Connect with us

Mitra Hijau

Aksi Nyata Penghijauan 3 Brand Kerajinan Kayu di Indonesia

Published

on

Brand kerajinan kayu di Indonesia lakukan penghijauan

Dahulu, kayu hanya dibuat sebagai bahan pembuatan furniture seperti lemari pakaian, meja, kursi, pintu, dan perabotan lainnya.

Seiring berkembangnya waktu, banyak brand-brand kerajinan kayu bermunculan dengan inovasi baru, mengolah kayu menjadi gelas, alat makan, botol minum, hingga kotak tisu. Produk yang mereka ciptakan sangatlah unik dan dapat digunakan sebagai gift atau hampers kekinian untuk orang terdekat maupun hadiah dalam acara resmi perusahaan. Seperti contoh produk dari brand kerajinan kayu di Indonesia Kaisae, SAE Wooden, dan Dekayu.

Disamping itu, mereka juga menyadari bahwa bahan dasar kayu yang mereka gunakan berasal dari alam dan patut dijaga kelestariannya. Oleh karena itu, Kaisae, SAE Wooden, dan Dekayu membuat gerakan penghijauan bersama LindungiHutan untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan.

Brand Kerajinan Kayu Asal Indonesia Lakukan Penanaman Pohon di Berbagai Daerah

Tiga contoh brand kerajinan kayu lokal dukung kelestarian lingkungan bersama LindungiHutan, antara lain:

1. Kaisae: Dukung Kelestarian Lingkungan dengan Menanam Pohon Trembesi di Jawa Barat dan Kalimantan Barat

aksi penghijauan kaisae
Kaisae tanam ribuan pohon di Bukit Puntong Sumiak, Kalimantan Barat. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kaisae adalah anak dari brand Greenbelle yang sudah berdiri sejak tahun 2017. Brand ini menyediakan jasa pembuatan merchandise dan souvenir dengan menggunakan bahan-bahan alami dari kayu dan bambu. Kualitas produknya unik, ramah lingkungan, dan tentunya berkualitas tinggi.

Bahan-bahan yang dihasilkan berasal dari sumber yang bertanggung jawab. Keuntungan dari setiap produk yang mereka jual, mereka sisihkan untuk kegiatan konservasi hutan. Selain itu, Kaisae berkomitmen dalam menjaga alam dengan melakukan penanaman pohon bersama LindungiHutan.

Melalui kampanye alam bertajuk ‘One To Tree : ONE purchase = 5% profit TO plant TREE.’, Kaisae berhasil mengumpulkan dan menanam sebanyak 215 pohon trembesi di Gunung Salak Endah Bogor pada 9 Januari 2022.

Selanjutnya, Kaisae kembali lakukan kolaborasi bersama LindungiHutan pada kampanye alam ‘Kaisae Hijaukan Indonesia’ dan berhasil mengumpulkan sebanyak 1.013 bibit trembesi dan ditanam pada 26 Februari 2023 di Bukit Puntong Sumiak, Kabupaten Landak.

Baca juga: 4 Perusahaan Retail di Indonesia Laksanakan Program Penghijauan Jaga Kelestarian Lingkungan

2. SAE Wooden: Brand Kerajinan Kayu Asal Jepara Ikut Serta dalam Pelestarian Hutan di 3 Kabupaten

brand kerajinan kayu sae wooden
Selamatkan Bedono, SAE Wooden tanam 349 bibit mangrove. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

SAE Wooden merupakan brand kerajinan kayu lokal yang membuat aneka rupa alat rumah tangga, dekorasi, mainan, dan custom product yang terbuat dari kayu jati. Brand ini berasal dari Jepara Provinsi Jawa Tengah. Dalam bahasa Jawa, SAE artinya bagus, sedangkan dalam bahasa Inggris Wooden berarti terbuat dari kayu.

Produk kerajinan kayu dari SAE Wooden menampilkan keunikannya seperti mug bermotif peta Indonesia dan produk kriya yang berkonsep seperti stupa Candi Borobudur. Beberapa kerajinan kayu dari brand ini sudah menembus 8 negara, seperti contoh Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat.

Bentuk kepedulian terhadap lingkungan, senantiasa mengiringi perjalanan bisnis SAE Wooden. Dengan berkolaborasi bersama LindungiHutan, SAE Wooden membuat sebuah kampanye alam bertajuk ‘Gotong Royong Selamatkan Bedono’ dan sukses mengumpulkan sebanyak 349 bibit mangrove dan penanaman dilakukan pada 5 September 2021 di Desa Bedono, Kabupaten Demak.

Pada tahun selanjutnya, melalui kampanye alam ‘Gotong Royong Selamatkan Tambakrejo’ SAE Wooden berhasil melakukan penanaman sebanyak 274 mangrove di Pesisir Tambakrejo Kota Semarang pada 9 Agustus 2022. 

Pada bulan Januari 2022, SAE Wooden berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp3.180.000 dan berhasil mendonasikan sebanyak 623 pohon untuk kampanye alam ‘Gotong Royong Selamatkan Lumajang’.

Baca juga: PT Sunindo Adipersada Tbk Tanam 1.000 Mangrove di Kepulauan Seribu

3. Dekayu: Wujudkan Peduli Lingkungan Tanam 250 Mangrove di Demak

aksi penghijauan dekayu
Penanaman 250 mangrove dari Dekayu untuk Desa Bedono. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Dekayu Wooden Craft and Gift merupakan brand yang bergerak dalam bidang kerajinan kayu. Pada awalnya, brand ini memanfaatkan sisa-sisa kayu dari pembuatan furniture kemudian diolah kembali menjadi lampu tidur dan tatakan gelas. Bermula dari ide sederhana untuk menambah nilai guna dari produk yang dihasilkan, kini Dekayu menyediakan berbagai produk tableware dan dekorasi rumah berbahan dasar kayu.

Dekayu selalu ingin memberikan produk terbaik sebagai bentuk perhatian kepada keluarga, sahabat, maupun kolega. Keyakinan untuk memberi, merupakan cara terbaik untuk menikmati hidup ini. Memberi kepada alam, merupakan bentuk kepedulian dalam menjaga kelestarian bumi yang kita cintai. 

Sejalan dengan prinsip Dekayu yaitu sustainability, mengantarkan brand ini untuk berkolaborasi bersama LindungiHutan. Pada kampanye alam ‘Nation & Action bersama Dekayu untuk Desa Bedono’, Dekayu berhasil menanam 250 mangrove di Desa Bedono, Kabupaten Demak pada tahun 2021.

Baca juga: 5 Brand Sepatu Kolaborasikan Penghijauan Bersama LindungiHutan

Itulah 3 brand kerajinan kayu yang berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam kegiatan pelestarian hutan dan lingkungan. Mari jalin kerja sama dan berdampak untuk lingkungan kita!

FAQ

Apa saja brand kerajinan kayu dari Indonesia yang mendukung program penghijauan bersama LindungiHutan?

Kaisae, Sae Wooden, dan Dekayu.

Bagaimana cara bekerja sama dengan LindungiHutan?

Silakan kunjungi halaman LindungiHutan.com/collaboratree dan isikan data serta tujuan Anda bekerja sama. Setelah itu, Tim LindungiHutan akan menghubungi Anda jika informasi yang Anda berikan telah lengkap.

Mengapa harus bekerja sama dengan LindungiHutan?

Sebab bekerja sama dengan lindungihutan itu mudah dan berkelanjutan, dapat meningkatkan citra baik brand/perusahaan di mata publik, menumbuhkan kredibilitas bisnis dan kepercayaan stakeholder terhadap brand/perusahaan, menaikan penilaian investor dan pemegang saham perusahaan, serta skema kerjasama, biaya, dan lokasi kegiatan dapat diatur dan dibicarakan.

Sedekah Pohon LindungiHutan