Connect with us

Mitra Hijau

10+ Brand Skincare Lokal yang Peduli Lingkungan & Hutan Indonesia

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

Brand skincare lokal

Belakangan ini, skincare (perawatan kulit) telah dijadikan kebutuhan primer bagi setiap kalangan. Mulai dari mencerahkan kulit, mengatasi jerawat hingga mengatasi masalah kulit lainnya saat ini menjadi lebih mudah.

Karena berbagai brand skincare yang semakin banyak pilihan, ditambah lagi dengan kehadiran brand skincare lokal yang kualitasnya tidak kalah dari produk luar.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, pelanggan skincare yang lebih memilih produk yang berlabel eco-friendly (ramah lingkungan), cruelty free dan brand skincare lokal yang aktif menanggapi isu lingkungan. Selain mampu bersaing, brand skincare yang peduli lingkungan dianggap menjadi suatu kelebihan bagi publik.

Brand Skincare Lokal Asli Indonesia yang Peduli Lingkungan

Berikut ini, 10 brand skincare lokal yang peduli dengan lingkungan dan kelestarian hutan di Indonesia.

1. Somethinc

Somethinc merupakan brand skincare lokal yang lahir pada tahun 2019. Something hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang kerap mencari skin care serta make up dengan kualitas terbaik dan telah tersertifikasi halal untuk mendukung gaya hidup masyarakat urban.

Saat ini, Somethinc memiliki lebih dari 3M pengikut di media sosial. Somethinc menjadi brand skin care nomor 1 di e-commerce dan modern trade stores, dengan lebih dari 2.000 reseller di offline stores maupun online stores. Brand skin care lokal ini juga sudah pernah berkolaborasi dengan orang-orang ternama dari Korea seperti boyband NCT Dream dan aktris Han So hee yang berhasil menarik perhatian pelanggannya.

Di akhir tahun 2020, Somethinc tergabung dalam program CollaboraTree bersama LindungiHutan dengan mendonasikan Rp 10.000 untuk setiap 1 Bakuchiol Skinpair Oil Serum yang terjual.

Selama masa kolaborasi berlangsung, pada periode I Somethinc berhasil mengumpulkan 10.000 pohon mangrove untuk ditanam di pesisir Bedono, Sayung, Demak, Jawa Tengah. Berlanjut di periode II, brand skin care ini kembali mengumpulkan 50.000 pohon mangrove untuk ditanam di Pesisir Trimulyo, Semarang, Jawa Tengah.

Somethinc memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan generasi muda yang tidak hanya ingin berpenampilan menarik, tetapi juga mementingkan penggunaan bahan-bahan yang terpercaya dengan harga yang terjangkau.

2. N’PURE

Brand skin care berikutnya yang juga mendukung aksi penanaman pohon adalah N’PURE. N’PURE adalah brand skin care lokal yang lahir pada tahun 2017. Brand skin care yang satu ini hadir dengan bahan-bahan alami terbaik dari Indonesia yang dipilih langsung oleh petani lokal.

N’PURE telah bersertifikasi BPOM, halal, teruji secara dermatologis dan komposisi utama produknya yang tanpa bahan berbahaya (bebas paraben, bebas alkohol, bebas mineral oil, dan bebas SLS). N’PURE memiliki visi untuk mendorong wanita Indonesia lebih percaya diri dengan memiliki kulit cantik alami yang sehat. Brand skincare lokal N’PURE ingin berani menyebarkan pesan “Pure Beauty in Natural Way”.

Pada tahun 2021 lalu, N’PURE menjalankan CollaboraTree bersama LindungiHutan. N’PURE ingin memberikan sesuatu kepada alam dan mengajak Pure’s Friend untuk ikut mengambil peran di dalamnya melalui kampanye alam yang bertajuk #PureGreenSafeNature.

Setiap 1 N’PURE Clear Pad / 1 N’PURE Cica Beat the Sun yang terjual, sama dengan 1 pohon yang didonasikan oleh N’PURE untuk hutan Indonesia.

Melalui kampanye alam ini, brand skincare lokal N’PURE berhasil mengumpulkan 5.000 pohon mangrove yang ditanam pada tanggal 9 November 2021 lalu di pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

3. Keina Beauty

Keina Beauty merupakan brand skin care berikutnya yang turut berkontribusi dalam menghijaukan Indonesia. Keina memiliki arti cahaya matahari, berkah dan dalam bahasa Jepang, Keina identik dengan kesegaran alam dan kehijauan. Keina Beauty memiliki visi untuk menjadi sebuah brand skincare lokal yang eco-friendly, cruelty free, dan memiliki dampak positif pada keberlangsungan bumi, serta memberikan efek maksimal bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Saat ini, brand skincare lokal yang satu ini memiliki 4 jenis produk (face wash, moisturizer, cc cream, essence) dan seluruh produk Keina Beauty bersumber dari bahan baku alami yang diperoleh tanpa mengeksploitasi alam.

Tidak adanya kandungan iritan dan minimnya bahan kimia membuat produk Keina Beauty aman diaplikasikan pada semua jenis kulit. Proses produksinya dilakukan tanpa uji pada hewan dan setiap produk dikemas secara bertanggung jawab dalam kemasan yang ramah lingkungan.

Saat ini, brand skin care Keina Beauty tengah melakukan Collaboratree bersama LindungiHutan untuk bersama menghijaukan Indonesia melalui kampanye alam yang bertajuk “Aksi Lestari Bali Kini dan Nanti”.

Keina Beauty berkomitmen untuk menyisihkan sebagian dari profit (keuntungan) penjualannya untuk menanam pohon tabebuya di Jembrana, Bali. Keina Beauty berharap melalui aksi ini dapat menjadikan Bali yang lebih asri.

Baca juga: 5 Merek Skincare di Indonesia Jalankan Misi Penghijauan dengan LindungiHutan

4. Klen & Kind

Dibentuk pada tahun 2015, Klen and Kind merupakan brand skincare lokal dari hasil kolaborasi sekelompok beauty enthusiast dan environmentalist. Kepedulian Klen and Kind ini terhadap lingkungan dan perawatan tubuh menghadirkan brand skin care ini mampu memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kita tanpa perlu khawatir akan efek samping yang terjadi.

Produk-produk Klen and Kind dibuat dari bahan organik pilihan yang sudah terjamin keasliannya. Mulai dari berbagai kebutuhan kosmetik, perawatan tubuh dan wajah, hingga aromaterapi bisa kamu dapatkan dari brand skin care yang satu ini yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya.

Lewat program CollaboraTree bersama LindungiHutan, Klen and Kind telah membantu melakukan penanaman pohon di empat lokasi pada tahun 2020 lalu.

Klen and Kind ingin terus memberikan dampak positif bagi linkungan dengan mendonasikan sebagian profit dari hasil penjualan roller blend edisi khusus mereka untuk kegiatan konservasi alam dengan LindungiHutan. Brand skincare lokal Klen and Kind berhasil mengumpulkan sebanyak 1.156 bibit pohon untuk hutan Indonesia.

5. Scarlett Whitening

Scarlett Whitening merupakan brand skin care lokal milik Felicya Angelista yang berdiri sejak tahun 2017. Scarlett Whitening adalah sebuah brand skin care yang memiliki keinginan untuk menghadirkan kulit yang sehat. Scarlett percaya bahwa kulit sehat harus dapat diakses oleh semua orang. Semua produk SCARLETT telah teruji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOMRI).

Pada tahun 2021 lalu, Scarlett bersama LindungiHutan turut serta berkontribusi dalam upaya penghijauan hutan Indonesia melalui kampanye alam yang bertajuk “#SayangiDiriSayangiBumi”. Pada periode pertama, Scarlett sukses mengumpulkan 1.666 pohon mangrove yang telah ditanam di Pantai Bahagia, Bekasi pada 25 September 2021.

Berlanjut pada periode kedua, Scarlett kembali berkontribusi dalam penanaman pohon bersama LindungiHutan dalam rangka memperingan Hari Gerakan Satu Juta Pohon. Scarlett kembali mengumpulkan 3.000 pohon yang telah ditanam di 4 lokasi penanaman yaitu

Melalui kegiatan ini, Scarlett berharap agar banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pohon yang tertanam, tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk ekosistem sekitar.

6. REI Skin

Brand skincare lokal peduli lingkungan selanjutnya yang berkontribusi dalam penanaman pohon adalah REI Skin. Lahirnya brand REI Skin berawal dari kekhawatiran akan banyaknya brand skin care yang mengeluarkan produk terutama body wash yang mengandung bahan kimia.

REI Skin hadir dengan produk perawatan bahan yang terbuat dari bahan-bahan alami dan aman untuk semua jenis kulit. Produk REI Skin juga aman untuk kulit sensitif, dengan bahan alami, bebas dari pewangi, serta telah bersertifikasi BPOM.

Pada awal tahun 2022 ini, REI skin bekerjasama dengan LindungiHutan dalam kampanye alam bertajuk “REI Skin Hijaukan Bontang, Kalimantan”.

Brand skincare lokal ini ingin berkomitmen untuk menghijaukan hutan Indonesia, khususnya di wilayah pesisir Kalimantan dengan mendonasikan sebagian profit mereka dari penjualan per bulan. REI Skin sukses mengumpulkan 100 pohon mangrove yang telah ditanam pada 20 Februari 2022 lalu yang berlokasi di Bontang Mangrove Park (BMP), Balai Taman Nasional Kutai, Bontang.

Baca juga: Apa Itu Sustainability? Berikut Manfaat bagi Bisnis dan Brand!

LindungiHutan Menanam Lebih dari 700 RIBU di 50 Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia!

7. Envygreen

Envygreen adalah sebuah brand skin care lokal yang produknya memiliki kandungan perpaduan antara natural ingredients dengan Clinical Active Cosmetics. Brand skincare lokal ini memberikan produk perawatan untuk berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, komedo, minyak berlebih, kusam, penuaan dini, flek hitam, hingga bekas jerawat.

Brand skin care peduli lingkungan ini bekerjasama dengan pabrik yang memiliki standar Internasional dan bersertifikasi CGMP (Current Good Manufacturing Process) sehingga kualitas dan keamanan produk dari Envygreen sudah terjamin.

Saat ini, brand skincare lokal Envygreen tengah melakukan aksi kampanye alam dalam program CollaboraTree bersama LindungiHutan.

Melalui kampanye alam yang bertajuk “Envygreen x LindungiHutan, Save Earth Together” ini, Envygreen berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya penghijauan Indonesia.

Hingga kini, Envygreen telah mengumpulkan lebih dari 2.000 pohon mangrove untuk ditanam di Pesisir Tambakrejo, Semarang. Brand skincare lokal ini memilih lokasi penanaman di Tambakrejo karena kondisinya yang kian memprihatinkan akibat dilanda banjir rob dan abrasi. Penanaman ini adalah bukti nyata akan kepedulian Envygreen terhadap lingkungan.

8. Aizen Beauty Care

Aizen Beauty Care juga merupakan brand skin care yang peduli dengan hutan Indonesia. Aizen adalah brand skin care lokal yang didirikan pada tahun 2018. Aizen dimulai dari kekecewaan terhadap banyaknya brand skin care lokal yang masih menggunakan bahan-bahan berbahaya untuk mencapai hasil yang signifikan, rendahnya progress industri kecantikan lokal dalam menggunakan kandungan-kandungan yang lebih canggih, dan kurangnya pengetahuan publik terhadap skin care yang aman dan terpercaya.

Aizen melewati 12 bulan masa riset dan pengembangan untuk menemukan formulasi yang terpercaya untuk menyelamatkan kondisi kulit banyak orang.

Beberapa produk pertama yang diluncurkan rand skin care ini, yaitu Acnefique Cream, Acnefique Serum, dan Elixskin Nutritive Cream yang merupakan produk paling terpercaya untuk menangani masalah kulit secara spesifik. Aizen berkomitmen untuk terus mengembangkan lini produk untuk dapat membantu banyak orang dengan berbagai masalah kulit agar mendapatkan solusi terbaik dan terus berkontribusi dengan memberikan informasi edukatif dari industri kecantikan.

Brand skincare lokal peduli lingkungan ini menganggap bahwa bumi juga membutuhkan kontribusi lebih dari penduduknya untuk kembali sehat dan menjalankan fungsinya, serta dapat memberikan manfaat bagi anak-cucu kita kelak.

Dalam hal ini, Aizen bekerjasama dengan LindungiHutan dengan menginisiasi suatu kampanye alam yang bertajuk “Revive the Earth” untuk berkontribusi menanam pohon untuk hutan Indonesia.

Saat ini, brand skin care lokal peduli alam Aizen telah sukses mengumpulkan 125 pohon mangrove yang akan ditanam di pesisir Untia, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

9. Control Zero

Control Zero adalah sebuah brand skin care yang mengusung konsep Clean Beauty, Cruelty Free, Vegan dan Eco Friendly. Brand skin care ini sama sekali tidak menggunakan plastik maupun bubble wrap di paket yang dikirimkan. Control Zero menggabungkan bahan natural dan zat aktif yang potent di dalam setiap produk mereka, sehingga dapat bekerja lebih efektif untuk kulit. Control Zero juga menerima kemasan botol kosong dari konsumen dari brand Control Zero sendiri maupun dari brand skincare lokal lainnya yang kemudian akan diproses untuk didaur ulang melalui bank sampah terdekat.

Tanpa kita sadari, produk skin care atau personal care yang kita gunakan dapat menghasilkan tumpukan sampah baru setiap harinya. Brand skincare lokal peduli lingkungan, Control Zero berusaha untuk meminimalisir penggunaan plastik di setiap produk mereka, mengadakan program daur ulang, dan melakukan kerjasama dengan LindungiHutan untuk berkontribusi dalam kegiatan konservasi hutan mangrove.

Control Zero bersama LindungiHutan berkomitmen untuk menghijaukan hutan Indonesia melalui kampanye alam yang bertajuk “ Responsible Beauty with CZ”.

Hingga saat ini, Control Zero telah berhasil mengumpulkan lebih dari 250 pohon mangrove untuk desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak.

Brand skincare lokal ini berharap dengan program ini, kita bisa lebih bertanggung jawab terhadap kelestarian alam, serta mampu merawat diri tanpa mengabaikan bumi.

10. SKINOIA

SKINOIA merupakan brand skincare lokal dan kosmetik yang menyediakan produk yang berasal dari bahan-bahan alami yang aman, non-toksik, dan berefektifitas tinggi. Brand skincare lokal ini diformulasikan oleh seorang farmasis dengan bahan-bahan yang vegan dan cruelty-free, sehingga aman digunakan dan efektif untuk melengkapi rangkaian skin care kita semua.

Selain mengeluarkan produk yang aman untuk kulit, SKINOIA juga merupakan salah satu brand skin care yang mendukung upaya konservasi lingkungan.

Bersama LindungiHutan, SKINOIA meluncurkan sebuah kampanye alam yang bertajuk “SKINOIA untuk Hijaunya Bedono, Demak”. Brand skin care ini mengumpulkan sebanyak 503 pohon mangrove yang telah sukses ditanam di lokasi Pesisir Bedono, Demak.

Penanaman pertama berlangsung pada tanggal 23 Januari 2021, penanaman kedua berlangsung pada tanggal 5 September 2021, dan penanaman terakhir berlangsung pada tanggal 9 Januari 2022.

11. Avoskin

Brand skincare lokal asal Yogyakarta ini berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan produk skincare yang inovatif dan berkualitas. Dalam praktik bisnisnya Avoskin juga memegang prinsip 3P People, Planet, dan Profit. Hal tersebut dibuktikan melalui inisiasi Kampanye Alam bertajuk #LoveAvoskinLoveEarth dan Avorestation 1 Tiket = 1 Pohon.

Melalui kampanye tersebut, total pohon yang berhasil dikumpulkan dan ditanam sebanyak 2.565 pohon terbagi ke dalam jenis alpukat, jambu air, dan trembesi. Pohon-pohon tersebut ditanam di beberapa titik lokasi penanaman seperti Gunung Sawur Lumajang, Awi Poleng Bandung, Jabungan Semarang, dan Bukit Puntong Sumiak Kalimantan Barat.

12. Oh My Skin

Dalam rangka memperingati Hari Bumi pada tahun 2021, Oh My Skin mengajak masyarakat untuk turut serta dalam melestarikan lingkungan. Dari setiap penjualan produk Oh My Skin dalam rentang waktu tertentu, beberapa persen keuntungan dari pejualannya akan didonasikan dalam aksi penghijauan bersama LindungiHutan.

Melalui Kampanye Alam “Our Smallest Thing Matters“, brand skincare lokal ini sukses menanam 400+ mangrove di Pesisir Tambakrejo untuk menekan laju abrasi di area setempat.

13. Segara Naturals

Terakhir, ada brand skincare lokal bernama Segara Natural yang hadir untuk mereka penyuka kegiatan alam dengan semangat bebas tetapi peduli akan kesehatannya. Menghadirkan produk perawatan kulit yang tidak hanya ramah lingkungan, berkualitas tinggi, dan alami, juga praktis dan multi fungsi.

Tahun 2021, Segara Naturals berhasil mendonasikan sebanyak 900 mangrove melalui kampanye alam “Segara Natural untuk Hijaunya Kampung Laut Cilacap” dan melakukan penanaman pada 4 September 2021.

Baca juga: 6 Brand Fashion di Indonesia Gerakkan Penghijauan Bersama LindungiHutan

Setiap brand skincare lokal yang disebutkan di atas memiliki kelebihan masing-masing. Tentunya kamu dapat memilih produk yang kamu inginkan sesuai dengan kebutuhan kamu. Mari kita dukung brand-brand di atas untuk terus melestarikan lingkungan.

Ikut Andil Bagian Dalam Menghijaukan Indonesia

LindungiHutan telah dipercaya lebih dari ratusan mitra UMKM dan perusahaan, puluhan ribu masyarakat Indonesia dan puluhan petani hutan. Mulai langkah pertamamu dengan berdonasi mulai 10 RIBU/POHON atau jalin kerjasama dengan klik tombol di bawah

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Andini Putri

    01/05/2022 at 10:12

    Artikel yang bagus dan informatif. Apakah bisnis yang baru saja mulai dapat ikut kerjasama?

  2. Faizal Hasbi

    02/05/2022 at 11:45

    Artikel yang sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan