Connect with us

Bisnis Lestari

Sustainability Report: Pengertian dan Manfaat bagi Perusahaan

Published

on

pengertian sustainability report

Sustainability atau keberlanjutan merupakan keseimbangan dari prinsip Triple Bottom Line yakni people, planet, dan profit

Di dalam perusahaan, dikenal dengan istilah sustainability report yang menjadi tren dan kebutuhan bagi perusahaan untuk melaporkan kinerjanya pada aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan kepada pemangku kepentingan perusahaan. Pemangku kepentingan atau stakeholder yang dimaksud meliputi pemegang saham, pemerintah, karyawan, hingga masyarakat secara umum.

Melalui laporan keberlanjutan, aktivitas yang dilakukan perusahaan dapat dilihat oleh semua pihak dan menjadikan perusahaan tidak menyalahi aturan yang menimbulkan kerugian berbagai pihak.

Apa Itu Sustainability Report?

Laporan keberlanjutan atau sustainability report adalah praktik pengukuran, pengungkapan, dan upaya akuntabilitas dari kinerja perusahaan/organisasi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan kepada para pemangku kepentingan secara internal maupun eksternal.

Pengertian lain menyebutkan bahwa sustainability report adalah laporan yang berdasarkan pada konsep sustainable development. Sementara itu, sustainable development bermakna sebagai terpenuhinya pembangunan saat ini tanpa mengurangi kebutuhan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Implementasi laporan keberlanjutan saat ini didukung oleh Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun 2007.

Jika secara global mengacu pada Global Reporting Initiative (GRI), di Indonesia memiliki National Center for Corporate Reporting (NCSR) merupakan organisasi pertama yang mengembangkan pelaporan keberlanjutan di Indonesia.

Mengapa Sustainability Report itu Penting?

Laporan keberlanjutan perusahaan dinilai sangat penting. Sebab, tujuan dari laporan ini untuk menginformasikan kinerja perusahaan dalam segi ekonomi, sosial, dan lingkungan serta sebagai bukti bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap stakeholder.

Selain itu, sustainability report membantu perusahaan untuk mentaati peraturan dan tuntutan para stakeholder. Perusahaan tidak sekadar mengeruk keuntungan, melainkan ikut serta dalam menjaga keseimbangan alam sekitar.

Baca juga: Apa itu Sustainability? Berikut Manfaat Bagi Bisnis dan Brand!

3 Dimensi Pengungkapan Sustainability Report

Menurut Global Initiative Reporting (GRI) G4 Guidelines, pengungkapan laporan keberlanjutan meliputi 3 dimensi, antara lain:

1. Ekonomi

Pada dimensi ekonomi yang berkelanjutan menyangkut peran perusahaan terhadap kondisi ekonomi para pemangku kepentingan dan sistem ekonomi di tingkat lokal, nasional, dan global. Isi yang dilaporkan, menekankan pada kontribusi perusahaan terhadap sistem perekonomian di sekitarnya.

2. Lingkungan

Dimensi lingkungan keberlanjutan melihat dampak dari sebuah perusahaan terhadap lingkungan hidup seperti ekosistem, tanah, air, dan udara. Di dalam laporan ini, mengungkapkan kinerja perusahaan dalam mengelola sumber daya air, bahan energi, keanekaragaman hayati, limbah, emisi, jasa dan produk, dan lainnya.

3. Sosial

Dimensi sosial yang berkelanjutan membahas dampak yang dimiliki perusahaan terhadap sistem sosial sesuai dengan perusahaan tersebut beroperasi.

Pada dimensi ini, mencakup pada praktik ketenagakerjaan dan kenyamanan dalam bekerja, hak asasi manusia yang diperhitungkan oleh perusahaan, dampak yang diterima masyarakat sekitar perusahaan, dan tanggung jawab atas jasa dan produk yang diberikan perusahaan kepada konsumen.

Sustainability report adalah
Infografis sustainability report oleh LindungiHutan

Manfaat Laporan Keberlanjutan

Laporan keberlanjutan memiliki manfaat bagi perusahaan secara, antara lain:

1. Meningkatkan Nilai Perusahaan

Nilai baik perusahaan dimata publik menjadi tujuan dari setiap perusahaan. Citra baik perusahaan dapat meningkatkan kemakmuran bagi stakeholder terutama pemegang saham, sehingga mereka akan lebih banyak menginvestasikan modalnya kepada perusahaan.

2. Meningkatkan Kinerja Keuangan

Pengungkapan laporan keberlanjutan secara luas dapat memberikan pengaruh besar kepada keuangan perusahaan baik secara mikro maupun dan makro. Para investor akan berdatangan dan bergabung mendukung kinerja perusahaan sehingga meningkatkan modal kerja dan kegiatan operasi perusahaan.

3. Membantu dalam Mengelola Risiko dan Tantangan

Setiap perusahaan dihadapkan dengan tantangan yang menguji pada ketahanan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Perusahaan juga harus memikirkan resiko apa yang bisa dihadapi dan bagaimana cara meminimalisir ataupun mencegahnya. 

Dengan sustainable report, perusahaan bisa mengantisipasi setiap tantangan yang datang dan memungkinkan perusahaan untuk bertahan lebih lama.

4. Meningkatkan Peluang Pengembangan Perusahaan di Masa Mendatang

Melalui laporan keberlanjutan ini perusahaan mampu membuat inovasi baru yang lebih ramah lingkungan dan menjadi peluang dalam menjalankan bisnis untuk kemajuan perusahaan di masa depan.

Sebab, bisnis yang ramah lingkungan lebih disukai oleh generasi muda saat ini.

5. Mengurangi Dampak Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola yang Buruk

Melihat dari 3 dimensi yang dituangkan dalam laporan berkelanjutan, perusahaan bisa mengetahui apa saja kegiatan yang berdampak baik dan yang harus diupayakan lebih baik bagi lingkungan, sosial, sehingga meminimalisir dari tata kelola yang buruk dari suatu perusahaan.

Dengan begitu, dapat menjadi tolak ukur dalam keberlanjutan perusahaan agar sesuai dengan regulasi dari stakeholders.

Baca juga: Pengungkapan Emisi Gas Rumah Kaca dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Komponen Sustainability Report

Setelah mengetahui manfaat dari sustainability report, kini saatnya mengenal komponen apa saja yang ada di dalamnya.

Sederhananya dalam menyusun laporan pasti ada standar penulisan. Begitu pula dalam laporan keberlanjutan ini, terdapat 8 komponen yang sering dicantumkan berdasarkan G4 Pedoman Pelaporan Keberlanjutan GRI, meliputi:

1. Pengungkapan Standar Umum

  • Strategi dan Analisis
  • Profil Organisasi
  • Aspek Material dan Boundary Teridentifikasi
  • Hubungan dengan Pemangku Kepentingan
  • Profil Laporan
  • Tata Kelola
  • Etika dan Integritas

2. Pengungkapan Standar Khusus

  • Pengungkapan Pendekatan Manajemen
  • Indikator

Baca juga: ISO 26000, Pedoman Pelaksanaan CSR untuk Perusahaan

Contoh Sustainability Report

Berikut ini merupakan contoh sustainability report yang bisa menjadi referensi bagi perusahaan Anda. Laporan berikut sepenuhnya merupakan milik perusahaan terkait, hanya saja menurut LindungiHutan Anda bisa melihatnya.

Berikut ini contoh laporan keberlanjutan dari beberapa perusahaan baik nasional maupun internasional:

FAQ

Apa yang dimaksud dengan sustainability report?

Sustainability report adalah pengungkapan dan upaya akuntabilitas dari kinerja perusahaan/organisasi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan kepada para pemangku kepentingan secara internal maupun eksternal.

Apa saja 3 dimensi pengungkapan sustainability report?

Dimensi ekonomi, lingkungan, dan sosial.

Apa manfaat laporan keberlanjutan bagi perusahaan?

Meningkatkan nilai perusahaan, meningkatkan kinerja keuangan, membantu dalam mengelola resiko dan tantangan, meningkatkan peluang pengembangan perusahaan di masa mendatang, dan mengurangi dampak lingkungan, sosial, dan tata kelola yang buruk.

Bersama LindungIHutan, Jalankan Program CSR Perusahaan Anda dengan Berdampak dan Berkelanjutan!

Kenapa bersama LindungiHutan? Hingga saat ini kami telah menanam +600.000 pohon di 40+ lokasi penanaman di Indonesia. LindungiHutan juga telah dipercaya oleh ratusan brand dan perusahaan untuk bersama-sama menjalankan program CSR dengan mudah, transparan, dan berdampak.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Sedekah Pohon LindungiHutan