Connect with us

Uncategorized @id-id

9 Aksi Penghijauan Lingkungan Perusahaan dengan Jumlah Pohon Terbanyak Tahun 2023

Published

on

Dalam menjalankan praktik bisnisnya, perusahaan diwajibkan untuk memperhatikan aspek kelestarian lingkungan. Baik itu selama berjalannya praktik bisnis dari hulu hingga hilir maupun melalui kegiatan pertanggung jawaban seperti program CSR dan bentuk penghijauan lainnya.

Tentu, aksi penghijauan lingkungan yang baik adalah yang berdampak. Berdampak positif bagi lingkungan maupun masyarakat. Berdampak nan berkelanjutan.

Sepanjang tahun 2023 ini LindungiHutan membersamai banyak perusahaan yang melakukan aksi aksi peduli lingkungan, seperti penanaman pohon.  Kami merangkum 9 aksi penghijauan lingkungan yang dilakukan perusahaan dengan jumlah pohon terbanyak pada tahun 2023!

1. Busan Auto Finance (BAF) Tanam 20.000 Mangrove di 6 Provinsi

PT Busan Auto Finance merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1997, di mana merupakan perusahaan yang berfokus pada jasa keuangan dan pembiayaan motor Yamaha. Sebagai perusahaan pembiayaan, BAF mewujudkan komitmen nyata pada kelestarian dan keberlanjutan lingkungan melalui program CSR penanaman pohon.

BAF Menginisiasi Kampanye Alam dengan tajuk “Gerakan Penghijauan BAF Menanam Bibit Mangrove” yang tersebar di 6 provinsi. Total, ada 20.000 penanaman mangrove yang dilakukan serentak pada 22 Juli 2023.

2. Aksi Penghijauan Lingkungan Jejakin

Jejakin merupakan perusahaan teknologi yang fokus dalam masalah perubahan iklim di bidang penanaman pohon, menganalisis dampak, melindungi keanekaragaman hayati, hingga melakukan carbon offsetting. Melalui teknologi berbasis AI dan IoT Jejakin membantu mengatasi masalah lingkungan dan membantu bisnis memahami jejak karbon mereka, memantau reforestasi, hingga mengukur dampaknya.

Bekerja sama dengan LindungiHutan, Jejakin melakukan penanaman pohon mangrove untuk kelestarian lingkungan dan bumi di beberapa titik lokasi penanaman. Paling tidak, dari 6 Kampanye Alam bersama Jejakin dengan jumlah pohon terbanyak di tahun 2023, berhasil terkumpul pohon berjumlah kurang lebih 13.000 pohon.

3. Penanaman Mangrove SKK MIGAS, 10.000 Pohon Ditanam di Kawasan Ekowisata Mangrove PIK

SKK MIGAS memiliki tugas penting dalam pengambilan sumber daya minyak dan gas bumi milik negara untuk memberikan manfaat serta penerimaan yang maksimal untuk negara dan kemakmuran masyarakat Indonesia. Komitmen SKK Migas dalam upaya menurunkan karbon lantas diwujudkan melalui program One Two Trees.

Harapannya, penanaman pohon yang dilakukan dapat berperan dalam menurunkan emisi karbon demi masa depan lingkungan yang baik pada masa mendatang. Total, SKK MIGAS menanam 10.000 mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove PIK.

4. Wujud Komitmen Nyata Aksi Penghijauan Lingkungan PetroChina International Jabung Ltd

PetroChina International Jabung Ltd mewujudkan komitmen nyata aksi penghijauannya bersama LindungiHutan. Perusahaan tersebut menginisiasi aksi peduli lingkungan melalui Kampanye Alam bertajuk “5.000 Mangrove Insan Petro China”.

PetroChina International Jabung Ltd Menanam mangrove

Penanaman mangrove sebanyak 5.000 bibit tersebut sukses dilakukan pada 14 Oktober 2023 bersama LindungiHutan dan kelompok masyarakat setempat.

LindungiHutan Menanam Lebih dari 700 RIBU Pohon di 45+ Lokasi Penanaman Tersebar di Indonesia

5. The Wujil Berbagi untuk Bumi: Penanaman 3.480 Mangrove di Pantai Utara Jawa

Berikutnya ada The Wujil yang melalui program “The Wujil Berbagi” memiliki kepedulian terhadap isu-isu berkembang di masyarakat mulai dari pelestarian lingkungan, kesehatan, pendidikan, hingga inklusivitas. Maka dalam rangka merayakan ulang tahun ke-7 pada bulan September tahun ini, mewujudkan aksi peduli lingkungan melalui program penanaman.

The wujil resort tanam mangrove di Semarang

Aksi penghijauan yang dilakukan The Wujil sukses menanam 3500 mangrove di Pantai Mangunharjo Kota Semarang.

6. Aksi Peduli Lingkungan #SatuNAFAS: Nolkan Asap Fokuskan Aksi Sustainabilitas

PT Federal International Finance (FIFGROUP) bekerja sama dengan LindungiHutan dalam kampanye “#SatuNAFAS: Nolkan Asap Fokuskan Aksi Sustainabilitas” guna menghijaukan Indonesia. Aksi penghijauan lingkungan dilakukan perusahaan melalui penanaman di daerah pesisir untuk mencegah abrasi dan banjir rob.

FIFGROUP berhasil menanam 2.326 mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu pada 4 November 2023 bersama LindungiHutan dan kelompok masyarakat setempat.

7. Bersama Hino Finance untuk Tumbuh Lebih Hijau: Semarang

Sebagai perusahaan pembiayaan, PT Hino Finance Indonesia berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik untuk mewujudkan impian seluruh pelanggan. Namun di samping itu, bersama LindungiHutan, Hino Finance Indonesia mewujudkan upaya penghijauan lingkungan di Kota Semarang.

Total, Hino Finance Indonesia menanam 2.300 pohon mangrove di Pantai Mangunharjo Kota Semarang pada 22 Juni 2023.

8. Hafizah Ghazali for Sustainability Semarang City

Berdiri pada tahun 2015, Hafizah Ghazali merupakan label pakaian wanita slow fashion yang menciptakan desain dan proses produksi secara sadar dan berkelanjutan. Hafizah Ghazali percaya pada kekuatan pemulihan dari penanaman pohon. Selagi terus berupaya untuk menuju rantai pasokan yang lebih berkelanjutan, Hafizah Ghazali ingin berperan lebih jauh dalam melindungi ekosistem.

Bersama LindungiHutan, Hafizah Ghazali mewujudkan aksi peduli lingkungan tersebut melalui penanaman mangrove sejumlah 2.000 pohon di pesisir Trimulyo Kota Semarang.

9. 1 Polis = 1 Pohon: Lindungi Keluarga & Jaga Kelestarian Bumi

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, BCA Life akan mendonasikan 1 pohon untuk setiap 1 polis yang terjual sepanjang bulan April 2023. Sebagai bentuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau program CSR, BCA Life menggandeng LindungiHutan berupaya untuk menanam pohon di pesisir Trimulyo Kota Semarang.

Program CSR BCA Life

BBCA Life sukses menanam mangrove sejumlah 1.999 pohon pada 3 Mei 2023 bersama dengan LindungiHutan dan petani setempat yang terlibat.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *