Connect with us

Mitra Hijau

Obermain Indonesia Menanam 2.000 Mangrove di Kota Semarang, Jawa Tengah

Published

on

Obermain Indonesia Menanam 2.000 Mangrove di Kota Semarang

Obermain adalah merek sepatu, tas, dan aksesoris eksklusif asal Jerman yang berada di bawah naungan Transmarco Group. Pertama kali dibuat di Burgkunstadt, sebuah kota terkenal karena kualitas kulitnya sangat diminati oleh kalangan elit Jerman.

Obermain mengusung konsep modern dan stylish, tetapi tetap mengedepankan kenyamanan bagi para penggunanya baik pria maupun wanita.

Obermain Indonesia menghadirkan koleksi terbarunya mulai dari sepatu formal, kasual, heels, sandal, dan berbagai koleksi lainnya. Brand ini menjanjikan sebuah kenyamanan lewat desain yang memadupadankan bentuk, fungsi, daya tahan, daya tarik, tradisi, serta modernitas.

Produk kulitnya yang ringan, lembut, fleksibel, dan juga aman merupakan perpaduan sempurna antara kualitas, kenyamanan, dan style.

Apalagi, brand asal Eropa ini menggunakan metode In-sole­ dan out-sole yang dirancang khusus mengikuti anatomi kaki sehingga penggunanya bisa merasa nyaman. Bantalan empuk yang ditanam dalam in-sole membuat pemakainya makin nyaman.

Obermain juga dilengkapi dengan Air Cool Technology dan Active Air Gel yang mampu membuat kaki pemakainya tidak gerah walaupun sering beraktivitas di luar ruang. Selain itu, produknya juga dilengkapi dengan T-Curve yang dibenamkan dalam out-sole sehingga membuat sepatu tahan lama dan fleksibel.

Baca juga: Program CSR Bank Mega Syariah Tanam 100 Pohon di Jakarta

Obermain Indonesia Inisiasi Kampanye Alam Bertajuk “Love is Shared for Mother Nature”

Dedikasi Obermain Indonesia dalam menjaga kualitas sekaligus kepuasan konsumen tidak membuatnya lupa terhadap pentingnya merawat bumi. Obermain Indonesia senantiasa berkomitmen dalam menjalankan praktik usahanya supaya tetap menjaga lingkungan serta berkontribusi bagi masyarakat.  

Komitmen tersebut Obermain Indonesia wujudkan bersama LindungiHutan dalam kampanye alam yang diinisiasi dengan tajuk “Love is Shared for Mother Nature”.

Obermain Indonesia mengajak semua orang ikut merayakan cinta, sebab cinta yang terbaik adalah ketika dibagikan kepada siapapun salah satunya kepada alam.

Dalam kampanye alam ini, setiap pembelian koleksi “Love is_”, maka secara otomatis pembeli juga ikut menanam pohon Mangrove Rhizophora untuk bumi kita tercinta. Total, ada 2.011 pohon yang terkumpul selama kampanye alam dilangsungkan.

Sejumlah 2.011 pohon mangrove tersebut kemudian ditanam oleh LindungiHutan di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang pada 28 Maret 2022. Penanaman mangrove menjadi salah satu bentuk upaya dalam rangka menekan emisi gas karbon.

Seperti kita ketahui bersama, emisi gas karbon merupakan penyebab bencana perubahan iklim yang saat ini tengah mengancam kehidupan makhluk hidup di bumi.

Baca juga: Atmos Jakarta Menanam Ribuan Mangrove di Jawa Barat

Menanam Mangrove Guna Cegah Abrasi dan Banjir Rob di Kota Semarang

Kelompok CAMAR sedang menanam bibit mangrove hasil kerjasama Obermain Indonesia dan LindungiHutan di Semarang.
Proses penanaman pohon mangrove hasil kolaborasi Obermain Indonesia dan LindungiHutan oleh kelompok CAMAR di Pesisir Kota Semarang (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Tambakrejo adalah sebuah desa yang terletak paling utara di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini juga rawan terdampak banjir terutama jika air laut sedang pasang.

Tambakrejo juga kerap dikenal sebagai Desa Nelayan, sebab mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Berbagai macam hasil tangkapan laut diperoleh para nelayan Tambakrejo untuk dijual langsung dalam keadaan segar maupun telah diolah.

Sayangnya kondisi di Tambakrejo bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda. Laut yang selama ini menjadi mata pencaharian nelayan untuk menghidupi keluarganya, justru berbalik mengancam masa depan mereka.

Mengingat, posisi Tambakrejo yang berada di wilayah pesisir membuatnya sering kali terdampak abrasi pantai. Ombak Laut Jawa secara perlahan mengikis daratan Tambakrejo dan mengancam tempat tinggal para nelayan.

Abrasi telah menyebabkan terjadinya degradasi area pemukiman di daerah Tambakrejo serta merusak tempat usaha dan perekonomian warga yang sebagian besar menggantungkan hidupnya sebagai nelayan maupun petani tambak.

Kondisi pesisir Tambakrejo yang memilukan membuatnya perlu segera dilakukan restorasi lingkungan. Maka dari itu, Obermain Indonesia bersama LindungiHutan melalui kampanye alam “Love is Shared for Mother Nature” melakukan penanaman 2.011 pohon Mangrove Rhizophora di Pesisir Tambakrejo sebagai usaha penyelamatan lingkungan.

Hutan bakau diketahui mampu mengendapkan lumpur di akar-akar pohon mangrove sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Tak hanya itu, tanaman bakau juga bisa mempercepat penguraian limbah organik dan kimia yang mencemari lautan.

Baca juga: PT Ocean Network Express (ONE) Menanam 1000+ Pohon di 3 Provinsi

Semoga bentuk kepedulian Obermain Indonesia terhadap kelestarian lingkungan dapat menjadi virus kebaikan yang akan menular ke banyak pihak.

Selain itu, harapannya pohon mangrove yang ditanam di Pesisir Tambakrejo mampu menyelamatkan daerah pesisir dari abrasi dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Jalankan Program CSR Bersama LindungiHutan Seperti Obermain Indonesia

Kolaborasikan program CSR perusahaan Anda bersama LindungiHutan melalui program kerja sama Impact CSR. Kami telah menanam lenih dari 600.000 pohon di 40+ lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia.

Keunggulan dan manfaat bekerja sama dengan Kami antara lain mudah, transparan, dan berkelanjutan. Setiap program yang kami jalankan akan memberikan dampak berkelanjutan kepada masyarakat setempat.

Tunggu apalagi? Kolaborasikan kegiatan CSR Anda sekarang juga!

Mari Berkolaborasi Bersama untuk Kelestarian Hutan dan Memberikan Dampak Positif untuk Masyarakat

LindungiHutan bertujuan untuk mempermudah proses dan langkah hijau yang transparan dan berkelanjutan. Kami bermitra dengan 40+ petani bibit dan masyarakat setempat untuk memastikan kegiatan penghijauan berlangsung secara lancar.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan