Connect with us

Bisnis Lestari

10 Contoh Program CSR Perusahaan di Indonesia

Published

on

Program CSR perusahaan di Indonesia

Corporate Social Responsibility (CSR) sudah seharusnya menjadi fokus perhatian dalam menjalankan bisnis di masa kini. Perusahaan yang melakukan CSR dapat menjadi inspirasi, dan pastinya sebagai sikap pertanggungjawaban terhadap lingkungan, hukum, dan sosial.

Program CSR nyatanya tidak terbatas pada pengelolaan lingkungan maupun pemberdayaan sosial saja. Namun, juga mencakup bidang pendidikan, infrastruktur, ekonomi, hingga kesehatan.

Seperti yang LindungiHutan rangkum dalam tulisan ini, 10 program CSR perusahaan di Indonesia yang diharapkan dapat menginspirasi perusahaan Anda untuk turut melaksanakan CSR. 

Lalu seperti apa contoh 10 CSR perusahaan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Pinky Movement, Program CSR Pertamina

Pinky Movement merupakan program CSR Pertamina di bidang ekonomi, lebih tepatnya termasuk pada Sub Kategori Sustainability Business.

Pertamina memberikan bantuan berupa kredit pinjaman untuk outlet Bright Gas sebagai jaringan distribusi resmi LPG PSO serta Pangkalan LPG PSO yang tertarik menjual Bright Gas di seluruh Indonesia.

Pada intinya program ini menjadi sarana bagi Pertamina untuk mendanai pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk mengembangkan bisnisnya, menghasilkan berbagai produk inovatif, dan menegakkan keunggulan produk lokal.

Pinky Movement adalah program CSR berkonsep Creating Shared Value (CSV) dengan penguatan utama pada peningkatan kapasitas pelaku UMKM yang dijalankan dengan mendekatkan proses inti bisnis Pertamina.

Terlebih lagi, Pinky Movement dapat menciptakan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersama-sama (shared), tanpa salah satu diutamakan atau dikesampingkan.

Baca juga: Pertamina Gas (Pertagas) Jalankan Program Sedekah Pohon untuk Bumi

2. Program Beasiswa BRI Peduli oleh Bank BRI

Merupakan program CSR di bidang pendidikan, Bank BRI memiliki tujuan untuk turut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Hal ini dilakukan dengan memberikan dana pendidikan untuk 1.800 anak pelaku UMKM yang terafiliasi dengan Desa BRIlian.

Selain itu, Bank BRI juga memberi beasiswa pascasarjana bagi 36 jurnalis media terpilih setiap tahunnya. Bank BRI juga sempat merancang program CSR sebagai apresiasi bagi tenaga pendukung medis di kala masa pandemik COVID-19, dengan menghadiahkan dana pendidikan untuk 1.800 anak tenaga pendukung medis.

3. Program Pembangunan Infrastruktur oleh PT Huawei Indonesia

Dengan visi yang bertujuan untuk memberikan yang terbaik kepada rakyat Indonesia, dan misi yang bertujuan untuk selalu menghubungkan yang belum terhubung, PT Huawei Indonesia menjalankan program CSR melalui pembangunan konektivitas jaringan yang menghubungkan warga Papua.

Sebagai bentuk program CSR di bidang infrastruktur, PT Huawei Indonesia berhasil instalasi jaringan yang mencakup areal 319.036 kilometer persegi,  dengan ketinggian mencapai 4.884 meter, di wilayah Papua Barat.

4. Program CSR Perusahaan di Indonesia oleh Telkom Indonesia

Atas dasar keinginan untuk menjalankan CSR, Telkom Indonesia menuangkan aspirasinya melalui program utama bernama SHARE. Program CSR ini terdiri dari beberapa kegiatan di bidang komunikasi dan digital yang juga dimaksudkan untuk mendukung pencapaian SDGs.

Beberapa kegiatan yang dilakukan Telkom Indonesia seperti; Mendorong keberlanjutan klaster digital Pendidikan melalui perintisan digitalisasi edukasi masyarakat, talenta Indonesia, dan infrastruktur digital untuk inklusi Pendidikan; Mewujudkan digitalisasi aspek kehidupan masyarakat menuju klaster masyarakat digital melalui sinergi kelembagaan, penggelaran infrastruktur ekosistem desa digital, dan pemberdayaan komunitas; serta mengoptimalkan klaster digital UMKM melalui pembentukan UMKM Millennials, peningkatan kapasitas UMKM Binaan berdasarkan pendekatan Go ModernGo DigitalGo OnlineGo Global, dan pengembangan digital platform UMKM.

Baca juga: Program 1-2 Trees, Komitmen Nyata SKK Migas Tekan Emisi Karbon

LindungiHutan Menanam 700 RIBU Pohon Lebih, di 50+ Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia, Menyerap 400 Ton CO2Eq, serta Melibatkan 118 Kelompok Masyarakat setempat

5. Program Community Involvement and Development (CID) oleh PLN Indonesia

Program CID merupakan bentuk komitmen CSR PLN dan juga pembangunan keberlanjutan (SDGs). Di bidang lingkungan, Program CID dilakukan dengan pengembangan pengolahan biomassa sebagai pengganti batubara pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) atau yang disebut sebagai co-firing.

CSR PLN
Penanaman mangrove PT PLN (Persero) PUSHARLIS UP2W V bersama LindungiHutan di Kota Semarang

PLN berkolaborasi dengan pemerintah daerah di seluruh Indonesia dalam pemanfaatan sampah dengan 6 proyek lokasi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) yang telah diluncurkan dan beroperasi di tahun 2022.

Tak hanya meningkatkan bauran energi bersih, teknologi co-firing juga mampu membangun rantai pasok biomassa yang andal melalui pemberdayaan masyarakat yang dibuktikan dengan telah terserapnya 361 tenaga kerja baru dan mendorong terbentuknya 34 UMKM dalam praktik pengembangan biomassa yang dilakukan oleh PLN.

Paling penting, teknologi co-firing yang dikembangkan PLN berhasil menekan emisi karbon, dan bermanfaat bagi perusahaan seperti menurunkan biaya operasional sebesar 227 Miliar/Tahun, peningkatan pemakaian energi listrik sebesar 2,8 Miliar/Tahun, dan membuat PLN mendapatkan peringkat Emas pada Penilaian PROPER.

Bukan hanya itu, PLN Pusharlis senantiasa menjalankan program CSR penghijauan bersama LindungiHutan sejak tahun 2019. PLN menanam ratusan bibit pohon dengan berbagai jenis di berbagai daerah. 

Terbaru, pada tahun 2022, CSR PLN sukses menanam 500 bibit pohon alpukat di Jabungan Kota Semarang, dengan Kampanye Alam bertajuk “Program TJSL Penghijauan Green Living Ecosystem PLN Pusharlis UP2W V”.

6. Program Psychological First Aid oleh Allianz Indonesia

Pada saat terjadi bencana gempa yang melanda Sulawesi Tengah, Allianz Indonesia melaksanakan program CSR di bidang bencana yang bernama Psychological First Aid (PFA).

Allianz Indonesia paham bahwa korban dari bencana alam tidak hanya membutuhkan bantuan secara fisik, melainkan juga pendampingan jiwa.

Maka dari itu, melalui program CSR ini, sebanyak 2.670 orang di Palu, Sigi, dan Donggala mendapatkan pendampingan PFA dengan metode Theraplay dari Yayasan PION. Lalu sebanyak 45 orang dilatih menjadi trainer yang diharapkan mampu memberikan pendampingan ke korban lainnya.

7. Program Garuda Indonesia Peduli oleh Garuda Indonesia

Garuda Indonesia Peduli merupakan program CSR oleh Garuda Indonesia yang terdiri dari pilar ekonomi, lingkungan dan sosial. Pada bidang sosial, Garuda Indonesia melakukan kegiatan berupa Program Pembinaan Masyarakat.

Program ini dijalankan melalui pemberian pelatihan bagi lulusan SMA/SMK berprestasi dari keluarga golongan tidak mampu, memberikan kesempatan magang untuk 4 penyandang down syndrome, menggelar pelatihan metode penulisan serta kompetisi bagi mahasiswa, dan meningkatkan kompetensi guru.

Baca juga: Citilink Tanam 1.000 Pohon di Makassar Bersama LindungiHutan

8. Program Peduli Kesehatan oleh Best Agro International

Best Agro International rutin melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan secara gratis, menyelenggarakan kegiatan khitanan massal untuk anak-anak, dan memastikan semua kebun memiliki klinik dan fasilitas poli umum, kandungan, dan gizi yang mumpuni.

Segala hal tersebut dilakukan atas dasar Program Peduli Kesehatan yang diutamakan Best Agro International, yang tentunya merupakan program CSR perusahaan di bidang kesehatan.

9. Program Pengembangbiakkan Bekantan oleh Adaro Energy

Adaro Energy melakukan program di bidang lingkungan hidup, dengan berfokus pada pengembangan Pulau Bakut untuk Bekantan. Program ini tergolong sangat berhasil, karena terjadi penambahan populasi satwa bekantan di Taman Wisata Alam Pulau Bakut, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Terhitung ada 122 ekor Bekantan yang menempati Pulau Bakut pada Juli 2022, yang mana sebelumnya hanya ada 67 ekor Bekantan di tahun 2018.

Baca juga: Penanaman Mangrove, Ide Program CSR Lingkungan yang Berdampak

10. Program Penanaman Mangrove oleh Tokopedia

Melalui kolaborasinya dengan LindungiHutan, Tokopedia inisiasi Kampanye Alam di 10 lokasi di Indonesia yang termasuk wilayah pesisir dan membutuhkan perhatian lebih sebab sering terjadi abrasi dan banjir rob.

Program Penanaman Mangrove yang dilakukan Tokopedia merupakan bentuk program CSR perusahaan di Indonesia yang bertujuan untuk menjaga lingkungan, meningkatkan ekosistem alam, dan bermanfaat positif bagi masyarakat sekitar program.

Penulis: Prabu Haryo Pamungkas

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *