Connect with us

Bisnis Lestari

Rayakan Hari Menanam Pohon Indonesia, Mari Wujudkan Komitmen Lingkungan Perusahaan

Published

on

Program Musim Penghijauan LindungiHutan

Tepat pada tanggal 28 November 2023 ini, kita memeringati Hari Menanam Pohon Indonesia. Momentum ini bisa menjadi ajang refleksi kita bersama, terhadap komitmen dan upaya pelestarian lingkungan. Apakah kita sudah benar-benar serius? Apakah aksi-aksi penghijauan dan penanaman pohon yang kita lakukan sudah cukup?

Sebelum menjawab, mari simak awal mula penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia serta apa yang bisa perusahaan Anda lakukan untuk ikut merayakannya?

Sejarah Penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia

Melansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, Hari Menanam Pohon Nasional diperingati pada tanggal 28 November, dengan tujuan meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat. Meningkatnya kesadaran dan kepedulian masyarakat dapat mempercepat pulihnya kerusakan hutan maupun lingkungan secara luas melalui penanaman pohon.

Hari Menanam Pohon Indonesia (2)

Keputusan mengenai hari menanam pohon nasional ini ditandatangani oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keputusan ini juga menyepakati perayaan Bulan Menanam Pohon Nasional pada Bulan Desember.

Baca juga: 5+ Alternatif Kegiatan CSR yang Bermanfaat bagi Lingkungan

Apa Tujuan Diadakannya Hari Menanam Pohon Indonesia?

Selain meningkatkan kesadaran dan kepedulian serta mempercepat pemulihan kerusakan hutan, hari menanam pohon nasional tentu membawa banyak manfaat bagi segenap makhluk hidup di bumi. Seperti kita tahu, deforestasi dan berbagai aktivitas manusia saat ini menuntun pada bencana perubahan iklim. Aksi penghijauan dan penanaman pohon perlu digalakkan lebih giat lagi. Dengan demikian ada banyak emisi karbon yang terserap dan mencegah dampak buruk lebih luas dari yang ditimbulkannya.

Selain itu, menanam pohon juga menyimpan manfaat lainnya seperti:

  • Pohon berperan sebagai penyerap CO2 selama fotosintesis, membantu mengurangi konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer dan mengurangi dampak perubahan iklim,
  • Melalui proses fotosintesis pula, pohon menghasilkan oksigen,
  • Pohon juga bisa menyaring polutan udara dan debu, serta meningkatkan kualitas udara di sekitarnya,
  • Pohon bisa menjaga kestabilan siklus air, meresap air hujan, bahkan membantu memproduksi air,
  • Pohon, hutan, dan lahan memberikan habitat bagi berbagai spesies satwa liar. Satwa liar tersebut akan menjadikan pohon sebagai tempat tinggal, mencari makan, dan tempat berlindung.

Manfaat menanam pohon lainnya bisa Anda simak melalui konten artikel lainnya yang berjudul “10+ Manfaat Menanam Pohon untuk Lingkungan dan Manusia”.

Jalankan Program CSR Perusahaan Anda di Momen Hari Menanam Pohon Indonesia!

Momentum Hari Menanam Pohon Indonesia ini tentu tidak bisa perusahaan Anda lewatkan begitu saja. Terlebih, komitmen pemerintah untuk bersama-sama menghijaukan kembali hutan, melakukan restorasi ekosistem, hingga upaya mewujudkan zero karbon perlu disambut baik perusahaan Anda.

Melalui program CSR perusahaan yang tepat sasaran, berdampak, dan berkelanjutan, perusahaan Anda bisa berkontribusi langsung mendukung program pemerintah dalam menciptakan masa depan bumi yang lebih baik!

Hari Pohon Sedunia

Baca juga: Panduan Program Penghijauan untuk CSR Perusahaan

Dalam rangka merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia, LindungiHutan mengajak perusahaan Anda untuk ikut berkolaborasi menciptakan dampak positif berkelanjutan melalui aksi penanaman pohon.  Kami ingin Anda bisa terlibat dalam gerakan penanaman yang dilakukan bersamaan di 28 titik penanaman selama perayaan Bulan Menanam Pohon Nasional (November-Desember 2023).

Hari Menanam Pohon Indonesia

Program Musim Penghijauan LindungiHutan terbuka bagi brand maupun perusahaan yang ingin menjadi sponsor. Sponsorship bisa dilakukan perusahaan Anda dengan mendukung penuh pendanaan penanaman di suatu lokasi maupun mendukung pendanaan sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan perusahaan Anda. Tentu, akan ada benefit yang didapatkan perusahaan Anda jika bersedia terlibat dalam kolaborasi penanaman di Musim Penghijauan.

Program Musim Penghijauan memungkinkan perusahaan Anda untuk:

  • Ikut memberikan dampak positif yang luas serta berkelanjutan di titik-titik lokasi penanaman yang membutuhkan upaya restorasi dan penghijauan kembali. Penanaman pohon akan menghidupkan kembali suatu ekosistem beserta makhluk hidup di dalamnya. Harapannya, akan makin kaya pula tingkat keanekaragaman hayatinya.
  • Memberikan berbagai bentuk kontribusi yang ingin dilakukan oleh brand dan perusahaan Anda.
  • Memilih tanggal penanaman pohon dan lokasi penanaman (28 lokasi) sesuai dengan jadwal dan waktu perusahaan Anda. Musim Penghijauan mulai berjalan pada pertengahan November sampai akhir Desember 2023.

Wujudkan Komitmen Nyata Perusahaan Anda terhadap Keberlanjutan dan Lingkungan Melalui Program Musim Penghijauan

Melalui program Musim Penghijauan, perusahaan Anda dapat menjalankan program penghijauan yang sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan perusahaan. Inisiatif program penghijauan kali ini akan lebih fleksibel, mudah, dan tentunya berdampak!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan