Connect with us

Mitra Hijau

Program Penghijauan Phillip Sekuritas Indonesia Tanam 500 Mangrove di Pantai Kartika Jaya Kabupaten Kendal

Published

on

Penanaman mangrove Phillip Sekuritas

PT Phillip Sekuritas Indonesia merupakan bagian dari PhillipCapital Group yang memiliki jaringan di 16 negara. PhillipCapital menjadi salah satu grup institusi keuangan terbesar di Asia dengan pengelolaan aset lebih dari USD 30 miliar yang memiliki lebih dari 1.000.000 klien.

Sejak tahun 1994, PhillipCapital hadir di Indonesia menjadi pemegang mayoritas saham dari PT Philindo Santana Perkasa. Tahun 2003, PT Philindo Santana Perkasa berganti nama menjadi Phillip Securities Indonesia.

Dalam menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan, PT Phillip Sekuritas Indonesia senantiasa berkomitmen untuk memprioritaskan aktivitas lingkungan guna memberikan manfaat kepada alam dan sekitarnya.

Komitmen tersebut diwujudkan dalam upaya kegiatan penghijauan yang telah dikolaborasikan bersama LindungiHutan untuk mengendalikan dampak lingkungan secara signifikan.

Baca juga: PT Ocean Network Express (ONE) Menanam 1.000+ Pohon di 3 Provinsi

Phillip Sekuritas Indonesia Bersama Investor ST009 untuk Bumi Indonesia

Kolaborasi antara PT Phillip Sekuritas Indonesia bersama LindungiHutan dilakukan melalui sebuah program bernama CollaboraTree, sebuah program yang ditujukan untuk perusahaan peduli lingkungan.

Dalam kolaborasi tersebut, menghasilkan sebuah kampanye alam bertajuk “Phillip Sekuritas Indonesia Bersama Investor ST009 untuk Bumi Indonesia” sebagai bentuk kontribusi nyata perusahaan dalam aksi lingkungan.

Phillip-Sekuritas-menanam-mangrove
Foto penanaman mangrove Phillip Sekuritas Indonesia bersama LindungiHutan. (Dok: Business Development/LindungiHutan)

Jadi, sebagian hasil penjualan Sukuk Ritel seri ST009 akan didonasikan melalui LindungiHutan yang nantinya digunakan untuk kegiatan penghijauan di Kabupaten Kendal.

Melalui kampanye alam di atas, Phillip Sekuritas Indonesia berhasil menanam 500 pohon mangrove di Pantai Kartika Jaya Kabupaten Kendal pada 10 September 2023. Proses penanaman berjalan dengan lancar dan melibatkan Wasito sebagai mitra petani.

Gambar-penanaman-mangrove-phillip-sekuritas
Phllip Sekuritas menanam mangrove di lokasi penanaman, total ada 500 yang berhasil ditanam. (Dok: Business Development/LindungiHutan)

Upaya yang telah dilakukan oleh PT Phillip Sekuritas Indonesia patut kita apresiasi bersama. Kami percaya, semakin banyak tangan yang terlibat, semakin banyak pula mereka yang turut menjaga.

Besar harapan, aksi ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk senantiasa memberikan kontribusinya untuk alam Indonesia.

Baca juga: PT Arkadia Sinergi Indonesia Berkomitmen Mengatasi Perubahan Iklim di Indonesia

Menilik Lokasi Penghijauan Phillip Sekuritas Indonesia di Pantai Kartika Jaya Kabupaten Kendal Jawa Tengah

Pantai Kartika Jaya terletak di kawasan Pulau Tiban, Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Letaknya di wilayah utara Pulau Jawa menjadikan kawasan ini terkena dampak dari abrasi yang cukup tinggi.

Pantai utara Pulau Jawa memiliki potensi gelombang yang tinggi sebab tiupan angin dan badai yang menerjang pesisir pantai. Sehingga, terjadi perubahan kondisi pantai, abrasi, dan sedimentasi di wilayah tertentu.

Gambar-mangrove
Gambar mangrove yang sudah ditanam, (Dok: Business Development/LindungiHutan)

Pulau Tiban merupakan salah satu objek wisata yang berada di atas sedimentasi pasir yang terbentuk pada akhir tahun 2013. Pasir di wilayah pesisir selama bertahun-tahun tergerus oleh air laut dan membawanya ke lautan dan membentuk pulau tersebut.

Obyek wisata di Pulau Tiban dikelola oleh Pokdarwis Desa Kartika Jaya pada awal tahun 2015 di bawah Dinas Pariwisata Kabupaten Kendal. Pertengahan 2017, terjadi badai yang cukup besar sehingga menghancurkan Pulau Tiban.

Dampaknya dari badai tersebut adalah aktivitas pariwisata di pulau tersebut terpaksa harus berhenti dan pulau ini menyisakan hamparan pasir yang hampir tertutup air laut ketika pasang.

Untuk itu, Phillip Sekuritas Indonesia menggandeng LindungiHutan melakukan kegiatan penghijauan di Pantai Kartika Jaya membantu melawan abrasi bersama. 

Dengan adanya kegiatan ini, Phillip Sekuritas Indonesia juga berpartisipasi dalam upaya pembangunan berkelanjutan secara global atau SDGs, dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8)

Selamatkan Pantai Kartika Jaya dari Abrasi dengan Hutan Mangrove

Abrasi yang begitu besar di Desa Kartika Jaya disebabkan oleh faktor alam yaitu badai dan kurangnya benteng pertahanan seperti tanaman mangrove. Mangrove memiliki manfaat utama sebagai pelindung pantai dan kawasan pesisir dari abrasi.

Dengan adanya penanaman mangrove, dampak abrasi yang menyerang Pantai Kartika Jaya dapat berkurang secara signifikan.

Selain itu juga, mangrove memiliki manfaat untuk menjaga kualitas air, sebagai rantai makanan, menyerap emisi karbon, mencegah pemanasan global, habitat bagi makhluk hidup, dan pariwisata.

Ikuti langkah Phillip Sekuritas Indonesia dan mari tanam lebih banyak mangrove di Pantai Kartika Jaya. Wujudkan Indonesia yang lebih hijau bersama LindungiHutan!

Baca juga: 4 Perusahaan BUMN Pernah Kolaborasi CSR dengan LindungiHutan

Ikuti Jejak Phillip Sekuritas, Wujudkan Aksi Lingkungan Perusahaan Anda dengan Mudah, Transparan, dan Berkelanjuta!

Sampai saat ini LindungiHutan telah menanam lebih dari 700.000 pohon di 40+ lokasi penanaman yang ada di Indonesia. Kami membantu lebih dari 400+ perusahaan dan brand yang berkontribusi dengan memberikan dukungan dana untuk kegiatan konservasi hutan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan