Connect with us

Penggalang

Report: 5 Kampanye Alam Pohon Terbanyak di Bulan Februari 2023

Published

on

Report Kampanye Alam bulan Februari.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh kita untuk turut serta dalam aksi pelestarian lingkungan. Terlepas dari besar kecil dampak langsungnya terhadap lingkungan, tetapi apresiasi tetap harus diberikan bagi mereka yang memiliki kesadaran penuh akan hal tersebut.

Barangkali, ada seseorang yang memilih untuk melestarikan lingkungan melalui konten-konten di media sosialnya, ada pula yang menerapkan gaya hidup eco-friendly dalam kesehariannya, dan ada pula yang memilih untuk menanam pohon menghijaukan bumi.

Berbicara soal menanam pohon, LindungiHutan hadir untuk membantu kamu mewujudkan peran nyata dalam aksi pelestarian lingkungan. Kami ingin menanam pohon jadi satu hal yang menyenangkan dan mudah dilakukan. Bahkan, hanya melalui genggaman smartphone sekalipun.

Maka dari itu, bersama LindungiHutan kamu bisa melakukan penggalangan dana untuk aktivitas penghijauan. Konsepnya sederhana, kamu menginisiasi aksi penghijauan di suatu wilayah dan mengajak khalayak dengan cara membagikan halaman Kampanye Alam. Makin banyak orang yang terlibat dan berdonasi pohon, maka makin hijau pula lokasi penanaman yang ingin kamu hijaukan.

Nah, berikut ini adalah Kampanye Alam dengan jumlah pohon terbanyak (Perorangan/B2C) dalam bulan Februari 2023 ini! Ada apa saja?

Baca juga: Report: 5 Kampanye Alam dengan Jumlah Pohon Terbanyak dalam Bulan Januari 2023

1. 500 Pohon dari SMANITRA untuk Nusantara (500 Pohon)

Kampanye alam SMANITRA
Inisiasi Kampanye Alam SMANITRA.

Siswa-siswi yang tergabung dalam Majelis Permusyawaratan Kelas atau MPK SMANITRA tengah mengadakan event LCS, Let’s Clean SMANITRA. Sebagai event yang memiliki fokus pada lingkungan utamanya kebersihan dan penghijauan, MPK SMANITRA selalu berkomitmen untuk melakukan aksi nyata kepada lingkungan.

Tak hanya membatasi diri di lingkungan SMANITRA, mereka juga mengajak SMANITRANS agar ikut berkontribusi demi lingkungan Indonesia yang senantiasa hijau dengan melakukan kontribusi kecil. Kontribusi tersebut salah satunya adalah donasi.

Tahun 2023 ini, LCS hadir dengan membuka donasi untuk penanaman hutan di Indonesia. Lokasi yang diambil adalah Pantai Kartika Jaya di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pantai Kartika Jaya dipilih sebagai lokasi penanaman mangrove sebagai upaya untuk mencegah terjadinya abrasi yang makin parah.

Melalui Kampanye Alam ini, total terkumpul 500 Mangrove Rhizophora. Semoga, pohon-pohon tersebut benar-benar bisa membawa manfaat nyata bagi masyarakat sekitar Pantai Kartika Jaya.

2. Tree For Taeri (424 pohon)

Kampanye alam inisiasi fans Kim Taeri.
Fans Kim Taeri menginisasi Kampanye Alam dalam rangka perayaan idolanya.

Apakah kamu punya sosok yang diidolakan? Pernah kepikiran untuk memberikan sesuatu yang istimewa untuknya? Hadiah pohon bisa menjadi salah satu cara unik untuk menunjukkan rasa cinta atau kagum kepada sosok idolamu. Selain unik dan antimainstream, cara ini juga bermanfaat positif bagi lingkungan.

