Connect with us

Mitra Hijau

PT Bank Danamon Indonesia Tbk Tanam 2.500 Pohon di Pantai Bahagia Bekasi

Published

on

PT Bank Danamon Indonesia Tbk

LindungiHutan dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) menjalin kolaborasi untuk menjalankan program CSR penghijauan bertajuk ‘Bersama Bersinergi’. Melalui kerjasama yang terjalin, sebanyak 2.500 bibit pohon bakau telah ditanam di pesisir Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat pada 29 Oktober 2022.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk adalah perusahaan perbankan di Indonesia yang berdiri sejak 1956 dan merupakan bagian dari MUFG. Sebagai bagian dari MUFG, grup keuangan global serta bank terbesar di Jepang dan salah satu institusi keuangan terkemuka di dunia, Danamon akan dapat mengakses kekuatan, keahlian, dan jaringan MUFG guna melayani nasabah semaksimal mungkin.

Hingga saat ini, Danamon didukung oleh 846 jaringan kantor cabang konvensional, unit syariah dan kantor cabang anak perusahaannya. Tersedia pula lebih dari 60.000 jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, mobile banking melalui aplikasi D-Bank dan D-Card, SMS Banking, serta layanan phone banking melalui Hello Danamon.

Dengan beragam produk dan layanan keuangan yang tersedia, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen. Mulai dari segmen perbankan Konsumer, Usaha Kecil Menengah (UKM), Wholesale (Korporasi dan Komersial), dan Syariah serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance.

Maka tak heran, Danamon menerima penghargaan sebagai peringkat satu SLE Index 2021 kategori Bank BUKU IV dari ajang Satisfaction Loyalty Engagement Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia dan Infobank. Danamon juga meraih peringkat pertama pada 9th Infobank Digital Brand Awards 2020 dengan aset di bawah Rp500 triliun.

Sementara itu, Danamon juga menerima penghargaan Asia Trailblazer 2020 dari Retail Banking International (RBI) dengan predikat Highly Commended dalam kategori Best Digital Baking Initiative. Selain itu, Danamon menerima penghargaan 2020 DX Gamechanger dari IDC untuk transformasi digital perusahaan.

Kebijakan Berkelanjutan PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan Komitmennya Terhadap Lingkungan

PT Bank Danamon Indonesia Tbkmeyakini bahwa keberlanjutan sejati meliputi integrasi dalam bidang lingkungan, sosial, budaya, dan ekonomi dalam setiap proses bisnis utamanya. Sudah menjadi komitmen Bank Danamon yang terwujud dalam kebijakan Danamon untuk mengendalikan dampak lingkungan secara signifikan yang terkait dengan kegiatannya.

Sadar bahwa setiap keputusan yang diambil atas  pembiayaan yang disalurkan akan memengaruhi manusia dan lingkungan. Dampak terbesar terhadap lingkungan dan masyarakat adalah melalui kegiatan pembiayaan. Oleh sebab itu, Danamon terus mengembangkan standar dan pendekatan lingkungan maupun sosial.

Danamon menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki dampak luas demi kebaikan bersama. Melalui kerja sama tersebut harapannya akan mencegah penyaluranan dana untuk kegiatan usaha yang mungkin memiliki dampak negatif baik langsung maupun tidak langsung terhadap lingkungan.

Baca juga: SNEAKON Bantu Upaya Penghijauan dengan Menanam 700+ Mangrove di Semarang

PT Bank Danamon Indonesia Tbk Inisiasi Program CSR Bertajuk “Bersama Bersinergi” di Bekasi

Karyawan PT Bank Danamon Indonesia Tbk menanam mangrove
Perwakilan Bank Danamon yang hadir dalam acara CSR penghijauan ‘Bersama Bersinergi’ terlihat senang menanam bibit mangrove di Bekasi (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Janji bukan sekadar janji, komitmen tak hanya berhenti di ujung lidah. PT Bank Danamon Indonesia Tbk bersama LindungiHutan berkontribusi dalam konservasi hutan dan lingkungan dengan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility atau CSR bertajuk “Bersama Bersinergi”.

Melalui kegiatan CSR tersebut, Danamon sukses menanam 2.500 Mangrove Rhizophora sp di Pantai Bahagia, Muaragembong, Kabupaten Bekasi pada tanggal 29 Oktober 2022. Penanaman pohon berlangsung dengan lancar dan dibantu oleh Kelompok Sadar Wisata Alipbata.

Tentu, aksi nyata yang dilakukan oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk ini patut kita apresiasi bersama. Danamon sebagai sebuah korporasi tak lupa akan peran dan tanggung jawabnya untuk bersama-sama ikut menjaga dan melestarikan bumi kita. Dengan adanya kegiatan CSR ini, harapannya mangrove yang telah ditanam dapat mencegah abrasi dan mempertahankan ekosistem serta menghijaukan kembali alam di Pantai Bahagia.

Baca juga: Citilink Tanam 1.000 Pohon di Makassar Bersama LindungiHutan untuk Serap Emisi Karbon

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 700 RIBU Pohon di 45+ Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia!

Selayang Pandang Kondisi Ekologi Pesisir Pantai Bahagia Bekasi

Penanaman mangrove PT Bank Danamon Indonesia Tbk
Bersama-sama, perwakilan Bank Danamon berfoto dengan mitra penggerak penghijauan di area penanaman pesisir Pantai Bahagia, Muaragembong, Bekasi (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pantai Bahagia merupakan sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kecamatan Muaragembong sendiri memiliki nilai tingkat kesesuaian yang tinggi pada budidaya rumput laut. Masyarakat Kecamatan Muaragembong memanfaatkannya sebagai tempat budidaya rumput laut spesies Gracilaria sp. yang biasanya dilakukan bersamaan dengan ikan bandeng secara polikultur. Rumput laut tersebut biasanya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan agar.

Kendati menyimpan potensi yang bernilai, ekosistem mangrove di Muaragembong Kabupaten Bekasi sudah banyak yang berubah fungsi menjadi tambak, permukiman, ladang, sawah, dan peruntukan lainnya. Hal ini menyebabkan fungsi hutan mangrove sebagai habitat hewan sudah tidak berdaya lagi dan hasil penangkapan ikan menurun.

Rusaknya ekosistem mangrove di Muaragembong berdampak pada intrusi air laut dan abrasi yang belum dapat dikendalikan, kualitas lingkungan menurun, serta terganggunya mata pencaharian masyarakat.

Berkaca pada kondisi lingkungan tersebut, PT Bank Danamon Indonesia Tbk bersama LindungiHutan mengambil upaya restorasi dengan melakukan penanaman Mangrove Rhizophora sp di Pantai Bahagia Bekasi

Baca juga: Watsons Go Green Tanam 1.000 Pohon di Bali

Manfaat Penanaman Pohon Mangrove untuk Area Pesisir

Penanaman mangrove Bank Danamon di Bekasi.
Penanaman mangrove di pesisir desa Pantai Bahagia, Muaragembong, Bekasi oleh Bank Danamon (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Tanaman mangrove terdiri atas berbagai varian. Salah satu jenis tumbuhan yang tergolong mangrove yaitu pohon bakau. Pohon bakau dipilih tentu bukan tanpa alasan. Perlu kita sadari bersama, manfaat mangrove sangatlah banyak dan beragam. Sederhananya, kita bisa mengkategorikan manfaat mangrove ke dalam 2 jenis yaitu:

Manfaat mangrove secara ekologi diantaranya yaitu:

  • Penahan abrasi pantai,
  • Menangkap karbondioksida dan menukarnya dengan oksigen, sehingga mencegah pemanasan global,
  • Penahan badai dan dan angin yang bermuatan garam,
  • Penahan intrusi air laut ke daratan,
  • Tempat hidup beragam makhluk hidup baik itu yang berlindung, mencari makan, dan tinggal,
  • Menjaga kualitas air lewat akar tunjang yang mampu menyerap polutan-polutan.

Manfaat tanaman mangrove secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar pesisir diantaranya yaitu:

  • Tempat rekreasi dan pariwisata, dari manfaat ini masyarakat sekitar hutan bakau dapat mengelola tempat wisata tersebut secara mandiri dengan desa atau pemerintah daerah,
  • Sumber bahan kayu bakar dan bangunan, hal tersebut dapat membantu penghematan anggaran rumah tangga untuk dialokasikan pada kebutuhan yang lain,
  • Bahan penghasil obat-obatan, banyak dari masyarakat Indonesia yang meyakini khasiat dari tanaman bakau memiliki banyak khasiat,
  • Menjadi tempat bekerja masyarakat sekitar sebagai nelayan dan petani tambak hutan bakau dan hutan mangrove.

Melalui program CSR penghijauan “Bersama Bersinergi” yang Bank Danamon canangkan ini, kita berharap 2.500 bibit pohon bakau yang ditanam di pesisir Pantai Bahagia, Muaragembong, Bekasi, Jawa Barat dapat memberikan manfaat kebaikan untuk masyarakat sekitar dan seluruh penduduk Indonesia.

Video Penanaman Mangrove Bank Danamon di Pesisir Pantai Bahagia Bekasi

Video kegiatan penanaman mangrove oleh Bank Danamon

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan