Connect with us

Bisnis Lestari

SROI: Pengertian, Prinsip, Mekanisme, Rumus dan Manfaatnya (Update 2023)

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

Penjelasan lengkap SROI (Social Return on Investment).

Sebenarnya, bagaimana cara menilai sebuah program sosial/lingkungan berhasil atau tidak dalam praktiknya? Apakah program tersebut berhasil? Jika iya apa tolok ukurnya? Temukan jawaban pertanyaan tersebut dalam artikel tentang SROI berikut ini!

Pengertian SROI

Di dalam sebuah analisis keuangan, Return of Investment (ROI) atau pengembalian investasi merupakan sebuah ukuran uang yang diperoleh atau hilang relatif terhadap uang yang diinvestasikan. Sedangkan, Social Return of Investment (SROI) dalam organisasi layanan sosial adalah upaya untuk mengukur nilai keuangan yang diciptakan oleh organisasi melalui pemberian layanan kepada masyarakat.

Social Return of Investment (SROI) merupakan sebuah pendekatan baru untuk mengukur dan memahami dampak keuangan masa depan suatu organisasi. Analisis SROI dirancang untuk mengukur akuntabilitas dan nilai organisasi yang sebanding yang hasilnya tidak selalu dapat diukur dengan mudah dengan uang.

Melalui cara yang sama, rencana bisnis berisi banyak informasi daripada hanya proyeksi keuangan. Social Return on Investment memberikan informasi mengenai perubahan aktual dan yang direncanakan, serta informasi kualitatif, kuantitatif, dan keuangan yang menjadi dasar keputusan tentang organisasi layanan sosial.

Analisis SROI dapat mengambil berbagai bentuk. Aspek ini dapat mencakup nilai sosial yang dihasilkan oleh seluruh organisasi atau hanya fokus pada satu aspek tertentuatau pekerjaan organisasi.

Terdapat 2 jenis analisis Social Return on Investment, yaitu:

  1. Analisis evaluatif yang didasarkan pada keluaran dan hasil aktual yang telah terjadi atau sedang dalam proses.
  2. Analisis Prakiraan yang memprediksi jumlah nilai sosial finansial yang akan tercipta jika kegiatan tersebut memenuhi hasil yang diinginkan.

Baca juga: CSR Adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contoh Program Tanggungjawab Sosial Perusahaan

Prinsip-Prinsip Social Return on Investment (SROI)

Terdapat 7 prinsip yang mendasari Social Return of Investment (SROI) yang dikembangkan dari akuntansi sosial dan analisis biaya-manfaatnya diantaranya yaitu:

  1. Melibatkan stakeholder (pemangku kepentingan),
  2. Memahami perubahan yang terjadi,
  3. Menghargai hal yang bersifat penting,
  4. Menyertakan hanya sesuatu yang penting,
  5. Tidak diperbolehkan mengklaim secara berlebihan,
  6. Transparan,
  7. Selalu memverifikasi hasil.
SROI
Infografis SROI oleh LindungiHutan

Mekanisme SROI

Social Return of Investment (SROI) diinformasikan oleh seperangkat prinsip yang dirancang untuk memastikan bahwa prosesnya kuat, transparan, dan diinformasikan oleh pemangku kepentingan.

Prinsip-prinsip tersebut menginformasikan metodologi enam langkah dalam penentuan Social Return on Investment, meliputi:

  1. Menetapkan ruang lingkup dan mengidentifikasi pemangku kepentingan utama. Batasan yang jelas tentang apa yang akan dicakup oleh SROI, dan siapa yang akan terlibat ditentukan pada langkah pertama ini.
  2. Hasil pemetaan. Melalui keterlibatan dengan pemangku kepentingan, peta dampak, atau teori perubahan, yang menunjukkan hubungan antara input, output, dan hasil dikembangkan.
  3. Membuktikan hasil dan memberi nilai. Langkah ini pertama-tama melibatkan pencarian data untuk menunjukkan apakah hasil telah terjadi. Kemudian hasil dimonetisasi – ini berarti memberi nilai finansial pada hasil, termasuk yang tidak memiliki harga yang melekat padanya.
  4. Membangun dampak. Setelah mengumpulkan bukti tentang hasil dan memonetisasinya, aspek-aspek perubahan yang tidak akan terjadi (bobot mati) atau bukan sebagai akibat dari faktor lain (atribusi) diisolasi.
  5. Menghitung SROI. Langkah ini melibatkan menjumlahkan semua manfaat, mengurangi negatif dan membandingkannya dengan investasi.
  6. Melaporkan, menggunakan, dan menyematkan. Mudah dilupakan, langkah terakhir yang penting ini melibatkan berbagai temuan dan rekomendasi dengan pemangku kepentingan, dan menanamkan proses hasil yang baik dalam organisasi.

Baca juga: 5+ Tujuan CSR yang Harus Perusahaan Ketahui

Rumus SROI

Perhitungan SROI dapat berguna bagi organisasi atau korporasi karena dapat meningkatkan pengelolaan program melalui perencanaan dan evaluasi yang lebih baik.

Terlebih lagi juga dapat meningkatkan pemahaman korporasi tentang pengaruhnya terhadap masyarakat dan memungkinkan komunikasi yang lebih baik mengenai nilai kerja korporasi.

Untuk memonetisasi suatu dampak sosial dalam hal finansial, para organisasi filantropi, pemodal ventura, yayasan, dan NGO (non profit organization) lainnya dapat menggunakan metode SROI.

SROI = (SIV – IIA) : (IIA x 100%)

Rumus perhitungan Social Return on Investment

Keterangan:

SIV = Nilai dampak sosial (social investment value).

IIA = Jumlah investasi awal (initial investment amount).

Meskipun SROI memiliki pendekatan yang beragam tergantung dari program yang sedang dievaluasi, terdapat 4 elemen utama yang diperlukan untuk mengukur nilai SROI, yaitu:

  1. Masukan, atau investasi sumber daya dalam aktivitas organisasi seperti biaya menjalankan sebuah program kerja
  2. Keluaran, atau produk langsung dan nyata dari kegiatan. Misalnya, jumlah orang yang dilatih oleh program.
  3. Hasil, atau perubahan pada orang-orang yang dihasilkan dari kegiatan seperti, pekerjaan baru, pendapatan yang lebih baik, peningkatan kualitas hidup individu; peningkatan pajak untuk, dan pengurangan dukungan dari pemerintah.
  4. Dampak, atau hasil yang kurang dari perkiraan yang akan terjadi. Misalnya, jika 20 orang mendapat pekerjaan baru, tetapi 5 dari mereka akan dipekerjakan dalam suatu peristiwa, dampaknya didasarkan pada 15 orang yang mendapat pekerjaan secara langsung sebagai hasil dari program kesiapan kerja.

Manfaat Analisis SROI

Analisis SROI menawarkan berbagai potensi manfaat sebagai berikut:

  1. Membantu organisasi dalam memahami nilai sosial yang diciptakan oleh suatu aktivitas dengan cara yang kuat dan ketat, sehingga mengelola aktivitas dan hubungannya untuk memaksimalkan nilai tersebut.
  2. Proses membuka dialog dengan pemangku kepentingan, membantu menilai sejauh mana kegiatan memenuhi kebutuhan dan harapan mereka.
  3. Social Return on Investment menempatkan dampak sosial ke dalam ‘return on investment’, yang dipahami secara luas oleh investor, komisaris, dan pemberi pinjaman. Ada peningkatan minat pada SROI sebagai cara untuk menunjukkan atau mengukur nilai sosial dari investasi, di luar ukuran keuangan standar.
  4. Jika belum digunakan, Social Return on Investment dapat membantu dalam menunjukkan kepada pelanggan potensial bahwa mereka dapat mengembangkan cara baru untuk menentukan apa yang mereka inginkan dari kontrak, dengan mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan.
  5. Social Return on Investment juga dapat digunakan dalam manajemen strategis. Indikator yang dimonetisasi dapat membantu manajemen menganalisis apa yang mungkin terjadi jika mereka mengubah strategi mereka, serta memungkinkan mereka untuk mengevaluasi kesesuaian strategi tersebut untuk menghasilkan keuntungan sosial dan memaksimalkan sumber daya.
  6. Jaminan dan verifikasi tersedia melalui sejumlah badan.

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Peduli Lingkungan dan Kelestarian Hutan Indonesia

FAQ

Apa itu metode SROI (Social Return on Investment)?

SROI adalah sebuah perhitungan hasil untuk mengukur dan memperhitungkan nilai investasi modal pada kegiatan sosial yang bertujuan untuk mengurangi ketidaksetaraan dan degradasi lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan dengan memasukkan biaya dan manfaat sosial, lingkungan, dan ekonomi

Bagaimana Cara Menghitung SROI?

Rumus SROI = (SIV – IIA) : (IIA x 100%). Kita telah mengulas cara menghitung Social Return on Investment di artikel ini.

Program apa yang dampaknya diukur menggunakan SROI?

Salah satunya program CSR perusahaan anda, untuk mengetahui nilai lingkungan, ekonomi, dan sosial yang diberikan apakah sudah tepat sasaran, efektif, dan berdampak.

Jalankan Program CSR Perusahaan Anda dengan Tepat Sasaran, Berdampak, dan Berkelanjutan

LindungiHutan telah dipercaya 40.000+ pengguna dan masyarakat Indonesia sebagai startup penanaman pohon yang mudah, transparan, dan berkelanjutan. Lebih dari 200 mitra hijau telah menjalin kerja sama dengan kami

Info Lebih Lanjut Hubungi:

Intan Widianti Kartika Putri

LindungiHutan
Rawat Bumi LindungiHutan