Connect with us

Bisnis Lestari

10+ Manfaat CSR Bagi Perusahaan yang Perlu Anda Ketahui

Published

on

Manfaat CSR

Artikel di-review oleh Wisnu Mohammad Rizky, Strategi Partnership Executive LindungiHutan

Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang didirikan dengan tujuan mencari keuntungan. Caranya dengan melakukan kegiatan produksi dan distribusi untuk memenuhi kebutuhan hidup konsumen.

Sejatinya keuntungan yang dicari perusahaan bukan hanya dari aspek finansial saja, melainkan dari aspek sosial pula. Jika keuntungan dari segi ekonomi didapat dari banyaknya produk yang terjual, lantas bagaimana cara perusahaan mendapat keuntungan secara sosial? Salah satunya dengan melakukan CSR!

Apa itu CSR? Apa sih manfaat CSR bagi perusahaan? Simak selengkapnya pada artikel ini!

Apa yang Dimaksud dengan CSR?

Setiap perusahaan di Indonesia berkewajiban melakukan program CSR terutama di lingkungan sekitar perusahaan. Sudah semestinya perusahaan memberikan sumbangsih kepada masyarakat serta turut berupaya melestarikan lingkungan sekitar.

The World Business Council for Sustainable Development dalam Nurbaety (2015), mendefinisikan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai komitmen sebuah perusahaan untuk bertindak secara etis terhadap pemangku kepentingan secara langsung maupun tidak langsung dengan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial , lingkungan dari aktivitas perusahaan.

Sederhananya, CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap keadaan sosial dan lingkungannya yang ditujukan kepada masyarakat di sekitar perusahaan maupun masyarakat secara luas.

Dikutip dari Azheri (2011), ruang lingkup pelaksanaan program CSR dikenal dengan istilah Triple Bottom Line (3P), yaitu sosial (people), ekonomi (profit), dan lingkungan (planet). Tidak ada aspek yang utama (sosial saja ataupun ekonomi saja), melainkan ketiganya sudah menjadi satu kesatuan yang utuh.

Baca juga: Panduan Program Penghijaun untuk CSR Perusahaan

Apa Tujuan Utama CSR?

Pelaksanaan program CSR merupakan strategi perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Termasuk, perusahaan ingin mengimplementasikan konsep tripple bottom line atau 3P dalam lini bisnisnya. Apa maksudnya 3P?

3P terdiri dari People (masyarakat), Planet (Lingkungan), dan Profit (Keuntungan). 

  • People, terdiri dari karyawan, komunitas, dan masyarakat sekitar perusahaan yang perlu diperhatikan. Kepedulian perusahaan dapat diwujudkan dengan cara mendukung dan membantu kebutuhan masyarakat.
  • Planet, dalam menjalankan aktivitas produksinya, perusahaan sangat perlu memperhatikan aspek lingkungan, agar masyarakat yang tinggal di sekitar perusahaan tidak merasa dirugikan.
  • Profit, perusahaan harus mengelola biaya dengan baik dan seefisien mungkin. 

Tujuan utama CSR juga untuk menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan stakeholder.Pada akhirnya, keberadaan perusahaan akan diterima dengan mudah oleh masyarakat. 

Manfaat CSR Bagi Perusahaan

Program CSR merupakan bentuk kepedulian dari perusahaan untuk masyarakat dan lingkungan. Secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak positif bagi perusahaan.

Manfaat CSR yang diterima oleh perusahaan tidak terbatas pada segi finansial saja. Lebih dari itu, manfaat sosial juga didapat oleh perusahaan. 

Sebab, program CSR menjadi representasi proses bisnis di sebuah perusahaan yang sustainable, sehingga stakeholders dan masyarakat akan memiliki penilaian yang baik terhadap perusahaan tersebut. 

“Dari riset fleishmanhillard (2021), isu utama yang menarik untuk usia 18-24 tahun dan 65 tahun ke atas adalah tentang lingkungan dan perubahan iklim, isu tersebut dianggap penting untuk mereka. Oleh karena itu, kita sebagai brand harus bisa melihat hal itu sebagai sebuah kesempatan atau peluang yang bisa kita gunakan dalam pengembangan bisnis,” Ucap Mun Marva, Partner & CoFounder Kolaborasi.co & Managing Director SIAP, dalam sesi “Green Skilling:Green Marketing Melalui Social Media untuk UMKM dan Startup”

Tak hanya itu, banyak manfaat CSR yang akan diterima perusahaan seperti penjelasan berikut ini:

1. Meningkatkan Citra Perusahaan Di mata Publik

Tidak bisa dimungkiri, manfaat CSR bagi perusahaan yang pertama adalah meningkatkan citra atau image. Citra perusahaan bukan hanya citra dari produk dan pelayanan yang diberikan perusahaan, melainkan citra perusahaan secara keseluruhan. 

Citra positif perusahaan mampu meningkatkan loyalitas dan kepuasan konsumen terhadap perusahaan. Masyarakat dengan sukarela memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan produk dari perusahaan tersebut. 

Secara finansial ini menjadi keuntungan besar yang didapat perusahaan. Perusahaan akan terus berkembang dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

2. Manfaat CSR Memberikan Peluang Perusahaan Mendapatkan Penghargaan

Pemberian penghargaan CSR memiliki dampak positif terhadap citra perusahaan. Hal ini karena penghargaan tersebut memberikan peran yang positif, yang pada gilirannya memberikan temuan dan fakta baru yang juga mempengaruhi liputan media massa baik dalam bentuk cetak maupun elektronik terkait CSR Awards. 

Liputan dari media massa ini memberikan citra positif terhadap perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam penghargaan tersebut, terutama bagi yang menjadi pemenang.

3. Terciptanya Lingkungan Sosial yang Baik

Manfaat CSR bagi masyarakat nyatanya juga dirasakan dan menjadi pendukung keberhasilan bisnis untuk jangka panjang. Pasalnya, dapat meminimalisir gesekan yang terjadi di masyarakat dengan perusahaan. 

Tidak sedikit perusahaan yang diprotes oleh masyarakat karena dinilai tidak memberikan dampak positif bagi sekitar. Alhasil, perusahaan dapat bertahan dalam waktu yang singkat saja.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang dapat meningkatkan keterlibatan para pekerja dalam usaha untuk meningkatkan perlindungan bagi tenaga kerja mereka.

Langkah ini juga diambil untuk mempertahankan karyawan agar tetap bekerja di perusahaan dan untuk meningkatkan semangat kerja mereka. Saat ini, program kesejahteraan karyawan mencakup berbagai hal mulai dari yang dasar seperti asuransi, kesehatan, perencanaan pensiun, hingga fasilitas lain seperti penitipan anak. 

5. Meningkatkan Pengetahuan Mengenai Komunitas Sekitar Perusahaan

Manfaat CSR juga melahirkan komunikasi yang efektif antara perusahaan dengan komunitas. Terjalinnya kedekatan dengan komunitas lokal membuat perusahaan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat atau komunitas untuk saat ini. 

Alhasil, pemilihan program CSR bagi masyarakat dapat tepat sasaran dan membantu masyarakat.

Pendapat atau aspirasi dari komunitas merupakan informasi penting bagi berjalannya bisnis suatu perusahaan. Karena, perusahaan tidak bisa berjalan dengan sendiri, toh mereka juga hidup berdampingan dengan masyarakat.

Baca juga: Panduan Pemberdayaan Masyarakat dan Implementasinya dalam Program CSR Perusahaan

6. Mendapatkan Lisensi untuk Beroperasi Secara Sosial

Masyarakat di sekitar perusahaan merupakan komunitas yang akan terus berdampingan dengan perusahaan. Apabila masyarakat mendapat manfaat dari adanya perusahaan di tengah-tengah mereka, maka mereka merasa menjadi bagian dari perusahaan. 

Maka dari itu, perusahaan dengan leluasa menjalankan bisnisnya dan meminimalisir gangguan dari masyarakat.

7. Mengurangi Risiko Bisnis Suatu Perusahaan

Kegagalan merupakan suatu hal yang wajar dalam berbisnis. Ekspektasi dari stakeholder yang tidak bisa dipenuhi oleh perusahaan memicu risiko kerugian yang tidak diharapkan.

Disamping perusahaan akan menanggung kerugian, perusahaan juga akan mengeluarkan biaya yang berkali-kali lipat besarnya dibanding dengan biaya untuk kegiatan CSR.

Selain itu, program CSR mampu menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar, sehingga mengurangi adanya kerusuhan yang terjadi dengan perusahaan. Apabila terjadi perselisihan dapat diatasi dengan mudah.

Maka dari itu, alokasi biaya untuk mengatasi risiko dapat digun

8. Meningkatkan Akses Sumber Daya Bagi Kegiatan Operasional Perusahaan

Tak jarang masyarakat merasa dirugikan oleh perusahaan karena dinilai memanfaatkan sumber daya alam secara eksploitatif. Tentunya bisa berdampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan. 

Nah, manfaat CSR lingkungan yaitu menjadi salah satu solusi atas permasalahan yang terjadi. Walau dalam praktiknya perusahaan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, tetapi tidak lupa untuk selalu memperhatikan kondisi lingkungan.

Selain itu perusahaan dengan track record yang baik, mudah untuk mendapat sumber daya manusia yang kompeten dan unggul untuk kelangsungan perusahaan.

9. Salah Satu Manfaat CSR bagi Perusahaan yaitu Memperluas Pasar

Sebagian masyarakat mungkin belum mengenal perusahaan dengan baik, seperti produk apa yang dihasilkan oleh perusahaan. Manfaat CSR salah satunya yaitu memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat lebih luas lagi.

Hasilnya, loyalitas konsumen lama akan terus meningkat. Dengan mudah, perusahaan mendapatkan konsumen baru serta memperluas jaringan pasarnya.

10. Memperbaiki Hubungan dengan Stakeholder

Program CSR menjadi salah satu program sosial yang ditujukan untuk menjalin hubungan baik dengan stakeholder perusahaan. Stakeholder terbagi menjadi dua yaitu internal seperti pemegang saham, direksi, manajer, karyawan, dan keluarga karyawan dan stakeholder eksternal meliputi: masyarakat, komunitas, pemerintah, konsumen, pemasok, hingga penyalur.

Melalui program CSR ini, komunikasi yang terjadi di internal perusahaan maupun ke pihak eksternal akan terjalin dengan mudah dan lancar. 

11. Memperbaiki Hubungan dengan Regulator

Manfaat CSR tak hanya berhubungan dengan masyarakat, melainkan pemerintah juga. Program CSR perusahaan bisa meringankan beban pemerintah, karena memiliki tanggung jawab pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. 

Tanpa bantuan perusahaan, akan terasa berat untuk pemerintah dalam rangka mensejahterakan rakyat dan melestarikan lingkungan. 

Baca juga: No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Works Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan

Itulah penjelasan mengenai manfaat CSR bagi perusahaan. Sudah semestinya program CSR menjadi kewajiban setiap perusahaan karena begitu banyak dampak positif yang diterima oleh perusahaan.

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

FAQ

Apa yang dimaksud dengan CSR?

Sederhananya, CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap keadaan sosial dan lingkungannya yang ditujukan kepada masyarakat di sekitar perusahaan maupun masyarakat secara luas.

Apa tujuan utama CSR?

Tujuan utama Corporate Social Responsibility adalah meningkatkan citra perusahaan di mata pemerintah dan masyarakat.

Apa manfaat CSR bagi perusahaan?

Salah satu manfaat CSR bagi perusahaan yaitu Masyarakat dan stakeholder akan menaruh kepercayaan kepada perusahaan yang telah melaksanakan CSR.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan