Connect with us

Mitra Hijau

AsetKu Bersama LindungiHutan Tanam 1.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Published

on

AsetKu menanam mangrove di Pulau Pari

AsetKu atau PT Pintar Inovasi Digital merupakan platform Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) yang berdiri sejak 2017. Dalam menjalankan bisnisnya, AsetKu telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebagai platform pendanaan yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman, AsetKu bermisi membantu pemerintah Indonesia dalam memberikan literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia. Melalui berbagai produk-produk keuangan digital yang dikembangkan, AsetKu juga bercita-cita untuk mewujudkan keadilan sosial dengan cara meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Sejalan dengan aspek sosial yang menjadi perhatian perusahaan, nyatanya AsetKu juga menaruh perhatian pada aspek lingkungan melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan yang senantiasa dilakukan oleh perusahaan.

Pada tahun ini, AsetKu menggandeng LindungiHutan dalam pelaksanaan program CSR perusahaan dalam upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan.

Baca juga: PetroChina International Jabang Ltd Gandeng LindungiHutan Tanam 5.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

AsetKu Gelar Event Penanaman Seribu Mangrove di Pulau Pari Jakarta

Komitmen AsetKu untuk mewujudkan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dilakukan melalui aksi penanaman pohon bersama LindungiHutan. Dalam kolaborasi tersebut, AsetKu menginisiasi sebuah kampanye penghijauan bertajuk “A Year Older, A Forest Richer: AsetKu 1000 Mangrove Tree Planting” sebagai bentuk perlindungan dan pelestarian alam dan lingkungan.

AsetKu adakan penanaman mangrove
Serah terima simbolik bibit mangrove. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Melalui kampanye tersebut, AsetKu berhasil melakukan penanaman 1.000 pohon di Pulau Pari Kepulauan Seribu pada 28 Oktober 2023. Dalam kegiatan tersebut sejumlah 55 karyawan AsetKu, tim LindungiHutan, dan Kelompok Forum Peduli Pulau Pari terlibat bersama dalam upaya penghijauan di Pulau Pari.

AsetKu menanam mangrove
Penanaman mangrove AsetKu di Pulau Pari Kepulauan Seribu. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kolaborasi antara AsetKu dengan LindungiHutan memiliki tujuan utama yakni menyelamatkan Pulau Pari dari kerusakan lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat pulau Pari melalui kerja sama yang telah dilakukan.

LindungiHutan berharap, inisiatif yang dilakukan AsetKu mampu mengundang inisiator peduli lingkungan lainnya untuk menjaga kelestarian alam Indonesia, khususnya di Pulau Pari.

Baca juga: Inisiatif Hijau Watson Indonesia dengan LindungiHutan Jaga Komitmen Kelestarian Lingkungan

Pesona Pulau Pari Kepulauan Seribu dan Potensi Kerusakan Lingkungan yang Melingkupinya

Pulau Pari Kepulauan Seribu terkenal dengan pesona laut yang indah. Hamparan laut yang biru, menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk meluangkan waktu sejenak dan menikmati pemandangan di pulau ini. Tak jarang, Pulau Pari dijadikan sebagai tujuan wisata untuk menghabiskan masa libur bagi para wisatawan.

Jika melihat dari sisi yang lain, nyatanya Pulau Pari menyimpan potensi yang begitu besar akan kerusakan lingkungan. Sejak 3 tahun terakhir, Pulau Pari kerap dilanda abrasi dan banjir rob yang masuk ke pemukiman warga. Alhasil, warung dan pemukiman warga terendam air laut hingga 40 cm.

Perubahan iklim memang nyata adanya, kenaikan muka air laut menjadi penyebab terjadinya banjir rob yang sering terjadi akhir-akhir ini. Selain itu, di Pulau Pari juga mengalami penurunan tanah sehingga memudahkan gelombang air laut masuk ke wilayah daratan. 

Penanaman mangrove AsetKu di Pulau Pari Kepulauan Seribu
Kondisi lokasi penanaman di Pulau Pari Kepulauan Seribu. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Untuk mengurangi dampak perubahan iklim di Pulau Pari Kepulauan Seribu, LindungiHutan bekerja sama dengan Kelompok Forum Peduli Pulau Pari yang diketuai oleh Edi Mulyono terus berkomitmen melakukan penanaman mangrove bersama. 

Melalui upaya ini LindungiHutan berharap dapat membantu Pulau Pari agar tidak tenggelam. Mangrove memiliki manfaat besar untuk wilayah pesisir seperti penyerap karbon, habitat bagi makhluk hidup, benteng pertahanan dari abrasi dan erosi, serta dapat dijadikan berbagai olahan makanan yang menunjang perekonian masyarakat di Pulau Pari.

Kerja sama AsetKu bersama LindungiHutan juga turut mendukung Program Berkelanjutan dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8).

Baca juga: Panduan Program Penghijauan untuk CSR Perusahaan

Wujudkan Program CSR yang Berkelanjutan dan Tepat Sasaran Bersama LindungiHutan

Jalin kerja sama program CSR perusahaan Anda dengan mudah, berkelanjutan, dan tepat sasaran bersama LindungiHutan. Melalui program CSR penghijauan, perusahaan Anda dapat memberikan dampak baik bagi lingkungan dan masyarakat.

Sampai saat ini, LindungiHutan berhasil menanam 760.800 pohon bersama 497 mitra hijau di 45+ lokasi penghijauan yang tersebar di Indonesia. LindungiHutan juga bekerja sama dengan 118 penggerak di lokasi penanaman untuk berkolaborasi bersama dan turut menyukseskan setiap kegiatan penanaman ini dilakukan.

Mari jalin kerja sama dengan LindungiHutan, Kami siap membantu Perusahaan Anda untuk menjalankan program CSR berdampak secara berkelanjutan!

Sedekah Pohon LindungiHutan