Connect with us

Mitra Hijau

3 Organisasi Nirlaba di Indonesia Upayakan Penghijauan Bersama LindungiHutan

Published

on

aksi penghijauan organisasi nirlaba Indonesia

Organisasi nirlaba adalah suatu organisasi yang mendukung suatu isu untuk mewujudkan kepentingan bersama dan tidak berorientasi dalam mencari laba/kekayaan. Dalam bahasa Inggris, organisasi nirlaba disebut dengan nonprofit organization/non-government organization. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, dikenal sebagai organisasi non profit atau lembaga swadaya masyarakat.

Organisasi nirlaba di Indonesia memiliki manfaat dan membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peran LSM sangat menolong masyarakat dan dinilai mampu menyalurkan aspirasi kepada pemerintah. Selain itu, beberapa organisasi nirlaba juga menaruh perhatian pada isu lingkungan yang terjadi.

Beberapa LSM di Indonesia telah membuat aksi nyata dalam menjaga lingkungan seperti melakukan penanaman pohon bersama LindungiHutan. LindungiHutan merupakan platform penggalangan dana secara online untuk kegiatan konservasi hutan dan lingkungan.

Daftar Organisasi Nirlaba yang Mendukung Aksi Penanaman Pohon di Indonesia

3 Contoh organisasi nirlaba di Indonesia yang melakukan penanaman pohon dengan LindungiHutan:

1. Motion for Nature: Organisasi Peduli Lingkungan Tanam 300+ Pohon Alpukat di Kabupaten Samosir

Motion for nature
Penanman pohon alpukat Motion for Nature dibantu oleh mitra petani dan penggerak lainnya. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Motion for Nature adalah organisasi nirlaba yang bercita-cita mengedukasi para generasi milenial tentang isu-isu lingkungan saat ini. Melalui podcast, postingan di sosial media, dan acara interaktif di Zoom atau IG Live, organisasi ini memberikan pengetahuan tentang lingkungan.

Organisasi ini merupakan perkumpulan bagi setiap orang yang peduli terhadap lingkungan yang tidak hanya sebatas teori atau ucapan belaka, namun diwujudkan melalui aksinya. Sesuai dengan mottonya ‘One Act, Giant Impact’, Motion for Nature membuat satu aksi yang menghasilkan dampak besar bagi lingkungan.

Bersama LindungiHutan, Motion for Nature berhasil mengumpulkan sebanyak 324 bibit pohon alpukat dan berhasil ditanam di Hutan Ulayat, Kabupaten Samosir pada 11 April 2021 melalui kampanye alam bertajuk ‘Shop for a Cause: 1 Tas, 1 Pohon’. Setiap keuntungan dari penjualan canvas tote bag digunakan untuk menanam satu pohon. 

Baca juga: Aksi Nyata Penghijauan 3 Brand Kerajinan Kayu di Indonesia

2. BenihBaik: Salah Satu Organisasi Nirlaba di Indonesia Upayakan Penghijauan untuk Indonesia

BenihBaik
Benih Baik tanam 500 jambu air di Bukit Awi Poleng. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

BenihBaik merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh Andy Flores Noya, Firdaus Juli, dan Khristiana Anggit Mustikaningrum. Organisasi ini peduli dalam berbagai isu sosial, kemanusiaan, keagamaan, kebudayaan, dan kesejahteraan sosial lainnya yang terjadi di masyarakat. Maka dari itu, pada founder dari BenihBaik menghadirkan sebuah platform penggalangan dana untuk masyarakat secara sukarela. 

Selain memberi  manfaat bagi sesama manusia, BenihBaik memberikan manfaat kepada alam. Dengan menjalin kerja sama dengan LindungiHutan, menjadi langkah nyata bagi BenihBaik upayakan program penghijauan di Kabupaten Bandung.

Pada 21 November 2022, BenihBaik sukses menanam sebanyak 500 bibit jambu air di Awi Poleng Kabupaten Bandung dalam kampanye alam bertajuk ‘Program Restorasi Hutan Awi Poleng’. Aksi BenihBaik menjaga keseimbangan ekokistem hutan dan alam menjadi langkah menuju Indonesia yang lestari.

3. Yayasan Indorelawan: Komunitas Relawan di Indonesia Kumpulkan 508 Mangrove untuk Penghijauan

Indorelawan adalah organisasi nirlaba berbasis online yang mempertemukan organisasi sosial yang membutuhkan relawan dengan siapapun yang ingin menjadi relawan. Mimpi besar organisasi ini adalah melihat kegiatan menjadi relawan sebagai gaya hidup. Relawan bukan lagi kegiatan sosial yang eksklusif tetapi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. 

Sejalan dengan misi utama organisasi ini, Indorelawan membuat kolaborasi antara relawan dengan organisasi/komunitas dengan misi sosial menjadi lebih mudah melalui platform Indorelawan.org. Melihat kondisi lingkungan yang semakin menurun setiap tahunnya dikarenakan perubahan iklim, Indorelawan ingin berkontribusi untuk menjaga lingkungan, salah satunya melalui penanaman mangrove.

Melalui kampanye alam ‘Seraya : Bersama Rayakan Kebaikan’, Yayasan Indorelawan berhasil mengumpulkan 508 bibit mangrove yang akan ditanam di Pantai Bahagia pada 10 Juli 2023.

Baca juga: 4 Perusahaan Retail di Indonesia Laksanakan Program Penghijauan Jaga Kelestarian Lingkungan

Ingin seperti organisasi nirlaba di atas lakukan penanaman pohon sebagai bentuk gerakan peduli lingkungan? LindungiHutan mengajak kalian semua untuk kampanyekan program penghijauan di Indonesia. Jalin kerja sama bersama kami dengan mudah, berkelanjutan, dan transparan.

Pilih program kerja sama melalui Impact CSR maupun CollaboraTree. LindungiHutan siap membantu Anda. Segera kunjungi website LindungiHutan dan mari berkolaborasi bersama!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan