Connect with us

Bisnis Lestari

Laporan CSR: Panduan, Langkah-Langkah, Pembuatannya, dan Best Practice-nya

Published

on

Laporan CSR

Selain menjalankan program CSR, penting juga bagi perusahaan untuk melaporkannya. Adapun, bentuk laporan tersebut disebut sebagai laporan CSR atau report CRS. Laporan CSR ini sekaligus sebagai bentuk dari komitmen keberlanjutan sebuah perusahaan dan perwujudan nyata dari konsep triple bottom line.

Melalui laporan CSR ini pula perusahaan menjalin komunikasi internal dan eksternal mengenai upaya-upaya CSR dan dampaknya terhadap lingkungan serta masyarakat.

Mengapa CSR Report Penting?

Ada beberapa hal yang menjadikan report CSR penting bagi perusahaan, komunitas masyarakat, maupun stakeholder terkait.

Secara keseluruhan, laporan CSR merupakan cara bagi perusahaan untuk menyampaikan misi, upaya, dan hasilnya kepada stakeholder baik di internal maupun eksternal. Siapa saja mereka? Baik itu pengambil keputusan, pemegang saham, konsumen, komunitas lokal, maupun publik.

Ingat, bagaimana laporan CSR berfungsi sebagai alat komunikasi? Sebab masa depan setiap perusahaan dalam masyarakat saat ini sangat bergantung pada bagaimana mereka dilihat oleh pemangku kepentingan utama seperti pemegang saham dan investor, pelanggan dan konsumen, karyawan, dan masyarakat luas. Simak cerita para Partner LindungiHutan dalam program-program penghijauan yang mereka jalankan.

Oleh karena itu, perusahaan perlu membangun dan merawat hubungan dengan pemangku kepentingan. Pelaporan merupakan salah satu kegiatan yang digunakan oleh perusahaan secara strategis.

Laporan CSR atau report CSR ini dapat digunakan sebagai alat komunikasi korporat yang membantu perusahaan dinilai sebagai “legitimate” oleh sebagian besar pemangku kepentingan agar dapat bertahan dan berkembang.

Apa yang Harus Ada di CSR Report?

Lantas, apa saja yang mesti perusahan masukkan di dalam laporan CSR? Paling tidak ada beberapa elemen kunci dari kerangka CSR report yang meliputi:

Prinsip dan standar

Prinsip dan standar yang jelas ini mendefinisikan informasi apa yang harus dilaporkan, seperti metric keberlanjutan, indikator dampak sosial, hingga praktik tata kelolanya.

Indikator kinerja

Metrik spesifik dan KPI yang digunakan untuk mengukur dan melacak kinerja di berbagai area CSR. Indikator ini seringkali diselaraskan dengan standar internasional untuk perbandingan. Misalnya, Anda bisa menggunakan standar report dari GRI (Global Reporting Initiative).

Keterlibatan pemangku kepentingan

Proses untuk melibatkan pemangku kepentingan dalam pengembangan dan peninjauan laporan, memastikan bahwa itu menanggapi kekhawatiran dan kepentingan mereka.

Baca juga: 10 Contoh Program CSR Perusahaan di Indonesia

4 Langkah Menyusun CSR Report

Ini bukanlah sekadar dokumen formalitas pelengkap, tetapi sebuah refleksi atas identitas, nilai, dan komitmen perusahaan.

Melalui laporan CSR pula, keberadaannya dapat meningkatkan transparansi perusahaan atas upaya dan komitmennya terhadap kondisi sosial dan lingkungan. Serta, memastikan secara efektif bahwa perusahaan memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan. Berikut 5 langkah-langkahnya!

1. Menentukan tujuan atau inti pesan yang ingin disampaikan

Sebelum membuat laporan CSR, penting untuk menentukan tujuan yang jelas terlebih dahulu. Artinya, tentukan terlebih dahulu pesan yang ingin disampaikan dan dampak yang ingin ditekankan. Pesan atau inti yang ingin ditekankan ini bisa dari inisiatif lingkungannya, perihal karyawan, maupun keterlibatan komunitas.

2. Struktur dan format

Berikan highlight pada pesan kunci dengan ringkasan yang singkat, diikuti oleh bagian-bagian yang mendalam tentang inisiatif CSR perusahaan Anda, kemajuan, dan rencana masa depan. Agar makin menarik perhatian pembaca, sertakan visual seperti grafis, diagram, dan infografis untuk menyajikan data sehingga lebih mudah diakses.

3. Kumpulkan data relevan

Data yang akurat dan komprehensif merupakan inti dari setiap laporan CSR. Pastikan data Anda dapat diukur, dapat diandalkan, dan mendukung klaim laporan Anda.

Data yang dimaksud seperti keseimbangan CO2 (serapan karbon), kepuasaan karyawan (Keterlibatan karyawan misal dalam acara), hingga partisipasi dalam inisiatif yang berkontribusi pada reputasi perusahaan.

4. Tell your story!

Laporan CSR atau CSR report merupakan sarana untuk membagikan cerita dan dampak positif perusahaan Anda. Gunakan narasi yang menarik, studi kasus, dan testimoni untuk mengilustrasikan bagaimana inisiatif Anda telah membuat perbedaan.

Sebagaimana kami di LindungiHutan percaya bahwa penting untuk mengupayakan dampak baik dari berbagai inisiatif yang dilakukan. Simak dampak baik yang kami wujudkan dalam “Annual Report LindungiHutan Tahun 2023”.

Best Practice Penyusunan Laporan CSR

Faktanya, dalam menjalankan program CSR bukanlah hal yang mudah. Perlu objective yang jelas, rencana yang terperinci, serta dampak baik yang signifikan. Jangan sampai program CSR yang perusahaan Anda jalankan hanya berujung kiss and run, tanpa adanya kelanjutan. Keberlanjutan menjadi kata kunci pentingnya!

Kami di LindungiHutan membantu Anda dan perusahaan lainnya untuk mewujudkan program CSR penghijauan yang tepat sasaran, berdampak baik, dan berkelanjutan. Semua penanaman pohon yang kami lakukan melibatkan kelompok tani lokasi setempat untuk membantu proses hulu hingga hilirnya.

Bersama para Mitra Petani pula, kami melakukan monitoring pohon. Memastikan semua pohon yang ditanam tumbuh dan bermanfaat sebagaimana mestinya,

Adapun partner perusahaan yang menjalankan program CSR bersama kami dapat turut serta memantau pertumbuhan pohon melalui fitur monitoring. Melalui fitur monitoring ini Anda bisa memantau jumlah pohon hidup, pohon mati, rataan diameter pohon, rataan tinggi pohon, umur pohon, dan juga rataan emisi CO terserap.

Selain monitoring, perusahaan Anda juga akan mendapatkan halaman Kampanye Alam serta profil partner. Sederhanannya, melalui halaman ini Anda bisa memberikan penjelasan mengenai program CSR yang sedang Anda jalankan.

Apa latar belakangnya? Apa komitmennya? Mengapa memilih lokasi tersebut? Apa yang menjadi tujuan dan harapan perusahaan Anda? Halaman Kampanye Alam ini juga bisa Anda sebarkan melalui fitur berbagi.

Terakhir, dan yang tak kalah penting yaitu laporan CSR! Ketika Anda menjalankan program CSR bersama LindungiHutan, maka perusahaan Anda jelas akan mendapatkan laporan CSR. Laporan tersebut akan memuat ringkasan kegiatan, laporan pendanaan, dokumentasi kegiatan, pencapaian kegiatan, dampak yang dicapai, hingga serapan karbonnya.

Seluruh rangkaian program CSR ini akan kami bantu publikasikan di berbagai kanal media LindungiHutan. Baik itu di media sosial seperti Instagram dan Linkedin, blog, hingga press release eksternal.

Kami berharap, layanan end to end LindungiHutan bisa betul-betul membantu komitmen perusahaan Anda dalam mewujudkan masa depan bumi yang berkelanjutan!

Baca juga: Panduan Mudah Pelaksanaan CSR Lingkungan Perusahaan Anda!

LindungiHutan Menanam 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan yang Berkolaborasi

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan