab banjir di daerah Sanur Kuah dan Suwung Kangin.

Oriflame Indonesia lakukan penanaman di Bali
1000 Mangrove dari Oriflame Indonesia untuk Teluk Benoa. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Terakhir, Pesisir Untia Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan menjadi lokasi keempat yang dipilih Oriflame Indonesia. Pesisir Untia merupakan kawasan maritim yang strategis untuk kegiatan perdagangan. Pembangunan sarana umum semakin ditingkatkan, namun tidak terkendali. Sehingga, ekosistem mangrove di lokasi tersebut berkurang dan laju abrasi pun meningkat.

Pemilihan pohon mangrove sebagai tanaman penghijauan di wilayah pesisir sebab akarnya mampu mencegah abrasi air laut. Pohon mangrove juga digunakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup darat maupun air hingga penyerap emisi gas karbondioksida.

Oleh karena itu, keempat lokasi tersebut dipilih Oriflame Indonesia guna memperbaiki kualitas lingkungan, menyelamatkan biodiversitas yang ada, dan membantu masyarakat seperti sedia kala.

Baca juga: 10 Degree Solar Tanam 578 Mangrove di Kabupaten Cirebon

Ikuti Langkah Oriflame Indonesia melalui Impact CSR Bersama LindungiHutan

Kerja sama Oriflame Indonesia bersama LindungiHutan melalui skema Impact CSR yang berkelanjutan.

Impact CSR merupakan program kerja sama yang dirancang untuk perusahaan dalam mengimplementasikan tanggung jawabnya dari aspek sosial dan lingkungan. Tujuan kerja sama ini memberikan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat sekitar hutan, dan mitra penggerak LindungiHutan.

Bentuk kerja sama melalui Impact CSR mendukung aspek keberlanjutan dan kesinambungan. Setelah kegiatan penanaman pohon telah selesai, pohon yang tertanam akan dipantau perkembangannya.

LindungiHutan telah menjalin kemitraan dengan 30+ mitra petani yang tersebar di seluruh Indonesia. Kami dipercaya lebih dari 400 brand dan perusahaan untuk menjalankan program CSR yang berdampak bagi sosial dan lingkungan. Kami menjunjung nilai mudah, transparan, berkelanjutan inklusif, dan fleksibel dalam setiap aktivitas yang kami lakukan.

Ikuti langkah baik dari Oriflame Indonesia. Jalin kerja sama bersama kami, untuk kelestarian Indonesia!

Jalin Kerja Sama Penghijauan Lingkungan Bersama LindungiHutan!

Kami senantiasa menjalin kerja sama dengan mitra perusahaan/brand dan masyarakat untuk mengatasi perubahan iklim bersama. Upayakan kegiatan penghijauan yang berkelanjutan bersama LindungiHutan!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan