Connect with us

Mitra Hijau

5 Bank di Indonesia yang Bekerja Sama dengan LindungiHutan

Published

on

Bank di Indonesia lakukan penghijauan

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan melakukan kegiatan penghijauan. Di dalam kehidupan, manusia memiliki ketergantungan pada alam. Jika keseimbangan alam terganggu, maka semua makhluk hidup di muka bumi ini bisa merasakan akibatnya. 

Menjaga kelestarian lingkungan adalah tugas kita bersama. Mulai dari jajaran pemerintahan, perusahaan, komunitas, hingga masyarakat umum memiliki keharusan melestarikan lingkungan.

Tidak sedikit perusahaan yang aware terhadap lingkungan, seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa bank di Indonesia. Bentuk kepedulian terhadap lingkungan, mereka lakukan dengan kegiatan penghijauan bersama LindungiHutan.

Apa saja bank di Indonesia yang terlibat dalam kegiatan penghijauan bersama LindungiHutan? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Kegiatan Penghijauan?

apa itu penghijauan
Apa itu kegiatan penghijauan?

Sebelum membahas lebih jauh, kita ketahui terlebih dahulu mengenai kegiatan penghijauan.

Kegiatan penghijauan adalah salah satu cara menyelamatkan lingkungan. Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengembalikan fungsi lahan supaya produktif kembali.

Tindakan penghijauan dapat kita wujudkan dengan menanam pohon. Seperti yang kita tahu, pohon berperan penting sebagai salah satu penjaga ekosistem di alam.

Pohon memberikan sumber kehidupan bagi manusia. Seperti halnya manusia, mendapat manfaat secara langsung dan tidak langsung dari keberadaan pohon. Misalnya, buah yang dapat dikonsumsi langsung oleh manusia, sementara itu secara tidak langsung, pohon mampu menyerap gas-gas karbondioksida yang membahayakan tubuh.

Manfaat Kegiatan Penghijauan

manfaat kegiatan penghijauan
Manfaat dari kegiatan penghijauan adalah mencegah erosi tanah, memperbaiki kualitas udara, dan perlindungan dari sinar matahari.

Kegiatan penghijauan memberikan banyak manfaat bagi lingkungan seperti mencegah erosi tanah, memperbaiki kualitas udara, dan perlindungan dari sinar matahari. Bagaimana penjelasannya? Simak di bawah ini!

1. Mencegah Erosi Tanah

Manfaat Kegiatan penghijauan yang pertama adalah mampu mencegah erosi tanah. Erosi tanah adalah peristiwa hilangnya lapisan permukaan tanah yang disebabkan oleh pergerakan angin atau air. 

Secara umum erosi tanah terjadi pada kawasan kurang vegetasi. Kondisi tanah yang tandus, mudah sekali mengalami erosi tanah. Sebab, tidak ada penahan bagi partikel-partikel tanah. Jika terdapat tanaman atau pohon, maka erosi tanah dapat diminimalisir.

2. Mengurangi Pencemaran Udara

Seperti yang kita tahu, gas karbon dioksida banyak dihasilkan oleh aktivitas manusia seperti kegiatan industri, transportasi, dan lainnya. Gas karbondioksida mampu membahayakan bagi tubuh jika terus dihirup oleh manusia.

Dalam proses fotosintesis, pohon menyerap gas karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen bagi makhluk hidup. Tentu saja dengan adanya pohon, risiko gas polutan yang membahayakan tubuh menjadi berkurang.

3. Perlindungan dari Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet yang berbahaya bagi kulit kita. Paparan dari sinar UV mampu menyebabkan penuaan, memicu kanker kulit, dan terbakarnya kulit. KIta tidak bisa tahu apakah kita terpapar sinar UV setiap harinya. 

Kegiatan penghijauan memberikan manfaat sebagai pelindung dari teriknya sinar matahari.

Baca juga: KadoBumi LindungiHutan, Upaya Penghijauan Sembari Merayakan Momen Berhargamu

5 Contoh Bank di Indonesia Berkolaborasi Bersama LindungiHutan

contoh bank di indonesia lakukan penghijauan
Apa saja contoh bank di Indonesia yang melakukan kegiatan penghijauan bersama LindungiHutan?

Berikut 5 bank di Indonesia yang berkolaborasi bersama LindungiHutan wujudkan kepedulian lingkungan, antara lain:

1. Bank DBS Indonesia

Bank DBS Indonesia (DBSI) merupakan salah satu bank di Indonesia yang melakukan program penghijauan bersama LindungiHutan. DBS merupakan group jasa keuangan terkemuka di Asia.

Perusahaan ini memiliki misi bertajuk “Live more, Bank Less”. Melalui program “People of Purpose”, sebuah gerakan kesukarelawanan karyawan Bank DBS Indonesia bertujuan untuk memberikan nilai-nilai positif perusahaan, DBS berulang kali mengkolaborasikan aksi peduli lingkungan bersama LindungiHutan. 

Bank DBS, menjadi bank di Indonesia yang wujudkan kegiatan penghijauan dengan tema “Plant more, Pollute less”. Pada tahun 2019, Bank tersebut menyumbang sebanyak 1650 bibit pohon trembesi, matoa, jambu air, mahoni, mangga, ketapang, dan kenanga melalui 7 kampanye alam, meliputi:

  • 1000 Trees from T&O DBSI, sebanyak 250 bibit trembesi telah ditanam di kawasan Danau Duta Harapan, Bekasi. 
  • 1000 Trees from T&O DBSI, sukses menanam sebanyak 250 bibit matoa di kawasan Danau Duta Harapan, Bekasi. 
  • DBSI Annual Mass Volunteering 2019 “Plant More, Waste Less”, telah ditanam sebanyak 160 bibit mangga di Hutan Kota Patriot, Bekasi.
  • DBSI Annual Mass Volunteering 2019 “Plant More, Waste Less”, sebanyak 160 bibit pohon jambu air ditanam di Hutan Kota Patriot, Bekasi.
  • DBSI Annual Mass Volunteering 2019 “Plant More, Waste Less”, berhasil menanam sebanyak 170 bibit mahoni di Hutan Kota Patriot, Bekasi. 
  • DBSI Annual Mass Volunteering 2019 “Plant More, Waste Less”, sebanyak 160 bibit ketapang ditanam di Hutan Kota Patriot, Bekasi. 
  • 1000 Trees from T&O DBSI, sukses menanam sebanyak 500 bibit kenanga di TPU Perwira, Bekasi Utara.

Baru-baru ini, pada bulan Januari 2023, melalui inisiasi kampanye alam bertajuk “Penanaman 1000 Pohon oleh DBS Indonesia & BNP Paribas Sri Kehati”, Bank DBSI sukses menanam 1000 pohon mangrove di Kabupaten Demak, Jawa Tengah dan akan menanam 1000 pohon mangrove di Pantai Mangunharjo Semarang pada bulan Desember 2023.

2. PT Maybank Indonesia Finance

PT Maybank Indonesia Finance merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan, khususnya kendaraan roda empat, alat berat, dan mesin. 

Alasan Maybank Indonesia melakukan program CSR lingkungan adalah mewujudkan Perseroan sebagai Good Corporate Citizen.

Sebagai salah satu bank di Indonesia yang berkolaborasi bersama LindungiHutan, Maybank Indonesia melakukan kegiatan kepedulian dan tanggung jawab atas kelestarian alam bertajuk “Maybank Finance Peduli Lingkungan”.

Perusahaan ini sukses melakukan program penghijauan dengan melakukan penanaman 200 pohon mangrove Rhizophora di Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Kota Jakarta Utara pada tahun 2021.

Maybank Indonesia berkomitmen untuk peduli dengan lingkungan sekitar. Mereka sadar perubahan iklim saat ini, tidak bisa ditanggulangi dengan singkat.

3. PT Bank SeaBank Indonesia

Perusahaan ini menjadi salah satu contoh bank di Indonesia yang berhasil memanfaatkan era digital saat ini. Pasalnya, perusahaan ini membuat sebuah aplikasi yang mempermudah para konsumen dalam bertransaksi.

SeaBank adalah aplikasi perbankan digital yang membantu melakukan aktivitas finansial seperti menabung hingga bertransaksi dengan mudah hanya menggunakan handphone

Melalui kampanye alam “Green for Indonesia – SeaBank CSR Program 2022”, SeaBank sukses menanam 1000 pohon mangrove rhizophora di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu pada tahun 2022.

Bentuk kepedulian perusahaan terhadap abrasi dan banjir rob yang kerap mengancam pemukiman penduduk Pulau Pari, mereka wujudkan bersama LindungiHutan dengan melakukan penanaman mangrove di sekitar kawasan tersebut.

4. PT Bank Mega Syariah

PT Bank Mega Syariah merupakan lembaga perbankan syariah yang berpusat di Jakarta. Setelah diakuisisi dari PT Bank Umum Tugu pada tahun 2004, kini Bank Mega Syariah merupakan salah satu bagian dari anak perusahaan CT Corpora.

Sebagai salah satu bank di Indonesia yang peduli dengan lingkungan, mereka upayakan melalui kampanye alam bertajuk “Mangrove PT Bank Mega Syariah untuk Hijaunya PIK, Jakarta Utara”. Bank Mega Syariah sukses menanam 100 pohon mangrove di Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Kota Jakarta Utara pada bulan Oktober 2021. Harapannya, dengan upaya ini kelestarian alam akan tetap terjaga.

5. PT Bank Danamon Indonesia Tbk

PT Bank Danamon Indonesia Tbk merupakan bank di Indonesia yang berdiri sejak 1956. Perusahaan ini, termasuk bagian dari MUFG, sebuah group keuangan global dan terbesar di Jepang. 

Sebagai perusahaan penyedia jasa keuangan, Bank Danamon berkewajiban melaksanakan aksi keuangan yang berkelanjutan. Upaya mewujudkan sustainability perusahaan, mereka lakukan dengan penanaman pohon.

Bank Danamon Indonesia bersama LindungiHutan, memberikan kontribusi nyata melalui inisiasi kampanye alam bertajuk “Bersama Bersinergi”. Pada 29 Oktober 2022, Bank Danamon Indonesia sukses menanam 2500 pohon mangrove di Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi dibantu oleh Kelompok Sadar Wisata Alipbata.

Baca juga: 3 Perusahaan BUMN Pernah Berkolaborasi CSR Bersama LindungiHutan

Wujudkan Aksi Penghijauan Bersama LindungiHutan

Melalui skema CollaboraTree, aksi lingkungan perusahaan Anda akan terasa mudah, tanpa menyita banyak waktu dan tenaga. Sederhanannya, CollaboraTree merupakan sebuah program untuk brand peduli lingkungan agar dapat merealisasikan kepeduliannya menjadi bentuk nyata dengan aksi penghijauan bersama LindungiHutan.

Setidaknya ada 5 manfaat bagi perusahaan Anda jika lakukan kolaborasi bersama LindungiHutan:

  1. Memperoleh halaman kampanye alam untuk transparansi dan keterbukaan jumlah pohon yang sudah terkumpul
  2. Mendapat sertifikat kerja sama sebagai bukti keterlibatan
  3. Publikasi di media sosial dan blog LindungiHutan
  4. Halaman profil untuk brand/perusahaan
  5. Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan penanaman pohon.

So, tunggu apalagi. Mari wujudkan kepedulian lingkungan bersama LindungiHutan. Untuk selengkapnya, klik di sini!

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan