Connect with us

Nawala LindungiHutan

5 Lokasi Penanaman Pohon LindungiHutan Terfavorit Sepanjang Tahun 2023

Published

on

Lokasi Penanaman Pohon LindungiHutan

Tahun 2023 usai, sejenak LindungiHutan ingin merefleksikan segala upaya dan inisiatif dalam rangka membantu mewujudkan komitmen dan kepedulian publik terhadap lingkungan. Tak terasa ratusan kampanye alam dan penanaman pohon berhasil diinisiasi oleh berbagai pihak pada tahun ini.

Dalam prosesnya, LindungiHutan menjalin kerja sama dengan lebih 50 lokasi penanaman pohon yang tersebar di Indonesia. Kami melibatkan petani maupun kelompok masyarakat setempat untuk membantu proses hulu hingga hilir penanaman demi hasil yang maksimal.

Dari total 50 lokasi penanaman pohon yang ada, LindungiHutan mencatat 5 lokasi dengan jumlah pohon terkumpul terbanyak di tahun 2023.

5 Lokasi Penanaman Pohon Ini jadi Favorit, di Mana Saja?

  • Ibukota memang sarat dengan pembangunan, mobilitas yang tinggi, dan kondisi yang seolah-olah tidak menyisakan ruang bagi pohon dan hutan. Namun, bukan berarti kegiatan penanaman pohon tidak ada. Kawasa Ekowisata Mangrove PIK menjadi bukti atas aksi dan inisiatif penghijauan yang masih terus dilakukan di Jakarta. Tahun 2023, LindungiHutan mencatat ada sebanyak 18.709 pohon yang ditanam di Kawasan Ekowisata Mangrove PIK. Simak cerita lebih lanjut dalam artikel “Perjuangan Pak Ujang Jaga Pelestarian Hutan Mangrove Jakarta”
  • Masyarakat Pulau Pari Kepulauan Seribu merasakan dampak perubahan iklim dengan nyata. Bagaimana perubahan iklim membuat permukaan air laut semakin naik hingga intesitas banjir rob yang mulai kerap terjadi. Cerita lengkapnya bisa disimak melalui artikel “Perubahan Iklim Menuntut Keadilan Iklim, Edi dari Pulau Pari Menyampaikan Tuntutannya di Eropa”. Berkaca pada kondisi di lapangan, LindungiHutan bersama masyarakat setempat dan stakeholder terkait mengupayakan aksi penghijuan sebagai langkah mitigasi perubahan iklim. Total, ada 16.979 pohon yang berhasil ditanam di Pulau Pari Kepulauan Seribu sepanjang tahun 2023.
  • Kemudian, ada pesisir Trimulyo Semarang di mana kegiatan penanaman pohon mangrove dilakukan sebagai upaya restorasi hutan mangrove. Mengingat, persoalan banjir rob dan abrasi masih kerap terjadi di sini. Bagaimana kondisi di lapangannya? Cek artikel kami “Pantai Trimulyo Semarang dan Dampak Ekonomi Akibat Rusaknya Mangrove“. Di tahun 2023 ini 15.139 pohon berhasil terkumpul pada tahun 2023.
  • Masih di Kota Semarang tepatnya di Pantai Mangunharjo, aksi penanaman pohon dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi dan banjir rob di kawasan pesisir. Sururi selaku tokoh masyarakat dan lingkungan di pesisir Mangunharjo menceritakan bagaimana kondisi di lapangan. Cerita tersebut bisa Anda baca dalam “Semangat Sururi Menjaga Hutan Mangrove Pantai Mangunharjo Semarang”. Sebanyak 13.783 pohon berhasil terkumpul pada tahun 2023 untuk penanaman pohon di Pantai Mangunharjo Semarang.
  • Terakhir ada pesisir Tambakrejo Semarang yang juga berjuang melawan ancaman abrasi dan banjir rob. Kelompok CAMAR bersama masyarakat dan pihak terkait mulai menginisiasi penanaman mangrove sejak lama. Cerita perjuangan mereka bisa Anda simak dalam “Kelompok CAMAR Pesisir Tambakrejo Semarang Tanam 500 RIBU pohon dan Hijaukan 3 Ha Lahan”. Di tahun ini, jumlah pohon terkumpul 8.525 pohon sepanjang tahun 2023.

LindungiHutan Menanam 700 RIBU Lebih Pohon di 45+ Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan