Connect with us

Bisnis Lestari

Apa Itu Dana CSR? dan Bagaimana Menentukan Siapa Penerimannya?

Published

on

Apa Itu Dana CSR?

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya .

Namun, untuk menjalankan program CSR, Anda mesti paham terlebih dahulu tentang apa itu dana CSR? Berapa besarannya dan bagaimana mengimplementasikannya?

Di Indonesia, besaran dana CSR yang biasanya digunakan sebagai patokan sekitar minimal 2% sampai 3% dari total keuntungan perusahaan dalam setahun 1 7 10 .

Setiap daerah di Indonesia juga menetapkan dana CSR yang berbeda-beda. Contohnya di Kalimantan Timur dengan minimal dana wajib CSR sebesar 3% berdasarkan Perda Kaltim Nomor 3 Tahun 2013

Siapa yang Menerima Dana CSR?

Penerima manfaat CSR adalah pemangku-kepentingan di dalam perusahaan dan di luar perusahaan. Pemangku-kepentingan di dalam perusahaan meliputi karyawan, manajemen, dan pemegang saham. Sementara pemangku-kepentingan di luar perusahaan meliputi masyarakat sekitar, lingkungan, dan pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan perusahaan

Baca juga: 10 Contoh Program CSR Perusahaan di Indonesia

Apa Itu Dana CSR

Apa Itu Dana CSR? Bagaimana Perusahaan Menentukan Penerima Dana CSR?

Untuk menentukan penerima dana CSR, perusahaan dapat menggunakan sistem pendukung keputusan dengan metode perbandingan Simple Additive Weighting dan Fuzzy Logic. Metode ini dapat membantu pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan dalam pembagian dana bantuan CSR dengan cara membuat sistem pendukung keputusan

Penerima manfaat CSR dapat berupa pemangku kepentingan di dalam dan di luar perusahaan. Dana CSR dapat digunakan untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat, dan lain-lain.

Adapun, manfaat CSR bagi perusahaan antara lain meningkatkan citra perusahaan, mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain, memperkuat brand merek perusahaan di mata masyarakat, membedakan perusahaan tersebut dengan pesaingnya, dan memberikan inovasi bagi perusahaan.

Baca juga: 10+ Manfaat CSR bagi Perusahaan yang Perlu Anda Ketahui

Sementara program CSR dari sisi lingkungan hidup dapat membantu pelestarian lingkungan dan budaya melalui berbagai kegiatan positif dan memberikan manfaat untuk membantu melakukan upaya pelestarian lingkungan.

Manfaat CSR bagi masyarakat antara lain meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar perusahaan, dan meningkatkan akses masyarakat terhadap fasilitas umum.

Di Indonesia, besaran dana CSR yang biasanya digunakan sebagai patokan sekitar minimal 2% sampai 3% dari total keuntungan perusahaan dalam setahun. Setiap daerah di Indonesia juga menetapkan dana CSR yang berbeda-beda.

Perusahaan harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang CSR di Indonesia, seperti Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan PP No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas 1 6 . 

Demikianlah informasi tentang penentuan penerima dana CSR. Perusahaan dapat menggunakan sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima dana CSR dan harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Pentingnya Menerapkan Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Jalankan Program CSR Berdampak, Tepat Sasaran, dan Berkelanjutan

LindungiHutan melalui inisiatif program Impact CSR bertujuan mendukung perusahaan Anda dalam pelaksanaan program CSR yang berlangsung terus-menerus dan berkelanjutan.

Dengan demikian, setelah program CSR perusahaan Anda selesai, manfaat dan efek positif yang dihasilkan tetap dapat dirasakan baik oleh masyarakat maupun lingkungan. 

Hingga saat ini, LindungiHutan telah menanam lebih dari 700 RIBU pohon di 50+ lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Total, 400 Ton CO2eq karbon terserap di mana kami juga membersamai 500+ perusahaan maupun brand yang turut berkontribusi dalam upaya penghijauan dan pelestarian hutan.

Di LindungiHutan, kami juga mengutamakan keterlibatan masyarakat setempat dalam mendukung pelaksanaan program CSR di perusahaan Anda. Total, sudah ada 100+ kelompok masyarakat peduli lingkungan yang bersama-sama LindungiHutan menanam serta merawat pohon di tiap-tiap lokasi penanaman kami.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan