Connect with us

Mitra Hijau

8 Pertanyaan Tentang LindungiHutan yang Sering Ditanyakan

Published

on

Pertanyaan tentang LindungiHutan

Dalam beberapa dekade terakhir, kita merasakan dampak dari perubahan iklim, salah satunya pemanasan global. Tidak dapat dielakkan lagi, perlahan terjadi kenaikan volume permukaan air laut yang disebabkan oleh mencairnya sejumlah lapisan es atau gletser. 

Beberapa daerah di Indonesia sudah merasakan dampak dari pemanasan global. Mereka kehilangan tempat tinggal karena garis pantai yang semakin lama semakin berkurang/menghilang.

Tentunya, hal tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan penghijauan atau menanam pohon. Kepedulian terhadap lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya masyarakat yang terkena dampak.

Oleh karena itu, hadirnya LindungiHutan menjadi jembatan bagi siapapun yang ingin berpartisipasi dalam penghijauan di seluruh Indonesia. Lantas, seperti apa LindungiHutan itu? Dari pada penasaran, Yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu LindungiHutan
Mari berkenalan dengan LindungiHutan!

1. Apa Itu LindungiHutan?

LindungiHutan adalah startup penggalangan dana, donasi, dan kerjasama secara digital untuk kegiatan konservasi hutan di Indonesia melalui skema aforestasi dan reforestasi. Sampai saat ini, kami sudah menanam lebih dari 623.900 pohon, bekerja sama dengan 438 mitra hijau dan 110 penggerak, serta menyerap lebih dari 400 ton karbon.

2. Bagaimana Terbentuknya LindungiHutan?

Awal mula pembentukan LindungiHutan merupakan ide/gagasan dari Hario (Founder), kemudian Hario mengajak Cacip (CTO) untuk mengembangkan ide bisnis tersebut. Mereka mengobrol bersama petani Kawasan Tambakrejo Pesisir Utara Kota Semarang, lantaran pemanasan global kala itu sedang terjadi yang menyebabkan banjir rob menerjang kawasan tersebut.

Maka dari itu, terciptalah platform penggalangan dana untuk membantu petani di Kawasan Tambakrejo sekaligus mengumpulkan orang-orang yang ingin terlibat dalam penanaman pohon dan memberikan edukasi mengenai pentingnya isu-isu lingkungan yang sedang terjadi.

Pada tanggal 18 Desember 2016, kami berhasil mengumpulkan donasi sebanyak 2.113 pohon dengan melibatkan 34 orang dan dilakukannya penanaman pohon pertama kali bersama kelompok tani CAMAR di Kawasan Wilayah Pesisir Tambakrejo Semarang. 

Pada bulan Februari 2017, Ben (CEO) bergabung bersama LindungiHutan menyusul kedua rekannya yaitu Hario dan Cacip untuk mengambangkan startup ini bersama-sama.

Baca juga: Pesisir Tambakrejo Semarang: Cikal Bakal Lokasi Penanaman LindungiHutan

3. Apa Visi, Misi, dan Slogan LindungiHutan?

Visi LindungiHutan adalah melestarikan hutan untuk kemanusiaan melalui teknologi, kolaborasi, dan aksi konservasi.

Sedangkan misinya, antara lain:

  • Menciptakan teknologi tepat guna untuk kemudahan akses dan transparansi
  • Merangkul berbagai pihak dalam kolaborasi yang berdampak dan inklusif
  • Memberdayakan komunitas sekitar hutan untuk keberlanjutan aksi konservasi

Semangat berkolaborasi dengan berbagai entitas di negeri ini, kami wujudkan dengan slogan #BersamaMenghijaukanIndonesia. Dengan slogan tersebut, harapannya kita bisa turut serta menjaga kelestarian lingkungan bersama-sama. 

4. Bagaimana Cara Kerja LindungiHutan?

LindungiHutan merupakan fasilitator untuk melakukan aksi penghijauan dan penanaman pohon. Sederhananya, menghubungkan antara pendukung dan penggalang dengan penggerak di lokasi yang menjalin kerja sama dengan kami.

Nah apa itu pendukung, penggalang, dan penggerak?

Pendukung adalah siapapun (berbagai pihak) yang mendukung dan berpartisipasi langsung dalam kampanye alam yang dibuat oleh penggalang. Pendukung dapat melakukan donasi, gabung aksi penanaman, atau menyebarkan informasi mengenai kampanye alam di sosial media.

Penggalang adalah pribadi/kelompok yang membuat kampanye alam untuk menggalang dana guna membantu penggerak di wilayah konservasi. 

Penggerak adalah pribadi atau kelompok yang mengelola kawasan konservasi yang telah bekerja sama dengan kami.

5. Apa Saja Kegiatan di LindungiHutan?

Bagi kalian yang ingin mengetahui kegiatan kami, salah satu caranya dengan membuka halaman kampanye alam. Pada laman tersebut, terdapat banyak kampanye alam yang aktif dan tersebar di beberapa lokasi penanaman mitra. Kami memiliki 5 kegiatan, antara lain:

  • Penggalangan dana untuk hutan

Penggalangan dana dilakukan di website melalui kampanye alam yang sudah dibuat oleh penggalang. Dana yang sudah terkumpul, digunakan untuk kegiatan penghijauan di wilayah yang sudah ditentukan.

  • Aktivitas penghijauan

Aksi nyata yang dilakukan oleh kami dengan berbagai pihak yaitu melakukan penanaman pohon. Jenis pohon yang kami tanam pun beragam, ada mangrove, trembesi, dan masih banyak lagi.

  • Kolaborasi dengan mitra, UMKM, dan perusahaan dalam kegiatan penanaman pohon

Kami juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam melakukan penanaman pohon. Sesuai dengan slogan #BersamaMenghijaukanIndonesia.

  • Pemberdayaan penggerak di berbagai daerah

Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan kami tidak lain untuk keberlanjutan aksi konservasi. Sebab, para petani menggantungkan kehidupannya dengan hutan, maka dari itu kami membantu agar mitra petani tetap berdaya.

  • Edukasi masyarakat terkait hutan dan alam

Sebagian masyarakat mungkin terlihat tidak peduli dengan keadaan di sekitarnya. Untuk itu, edukasi yang kami berikan melalui sosial media mengenai pentingnya menjaga hutan dan alam.

6. Apakah LindungiHutan Memiliki Izin Resmi?

Tentu saja. Setelah satu tahun terbentuk, tepatnya pada bulan Maret 2018, kami memegang izin secara resmi dari Kemenkumham dalam naungan badan hukum Yayasan Lindungi Hutan sesuai dengan SK AHU-0003033.AH.01.04 Tahun 2018.

Selain itu, kami juga memiliki izin mengenai pengumpulan uang dan barang yang diperbaharui setiap tiga bulan dengan SK Kemensos No.92/HUK-PS/2022.

7. Apakah LindungiHutan Membuka Kesempatan Magang?

Tentu saja. Program magang kami dikenal dengan Magang Alam. Setiap tahunnya kami membuka kesempatan magang bagi mahasiswa maupun lulusan baru. Dengan kesempatan magang ini, kalian bisa menjalin relasi, mencari pengalaman, membangun portofolio bersama kami.

8. Apa Saja Sosial Media LindungiHutan?

Nah, kami mempunyai beberapa sosial media seperti Instagram, LinkedIn, YouTube, Twitter, dan Facebook.

Baca juga: 8 Program Baru LindungiHutan Tahun 2023, Makin Mudah, Efisien, dan Berdampak!

Itulah 8 pertanyaan mengenai LindungiHutan yang sering ditanyakan oleh khalayak umum. Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih tentang kami, silakan cek disini yaa!

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Sedekah Pohon LindungiHutan