Belum lama ini, Kim Taeri Indonesia setiap tahun mengadakan “Tree for Taeri” menanam pohon di Indonesia dalam rangka ulang tahun Kim Taeri. Tahun ini dalam rangka ulang tahun Taeri ke-34 mereka menanam Mangrove Rhizophora di Pesisir Trimulyo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pesisir Trimulyo merupakan salah satu kawasan di Kecamatan Genuk, Semarang yang terdampak rob. Akibat aktivitas tambak yang pernah marak dilakukan meninggalkan jejak kerusakan ekosistem mangrove. Mangrove yang rusak mengakibatkan gelombang laut tidak dapat ditahan untuk menerjang daratan.

Maka dari itu, inisiasi penanaman mangrove menjadi solusi alternatif. Kim Taeri Indonesia sukses mengumpulkan 424 pohon.

3. Farming Route Mangrove Cirebon (239 Pohon)

Farming route mangrove Cirebon.
Total, ada 239 pohon yang berhasil terkumpul.

Selanjutnya ada Kampanye Alam yang dilakukan di Kabupaten Cirebon tepatnya Pesisir Pengarengan. Sebagai salah satu kawasan mangrove tertua di Kabupaten Cirebon, pesisir pengarengan menyimpan potensi besar untuk menjadi Kawasan Ekowisata Mangrove berbasis konservasi keanekaragaman hayati.

Hanya saja, meskipun potensi dan keanekaragaman hayati suatu kawasan hutan mangrove tinggi, tetapi jika tidak dijaga maka akan percuma juga. Jadi, upaya menjaga kelestarian perlu digalakan salah satunya melalui aksi penanaman. Melalui Kampanye Alam ini, ada 239 pohon yang terkumpul.

4. Protect Our Planet Starts with YU (166 Pohon)

Kampanye alam inisasi fans Kpop.
Krina Indonesia Union sukses menggelar Kampanye Alam penanaman mangrove di Kota Semarang.

Karina Indonesia Union membuat proyek Shine On Yu dalam rangka merayakan ulang tahun Karina, dan melestarikan alam adalah salah satu bagian dari proyek tersebut.

Maka dari itu, Karina Indonesia Union melalui LindungiHutan mengajak kita semua untuk membantu merawat bumi dengan cara melakukan penanaman 166 mangrove di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang atas nama Yu Jimin.

Tambakrejo dikenal sebagai desa nelayan dan terletak tepatnya di Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara. Abrasi yang terjadi mengikis daratan Tambakrejo dan mengakibatkan jarak pantai makin dekat. Banjir rob pun terjadi! Persoalan sampah juga menambah kompleksitas kondisi lingkungan di sana. Oleh sebab itu, dilakukan penanaman Mangrove rhizophora untuk menahan abrasi.

5. For Greener Surabaya (143 Pohon)

For Greener Surabaya.
Anak muda juga bisa ambil peran dalam pelestarian lingkungan.

Terakhir, ada Kampanye Alam yang diinisiasi oleh Mila. Kesadaran Mila akan dampak perubahan iklim seperti meningkatnya permukaan laut membuat dirinya menggalang Kampanye Alam. Bagi Mila salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah abrasi dan mendukung restorasi karbon biru adalah dengan menanam mangrove di kawasan Mangrove Wonorejo, Kota Surabaya.

Tentu, Mila sadar bahwa aksinya ini tidak bisa dilakukan seorang diri. Maka dari itu, dirinya membutuhkan bantuan kita semua untuk menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik bagi generasi kita dan selanjutnya. Total, ada 143 Mangrove yang terkumpul melalui Kampanye Alam ini.

Baca juga: Report: Total Jumlah Donasi Pohon dalam Bulan Januari 2023

Itulah 5 Kampanye Alam versi B2C dengan jumlah pohon terbanyak di Bulan Februari. Semoga, inisasi tersebut berbuah kebaikan bagi lingkungan maupun juga masyarakat. Mari #BersamaMenghijaukanIndonesia!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan