Connect with us

Mitra Hijau

Kolaborasi Tokopedia Bersama LindungiHutan Tanam 13.000 Pohon

Published

on

Tokopedia tanam 13000 mangrove

Salah satu startup terbesar di Indonesia, Tokopedia -bagian dari GoTo Group, perusahaan digital berbasis teknologi di Indonesia- menggandeng LindungiHutan dalam melakukan penanaman mangrove di beberapa wilayah di Indonesia. 

Aksi tersebut dilakukan sebagai upaya tercapainya misi keberlanjutan perusahaan. Tokopedia berkomitmen menjalankan misi “Three Zeroes: Zero Emission, Zero Waste, Zero Barriers” yang mereka targetkan pada tahun 2030. Seluruh karyawannya berfokus untuk mencapai target dengan memberikan dukungan kepada perusahaan atas tindakan baik yang perusahaan lakukan. 

Apa aksi nyata yang dilakukan Tokopedia untuk mewujudkan misi Zero Emission? Simak penjelasannya di bawah ini!

Tokopedia Jalankan Program CSR Bersama Nakama

Tokopedia jalankan CSR Lingkungan
Aksi lingkungan sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian alam

Dikutip dari laman Tokopedia, kegiatan Corporate Social Responsibiliy perusahaan berkomitmen untuk menjembatani dan meningkatkan kepedulian sosial guna memaksimalkan kapasitas dari kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Setiap langkah sosial yang dilakukan Tokopedia, tidak terlepas dari partisipasi berbagai pihak. Kolaborasi menjadi kunci demi meningkatkan taraf hidup masyarakat. Maka dari itu, gerakan ini disebut sebagai Bersama “Beraksi untuk Sesama”.

Program CSR Tokopedia, berfokus pada salah satunya aksi lingkungan. Mereka menyadari bahwa kelestarian harus dijaga dengan baik. Sebagai wujud nyata bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan, Tokopedia berkolaborasi dengan LindungiHutan melakukan konservasi lingkungan dan alam di beberapa tempat di Indonesia. 

Baca juga: Prosesnya Cepet Cukup 2 Minggu: Pengalaman Kolaborasi National Label dengan LindungiHutan

Tokopedia Tanam 13.000 Pohon Bersama LindungiHutan Sebagai Perwujudan Zero Emission

Tokopedia tanam 13000 mangrove
Pulau Pari menjadi salah satu lokasi penanaman 13.000 mangrove

Melalui inisiasi kampanye alam bertajuk “Nakamate Plant A Tree”, program CSR Tokopedia sukses menanam 13.000 mangrove jenis Rhizophora sp di berbagai lokasi di Indonesia. 

Aksi tersebut dilakukan serentak di 9 kota yang tersebar ke dalam 8 provinsi di Indonesia, yaitu Semarang (Jawa Tengah), Bekasi (Jawa Barat), Bontang (Kalimantan Timur), Kabupaten Badung (Bali), Makassar (Sulawesi Selatan), Jakarta (DKI Jakarta), Yogyakarta (DIY Yogyakarta), Toli-Toli (Sulawesi Tengah), dan Kepulauan Seribu (DKI Jakarta).

Penanaman mangrove dilakukan sebagai perwujudan komitmen Tokopedia dalam menjalankan misi “Three Zeroes: Zero Emission, Zero Waste, Zero Barriers” pada tahun 2030. Harapan kegiatan penanaman ini dapat mendukung kelestarian lingkungan dan berdampak positif bagi masyarakat.

Kegiatan penanaman ini merupakan perwujudan salah satu pilar dan inisiatif Tokopedia Bersama (Tokopedia Beraksi untuk Sesama), yakni ‘Aksi Lingkungan’. Pilar ini fokus pada dukungan terhadap aksi pelestarian lingkungan serta inovasi teknologi yang turut meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Aksi kolaborasi dengan berbagai pihak diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dan mendukung aksi pelestarian linkgungan demi penghidupan yang lebih baik,”

Ungkap Astri Wahyuni, Direktur Hubungan Masyarakat Tokopedia.

Perusahaan yang kini menjadi bagian dari GoTo Group ini melibatkan para karyawannya “Nakama” untuk ikut serta dan terlibat langsung dalam kegiatan penanaman. Serta, mengedukasi dan meningkatkan kepedulian para karyawannya terhadap isu lingkungan yang terjadi saat ini.

Acara seremonial tanam 13.000 mangrove dilakukan di Kota Semarang dengan mengundang Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat. Berbagai pihak ikut terlibat dalam aksi ini, menunjukkan bahwa #BersamaMenghijaukanIndonesia adalah tugas kita bersama.

Aksi kolaborasi dengan berbagai pihak ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dan mendukung aksi pelestarian lingkungan demi penghidupan yang lebih baik,”

Ucap Astri lebih lanjut

Inisiatif program CSR Tokopedia yang berkolaborasi dengan LindungiHutan patut dicontoh dan ditiru dalam menjaga kelestarian lingkungan. Penanaman mangrove merupakan salah satu langkah tepat dalam mencapai zero emission untuk bumi yang lebih baik. 

Hutan mangrove, menyimpan banyak fungsi antara lain:

  • Fungsi fisik : Akar mangrove mampu melindungi pantai dari abrasi air laut. Hutan mangrove mampu menahan angin dari laut, mengolah limbah beracun, menyerap gas karbondioksida, dan menghasilkan oksigen
  • Fungsi biologis : Hutan mangrove menjadi habitat alami berbagai jenis biota, tempat berlindung, dan berkembang biak makhluk hidup. Tempat mencari makan bagi makhluk hidup di ekosistem perairan.
  • Fungsi ekonomi : Pohon mangrove menghasilkan kayu untuk bahan bakar, menghasilkan bahan baku industri, tempat wisata, penelitian, dan pendidikan.

Baca juga: Good Services for Client: Kesan Kolaborasi CSR Lingkungan Bank Danamon Bersama LindungiHutan

Kita tidak boleh hanya berdiam diri, melihat bumi sedang tidak baik-baik saja. Mari, wujudkan aksi nyata perusahaan Anda bersama LindungiHutan!

Wujudkan Program CSR Perusahaan Anda dengan Mudah, Berdampak, dan Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

Kenapa LindungiHutan? Sampai saat ini, kami sudah menanam +600.000 pohon di +40 lokasi penanaman di Indonesia. Total, sudah ada +400 perusahaan maupun brand yang menjalin kolaborasi bersama LindungiHutan dalam mengupayakan dukungannya terhadap aksi pelestarian lingkungan dan menciptakan masa depan lebih baik bagi planet bumi!

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Rawat Bumi LindungiHutan