Connect with us

Mitra Hijau

5+ Perusahaan FMCG yang Berkolaborasi dengan LindungiHutan

Published

on

Perusahaan fmcg kolaborasi lindungihutan

Dunia bisnis sangat berkembang begitu pesat, pasalnya perusahaan sering dianggap sebagai tempat yang dapat memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi masyarakat. 

Dalam menjalankan bisnisnya, tidak sedikit perusahaan yang kurang memperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya. Namun, berbeda dengan perusahaan FMCG di bawah ini. Perusahaan ini sangat memperdulikan kelestarian lingkungan dengan melakukan upaya penanaman pohon di beberapa daerah.

Tunggu dulu, mungkin kalian sedikit asing dengan perusahaan FMCG. Singkatnya perusahaan ini membuat produk yang sering kita pakai sehari-hari. Misalnya makanan, minuman, kosmetik, dan lainnya. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Perusahaan FMCG?

Apa itu perusahaan fmcg
Produk perusahaan FMCG sering kita pakai sehari-hari.

Perusahaan FMCG adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produk konsumen sehari-hari. FMCG (Fast Moving Consumer Goods) merupakan salah satu industri yang cukup besar di Indonesia. 

Ciri produk FMCG biasanya diproduksi secara massal, dijual dengan harga relatif murah, dan akan rusak apabila penyimpanan lebih dari 2 tahun. Kategori produk perusahaan ini umumnya barang yang sering dipakai oleh konsumen setiap harinya. Seperti contoh makanan, minuman, sabun mandi, deterjen, pasta gigi, obat-obatan, dan masih banyak lagi. 

Adanya perusahaan FMCG di Indonesia, mampu mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Bisa dikatakan, tingkat konsumsi rumah tangga di Indonesia masih menjadi kekuatan perekonomian saat ini.

Dikutip dari laman katadata, pengeluaran rumah tangga secara nasional pada kuartal II tahun 2022 tumbuh sebesar 2,42% dibanding kuartal 1 tahun 2022 (quarter to quarter) dan jika dibandingkan dengan TW II-2021, konsumsi rumah tangga masyarakat di Indonesia tumbuh sebesar 5,51% (year on year).

Contoh perusahaan FMCG di Indonesia yang dikenal oleh masyarakat luas seperti Nestle, Orang Tua Group, Unilever, Indofood, Garuda Food, P&G, Mayora, Kalbe Farma, Johnson & Johnson, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: 5 Tips Melaksanakan Program CSR bagi Perusahaan agar Berjalan Efektif

Contoh Perusahaan FMCG Berkolaborasi Bersama LindungiHutan

Perusahaan fmcg berkolaborasi csr
Ada 6 perusahaan FMCG yang telah berkolaborasi bersama LindungiHutan. Siapa saja?

Ini dia 6 contoh perusahaan FMCG yang pernah berkolaborasi dengan LindungiHutan mewujudkan kelestarian lingkungan, antara lain:

1. PT Maju Kirana Gemilang

PT Maju Kirana Gemilang merupakan salah satu perusahaan FMCG yang bergerak dalam bidang personal care.  Brand dari perusahaan tersebut adalah La’dor, sebuah brand perawatan rambut dari Korea yang berprinsip untuk menyelesaikan berbagai permasalahan rambut di seluruh dunia. 

Melalui tagline #LadorCanDoMore, bentuk komitmen La’dor Indonesia memberikan dukungan dan turut serta dalam gerakan sustainability bagi masa depan.

Melalui skema produk bundling, La’dor mengajak setiap konsumen atau masyarakat untuk setiap pembelian 1 produk La’dor sama seperti menanam 1 pohon . Bersama LindungiHutan, La’dor sukses menanam 2000 bibit pohon alpukat di Jabungan Kota Semarang dan 5001 bibit mangrove di Desa Bedono Kabupaten Demak pada tahun 2023.

2. PT Lemonilo Indonesia Sehat

PT Lemonilo Indonesia Sehat atau Lemonilo merupakan salah satu startup yang menjual produk-produk makanan sehat. Salah satu produknya yang terkenal adalah mie instan alami. Selain itu, perusahaan FMCG ini menjual daging ayam probiotik hingga suplemen kesehatan.

Pada tahun 2001, melalui program CollaboraTree, Lemonilo menggandeng LindungiHutan dan berhasil menanam 100 pohon mangrove dalam melakukan kegiatan penghijauan di daerah Pesisir Tambakrejo.

Bagi perusahaan, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dibutuhkan oleh setiap orang.

3. PT Santos Jaya Abadi

PT Santos Jaya Abadi adalah salah satu perusahaan multinasional yang memproduksi aneka minuman. Produknya yang kita kenal adalah minuman kopi dengan merek ABC, Kapal Api, Excelso, dan lainnya.

Perusahaan FMCG ini telah berkolaborasi dengan LindungiHutan dalam menjalankan program CSR lingkungan. 

Melalui inisiasi kampanye alam bertajuk “#BergerakUntukBumi”, pada tahun 2021 PT Santos Jaya Abadi berhasil menanam 637 bibit mangrove di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang.

Kegiatan ini merupakan bukti nyata bakti Karyawan PT Santos Jaya Abadi terhadap lingkungan agar bumi tetap hijau, indah, dan asri.

4. PT Tirta Investama Wonosobo

PT Tirta Investama merupakan perusahaan FMCG yang bergerak menjadi produsen dan distributor  air mineral dengan merek dagang yang sangat terkenal yaitu Aqua Danone.

Melalui kampanye “Perkaya Pohon Taman Kehati Wonosobo”, pada tahun 2021 perusahaan FMCG ini menyumbangkan uang senilai Rp 6.002.500 untuk mendukung perbanyakan jenis tanaman di Taman Kehati Wonosobo. Dukungan dari PT Tirta Investama sangat berarti bagi kondisi kawasan sekitar.

5. PT. Mondelēz Indonesia Cikarang Plant

PT. Mondelēz Indonesia Cikarang Plant adalah perusahaan FMCG bergerak menjadi produsen makanan dan minuman seperti biskuit, coklat, permen karet, hongga makanan camilan. Salah satu produk yang banyak dikenal adalah Oreo.

Pada acara “Olahraga untuk Bumi”, pengumpulan donasi dilakukan oleh perusahaan dengan skema setiap akumulasi berlari 10 km atau bersepeda 25 km, sama saja akan menyumbang 1 buah bibit trembesi. 

Melalui inisiasi bertajuk “1000 Trembesi PT. Mondelēz Indonesia Cikarang Plant untuk Indonesia”, perusahaan ini berhasil menanam 1000 bibit pohon trembesi di Pesisir Trimulyo Kota Semarang tahun 2021.

6. PT Pigeon Indonesia

PT Pigeon Indonesia merupakan anak perusahaan dari Pigeon Singapore PTE. LTD. yang didirikan pada tahun 1995 oleh PT Multielok Cosmetic dan Pigeon Corporation Jepang. 

Bersama dengan LindungiHutan, perusahaan FMCG ini berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan secara berkelanjutan. Hal tersebut merupakan salah satu dari key issues yang menjadi fokus perusahaan dalam menjalankan setiap usahanya.

Keikutsertaan perusahaan untuk mengurangi emisi karbon, program penghijauan menjadi bukti nyata dan komitmen dari PT Pigeon Indonesia. 

Dengan kampanye alam bertajuk “Pigeon Indonesia’s World Environment Day”, PT Pigeon Indonesia berhasil menanam 5000 bibit pohon mangrove di Muara Cisadane, Kabupaten Tangerang dan Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi pada tahun 2022.

Apa Manfaat Program CSR Lingkungan untuk Perusahaan FMCG?

Program CSR perusahaan salah satunya dapat diwujudkan dengan menjalankan aksi lingkungan misalnya penanaman pohon. Banyak sekali manfaat yang didapat perusahaan setelah menjalankan program CSR. 

Namun ada 2 manfaat penting yang akan didapat perusahaan setelah melakukan kegiatan CSR.

Manfaat pertama yang didapat ialah meningkatkan citra perusahaan dimata masyarakat luas, sebab tindakan perusahaan dipandang baik dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.

Kedua meningkatkan keuntungan perusahaan. Melihat banyaknya masyarakat yang sadar akan pentingnya lingkungan, dengan mudah konsumen akan membeli produk tersebut dan menggunakannya lagi dan lagi. Baginya, perusahaan sudah melakukan hal baik untuk menjaga lingkungan.

Baca juga: 3 Perusahaan BUMN Pernah Berkolaborasi CSR dengan LindungiHutan

Jadi, apakah perusahaan Anda tertarik bekerja sama dengan LindungiHutan dalam upaya pelestarian lingkungan? Silakan cek di laman ini https://lindungihutan.com/collaboratree.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Sedekah Pohon LindungiHutan