Connect with us

Mitra Hijau

Avoskin x LindungiHutan Tanam 500 Pohon di Lumajang, Jawa Timur

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

Avoskin dan LindungiHutan berkolaborasi untuk konservasi hutan di Lumajang, Jawa Timur.

Avoskin merupakan brand yang tercipta untuk perawatan kulit tanpa kandungan berbahaya yang membuat iritasi dan selalu memberikan produk terbaik yang berasal dari bahan-bahan alami. Avoskin percaya bahwa semua orang berhak mendapatkan manfaat dari alam melalui langkah kecil yang diambil dengan berinovasi dan menciptakan produk yang tercipta dari alam.

Bergantung pada bahan alami di pulau Jawa dan Bali, Avoskin memformulasikan bahan dari alam dan teknologi canggih untuk memberikan hasil yang nyata dan tahan lama.

Brand kecantikan ini akan menyempurnakan rangkaian perawatan kulitmu melalui manfaat dari alam dan berharap semua orang bisa merasakan manfaat alam melalui kecantikan. Avoskin percaya kekuatan antara bumi, manusia, dan alam adalah bagian penting dalam hidup.

Guna menunjukkan rasa pedulinya pada bumi dan alam, Avoskin melalui kontribusinya dalam berbagai upaya pelestarian alam di Indonesia. Salah satunya dengan berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam sebuah kampanye alam yang bertajuk “#LoveAvoskinLoveEarth”. Avoskin memegang komitmen untuk memberikan dampak nyata pada lingkungan dalam event Surabaya x Beauty.

Perwakilan karyawan Avoskin berfoto bersama penggerak LindungiHutan.
Perwakilan dari pihak Avoskin ikut serta bersama penggerak LindungiHutan untuk menanam pohon di Lumajang, Jawa Timur (Dokumentasi: Business Development/LindungiHutan).

Pada event ini, Avoskin mengadakan donasi on booth sehingga pengunjung yang datang ke booth Avoskin bisa sekaligus berdonasi dengan mengembalikan botol kemasan kosongnya atau menuliskan kata-kata mutiara yang tersedia di salah satu sisi booth Avoskin.

Donasi yang sudah terkumpul kemudian digunakan untuk penanaman pohon bersama LindungiHutan. Melalui kesempatan ini, Avoskin berhasil mengumpulkan donasi 500 pohon untuk Gunung Sawur, Lumajang, Jawa Timur yang ditanam pada bulan Maret 2022 lalu.

Avoskin Berupaya untuk Cegah Longsor di Lumajang

Kabupaten Lumajang seringkali diterpa bencana. Seperti tanah longsong yang marak terjadi saat hujan deras mengguyur dataran tinggi, hingga daerah pesisir Lumajang yang terus menerus diterjang abrasi sehingga garis pantai yang kian hari kian tergerus.

Bencana-bencana tersebut memberikan dampak yang kurang menyenangkan bagi masyarakat karena aktivitas sosial ekonomi mereka menjadi terganggu. Bahkan di tahun 2020, jalur Lumajang-Malang sempat tidak dapat berfungsi akibat tertutup material tanah longsor.

Pada 2021, terjadi kembali bencana tanah longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Lumajang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang melaporkan bahwa kejadian tersebut mengakibatkan 2 rumah mengalami kerusakan sedang dan akses jalan yang digunakan sebagai penghubung antar desa menjadi terputus akibat tertimpa material longsor setinggi 8 meter.

Salah satu faktor terjadinya erosi yang memicu tanah longsor adalah perubahan penggunaan lahan sebagai bentuk pemanfaatan sumberdaya lahan. Seiring bertambahnya jumlah penduduk dan kemajuan teknologi di berbagai sektor mendorong pemanfaatan lahan-lahan yang tidak sesuai dengan kesesuaian lahannya sehingga menyebabkan degradasi lahan.

Aktivitas penggunaan lahan yang tidak memperhatikan konservasi tanah dan air akan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. Salah satunya adalah bencana longsor akibat ketidaksesimbangan antara hujan dan kemampuan tanah untuk menginfiltrasi hujan yang turun dan masuk ke dalam tanah.

Belum lagi, mengingat bahwa lereng Gunung Sawur Lumajang yang belum lama ini juga terkena dampak dari erupsi gunung berapi Semeru. Sehingga beberapa wilayah di sana mengalami kerusakan dan kegundulan.

Mitra penggerak LindungiHutan di Lumajang menanam bibit alpukat di Gunung Sawur.
Mitra LindungiHutan sedang menanam bibit pohon alpukat di lereng Gunung Sawur, Lumajang, Jawa Timur yang bermanfaat secara ekonomi, sosial dan lingkungan (Dokumentasi: Business Development/LindungiHutan).

Oleh sebab itu, diperlukan rehabilitasi lahan yang bisa dilakukan dengan penanaman pohon yang sesuai dengan kebutuhan lahan. Bersama LindungiHutan, Avoskin bertekad untuk menghentikan bencana tanah longsor di Lumajang lebih lanjut.

Bertepatan pada bulan maret untuk memperingati Hari Hutan Sedunia, penanaman 500 bibit pohon alpukat diharapkan mampu mengurangi potensi erosi dan tanah longsor yang mengancam warga Lumajang sekaligus memberikan manfaat ekonomi dan sosial.

500 pohon alpukat yang telah ditanam oleh Avoskin harapannya mampu menyerap emisi karbon dioksida dan gas rumah kaca, menyelamatkan dari erosi dan tanah longsor, sekaligus menaungi dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Avoskin juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga kelestarian hutan dengan berdonasi ataupun gabung aksi dalam upaya penghijauan lingkungan di Indonesia melalui LindungiHutan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan