Connect with us

Bisnis Lestari

Selamat Hari Menanam Pohon Nasional dan Hari Pohon Sedunia

Published

on

Hari Menanam Pohon Nasional

Spesial bulan November, spesial bagi para pohon. Kenapa? Sebab kita merayakan dua hari penting di bulan ini yaitu Hari Menanam Pohon Nasional dan Hari Pohon Sedunia. Dua momen penting ini sekaligus menjadi pelecut bagi kita semua untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan salah satunya dengan menanam pohon.

Lantas, pada tanggal berapa hari tersebut diperingati? Bagaimana sejarahnya?

Apa itu Hari Menanam Pohon Nasional dan Hari Pohon Sedunia?

Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, setiap tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Nasional dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

Hari Menanam Pohon Nasional

Sementara itu, pada tanggal 21 November, kita juga memeringati Hari Pohon Sedunia. Peringatan tersebut untuk mengingat serta menghormati jasa Julius Sterling Morton, pecinta alam yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap pohon dan kelestariannya.

Baca juga: 10+ Manfaat Menanam Pohon untuk Lingkungan dan Manusia

5 Rekomendasi Kegiatan untuk Rayakan Momen Hari Menanam Pohon

Hari penting ini pastinya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kita perlu merayakannya dengan berbagai aktivitas positif dan juga bermanfaat bagi lingkungan. Kiranya apa saja?

1. Menanam dan Merawat Pohon

Jelas, di bulan perayaan pohon ini akan kurang afdal jika kita tidak mengisi dengan kegiatan menanam dan merawat pohon. Selain simpel, Anda juga bisa melakukannya di rumah masing-masing. Anda bisa mulai dengan membuat taman sederhana, dengan menanam beberapa tangkai bunga dan pohon. Anda juga bisa merawat tanaman dan pohon-pohon yang sudah tumbuh kembang, jangan sampai terlupakan dan mati.

2. Bergabung dengan Komunitas

Yakinlah bahwa di bulan November akan ada banyak kegiatan lingkungan mulai dari penanaman pohon, bersih sampah, dan banyak lainnya. Anda bisa bergabung dengan komunitas untuk ikut terlibat dalam kegiatan penanaman pohon dan semacamnya. Hitung-hitung sekalian menambah teman, pengalaman, dan kegiatan baru!

3. Green Tour

Selain menanam, Anda juga bisa merayakan Hari Menanam Pohon Nasional dengan menghargai dan mengapresiasi keberadaan hutan dan lingkungan yang lestari. Melalui green tour, Anda biasanya akan diajak berkeliling hutan kota, hutan mangrove di kawasan pesisir, dan spot-spot alam menarik lainnya. Cara ini bisa menyadarkan Anda betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: 5 Brand Pakaian Upayakan Penghiajaun Bersama LindungiHutan

4. Hari Menanam Pohon Nasional dengan Berbagai Challenge Menarik

Siapa yang tidak suka dengan challenge apalagi berhadiah? Lalu, mengapa Anda tidak menantang teman-teman Anda ikut dalam challenge seru dan tentunya berdampak positif bagi lingkungan. Apalagi di momen hari pohon seperti di bulan November ini. Caranya gampang, Anda bisa mengajak teman sekantor untuk misalkan 1 minggu tanpa kendaraan pribadi atau satu minggu tanpa sampah plastik. Tantangan simpel semacam itu juga tak kalah seru untuk dilakukan loh!

5. Terlibat dalam Musim Penghijauan Bersama LindungiHutan

Program Musim Penghijauan merupakan rangkaian perjalanan kegiatan menanam pohon yang diinisiasi oleh LindungiHutan selama bulan November-Desember 2023. Inisiasi ini sebagai wujud dukungan dan kontribusi menyemarakan perayaan Hari Menanam Pohon Nasional/Hari Pohon Sedunia dan juga Bulan Menanam Pohon Nasional. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan mulai pertengahan bulan November sampai akhir Desember 2023 di 30 titik lokasi penanaman LindungiHutan.

Hari Pohon Sedunia

Program Musim Penghijauan LindungiHutan terbuka bagi brand maupun perusahaan yang ingin menjadi sponsor. Sponsorship bisa dilakukan perusahaan Anda dengan mendukung penuh pendanaan penanaman di suatu lokasi maupun mendukung pendanaan sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan perusahaan Anda. Tentu, akan ada benefit yang didapatkan perusahaan Anda jika bersedia terlibat dalam kolaborasi penanaman di Musim Penghijauan.

Hari Menanam Pohon Indonesia

Baca juga: Musim Penghijauan, Rayakan Hari Menanam Pohon di 28 Lokasi Penanaman bersama LindungiHutan

Ingin Terlibat Bersama LindungiHutan dalam Aksi Musim Penghijauan?

LindungiHutan mengajak Anda semua untuk ikut dalam gerakan penanaman pohon selama Musim Penghijauan berlangsung! Anda dapat berkontribusi dengan berdonasi pohon di halaman Kampanye Alam Musim Penghijauan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan