Connect with us

Mitra Hijau

PT Arkadia Sinergi Indonesia Berkomitmen Mengatasi Perubahan Iklim di Indonesia

Published

on

Komitmen Arkadia Atasi Perubahan Iklim

PT Arkadia Sinergi Indonesia adalah firma arsitektur interior desain & konstruksi di Indonesia dengan spesialisasi interior kantor. Sebagai corporate member dari Green Building Council Indonesia, Arkadia terus memperkenalkan produk ramah lingkungan dalam setiap produk kepada konsumennya.

Melalui LindungiHutan, PT Arkadia Sinergi Indonesia berhasil menginisiasi kampanye penghijauan di Pesisir Tambakrejo, Desa Bedono, dan Pantai Mangunharjo. Kampanye tersebut merupakan langkah perusahaan untuk mendukung nol bersih karbon dan mengurangi dampak dari perubahan iklim di Indonesia. Simak selengkapnya berikut ini!

Arkadia Works Dukung Net Zero Emission Tahun 2060

Sebagai perusahaan yang mendukung Net Zero Emission Indonesia pada tahun 2060, Arkadia Works Interior and Architecture berkomitmen untuk memperhatikan aspek keberlanjutan dalam setiap karyanya. Langkah ini dilakukan untuk membantu Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim yang kian parah.

Selain itu, PT Arkadia Sinergi Indonesia memiliki tujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Hal tersebut diwujudkan dengan menanam pohon lebih banyak dari jumlah pohon yang digunakan untuk memproduksi produk interior di tahun 2025.

“Arkadia Works sebagai perusahaan yang menerapkan Green Building, CollaboraTree turut mendukung kami dalam upaya menuju Net Zero Emission dan mendapat respon positif dari pelanggan kami, terutama dari pelanggan yang memiliki misi lingkungan yang sama dengan kami. Kami juga menjadi terlibat dalam diskusi menarik seputar lingkungan hidup dengan beberapa stakeholder dan membuka akses pasar baru. Selain itu, jika dilihat dari jumlah pohon yang ditanam dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan, berkolaborasi dengan LindungiHutan dalam CollaboraTree membuat kegiatan penanaman pohon menjadi semakin mudah dan murah. Hal ini kami rasakan langsung karena sebelumnya kami menanam pohon secara mandiri.”

Wiza Hidayat – CEO & Co Founder Arkadia Works

Baca juga: Komitmen Net Zero Emission 2060: Tokopedia Tanam 13.000 Mangrove di 8 Provinsi

Inisiasi Kerja Sama Arkadia dengan LindungiHutan Melalui Program CollaboraTree

penanaman mangrove arkadia
Arkadia Works menanam mangrove bersama mitra petani. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Untuk mencapai tujuan Arkadia mencapai nol bersih karbon dilakukan melalui program kerja sama bersama LindungiHutan yang bernama CollaboraTree. 

CollaboraTree merupakan program peduli lingkungan oleh perusahaan/brand yang berkolaborasi dengan LindungiHutan. Perusahaan dapat memilih lokasi penghijauan diantara 40 lokasi yang dimiliki oleh LindungiHutan yang tersebar di Indonesia. 

Melalui skema Product Bundling, Arkadia Works senantiasa mendonasikan 1 pohon bersama LindungiHutan untuk setiap office workstation yang dibagun dari setiap karya yang telah diciptakan. Donasi tersebut kemudian dikumpulkan pada kampanye penghijauan bertajuk “For Every Office Workstation Delivered, We Plant A Tree With Arkadia Works & LindungiHutan”.

Kampanye penghijauan Arkadia tersebar di 3 lokasi penanaman yaitu Pesisir Tambakrejo (Semarang), Desa Bedono (Kendal), dan Pantai Mangunharjo (Semarang). Secara berturut-turut mereka berhasil mengumpulkan sebanyak 500 mangrove yang ditanam pada 26 Maret 2022, 500 mangrove yang ditanam pada 29 Maret 2022, dan 1120 pohon mangrove yang ditanam pada 26 November 2022. 

Dari 2120 jumlah pohon yang telah ditanam Arkadia Works telah menyerap emisi lebih dari 2.421 kg CO2eq dan juga aksi tersebut mendukung program berkelanjutan atau SDGs antara lain:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8)

Baca juga: Komitmen PT Pigeon Indonesia Capai Nol Bersih Emisi Karbon Tahun 2050

Ikuti langkah Arkadia dalam meghijaukan bumi Indonesia bersama LindungiHutan. Pelajari lebih lanjut pada link https://lindungihutan.com/collaboratree atau isi form di bawah ini!

Sedekah Pohon LindungiHutan