Connect with us

Mitra Hijau

Alt Perfumery & Space by Alt Inisiasi Penghijauan di Kota Semarang

Published

on

aksi penghijauan alt perfumery

Alt Perfumery & Space by Alt merupakan local brand dengan fokus usaha yang bergerak di bidang fragrance. Beberapa produk/layanan yang dihadirkan oleh Alt Perfumery & Space by Alt antara lain Morrocan Sunset, Tahiti Sunrise, Foxy, Uptown, dan lain-lain.

Dalam menjalankan praktik dan proses bisnisnya, Alt Perfumery & Space by Alt senantiasa berkomitmen untuk memprioritaskan perlindungan dan pelestarian lingkungan serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sudah menjadi komitmen yang terwujud dalam kebijakan dan nilai Alt Perfumery & Space by Alt untuk turut serta mengendalikan dampak lingkungan secara signifikan yang terkait dengan kegiatannya.

Alt Perfumery & Space by Alt Tanam 1.021 Mangrove di Pesisir Tambakrejo

Komitmen Alt Perfumery & Space by Alt dalam mewujudkan lingkungan yang lestari diwujudkan dalam aksi penghijauan. Bersama LindungiHutan, Alt Perfumery & Space by Alt menginisiasi kampanye alam bertajuk “Space for Life” sebagai bentuk kontribusi nyata pelestarian alam.

Melalui kampanye alam tersebut, 1.021 mangrove sukses ditanam di Pesisir Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang pada tanggal 18 Mei 2023. Penanaman berlangsung dengan lancar dan dibantu oleh Yazid.

Upaya yang dilakukan oleh Alt Perfumery & Space by Alt untuk turut serta #BersamaMenghijaukanIndonesia sudah semestinya kita apresiasi bersama.

Alt Perfumery & Space by Alt tak lupa akan peran dan tanggung jawabnya untuk bersama-sama ikut menjaga dan melestarikan bumi. Harapannya, inisiasi kampanye alam ini dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat.

Terlebih, kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam perlu ditanamkan dan dipraktikkan oleh banyak orang serta berbagai pihak. Kami percaya, makin banyak ‘tangan’ yang terlibat maka semakin banyak pula mereka yang turut menjaga.

Baca juga: BCA Life Tanam 1.999 Mangrove Untuk CSR Penghijauan di Kota Semarang

Keadaan Lingkungan Pesisir Tambakrejo yang Perlu Diperhatikan

Pemilihan Pesisir Tambakrejo sebagai lokasi penanaman tentu bukan tanpa pertimbangan, mengingat terdapat beberapa persoalan lingkungan yang melingkupinya.

Walaupun memiliki nama asli Tambakrejo, tetapi penyebutan ‘Tambak Lorok lebih dikenal oleh masyarakat luas. Mengapa demikian? Penyebutan lingkungan Tambak Lorok lantaran wilayah permukiman nelayan ini selalu mengalami pergeseran tanah atau dalam Bahasa Jawa masyarakat sering menyebutnya nglorok yang artinya merosot. Posisinya yang berada di pesisir lautan atau lebih tepatnya di Pelabuhan Tanjung Mas, Kota Semarang membuat Pesisir Tambakrejo juga terancam abrasi jika tidak dilakukan penjagaan pantai dengan penanaman konservasi hutan bakau.

Karena faktanya, sebuah makam di Pesisir Tambakrejo sudah tenggelam akibat abrasi yang melanda daerah setempat. Makam yang terletak di pinggir pantai tersebut terkepung air laut dan terendam hingga menyisakan sebagian nisannya saja. Bukan hanya itu, akses jalan kaki sekitar 200 meter dari perkampungan juga terendam air laut. Jadi, bagi mereka yang ingin berkunjung ke areal makam mau tak mau mereka harus melalui genangan air yang dipenuhi oleh sampah. 

Berkaca pada kondisi tersebut, membuat Pak Yazid bersama Kelompok CAMAR melakukan penanaman mangrove di sepanjang bibir pantai. Pak Yazid bersama Kelompok CAMAR hadir mengupayakan penghijauan di wilayah pesisir Tambakrejo. Terhitung, ada lebih dari 170,000 bibit mangrove yang telah ditanam oleh Kelompok CAMAR dengan luasan sekitar 2 hektare. 

Berkaca kepada kondisi lingkungan di daerah Pesisir Tambakrejo, LindungiHutan bersama Alt Perfumery & Space by Alt mengambil inisiasi penanaman 1.021 pohon mangrove sebagai langkah konservasi dan restorasi lingkungan.

Selain dari sisi ekologi, partisipasi penanaman pohon ini juga telah mendukung poin-poin program Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8).

Baca juga: Scarlett Sukseskan Pengijauan Tanam 1.000 Mangrove di Kabupaten Indramayu

Manfaat Menanam Pohon Mangrove

Alt perfumery tanam mangrove
Mangrove menyimpan banyak potensi dan manfaat untuk lingkungan. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Rhizophora mucronata merupakan tanaman bakau yang paling sering ditemukan di ekosistem mangrove Indonesia. Berdasarkan hasil penilaian kesesuaian lahan, Rhizophora mucronata sangat cocok untuk ditanam di Pesisir Tambakrejo.

Mangrove memiliki manfaat dari segi ekologi dan ekonomi. Manfaat ekologi dari Rhizophora mucronata antara lain:

  • Menghasilkan O2 dan menyerap emisi CO2
  • Akarnya memperkuat struktur tanah di daerah pesisir sehingga mencegah penurunan muka tanah dan eros
  • Memecah ombak, mengurangi abrasi, dan mengurangi dampak tsunami
  • Buahnya menjadi sumber makanan bagi hewan mangrove seperti monyet, bekantan, kepiting bakau, dan burung
  • Formasi pohon menjadi habitat tempat berlindung hewan air seperti kepiting bakau, udang, burung, dan ikan

Sementara itu, manfaat menanam mangrove dari segi ekonomi seperti:

  • Kayu digunakan untuk kayu bakar dan mebel,
  • Tanin dari kayu dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami,
  • Daun dapat diolah menjadi keripik,
  • Memperbaiki ekosistem tambak udang dan ikan dengan menghasilkan fitoplankton dan zooplankton.

Baca juga: Pesisir Tambakrejo Semarang, Cikal Bakal Lokasi Penanaman LindungiHutan

Wujudkan CollaboraTree Bersama LindungiHutan Dukung Kelestarian Lingkungan

Melaksanakan program kebaikan dan peduli lingkungan brand Anda tidak perlu menyita waktu dan tenaga. Melalui CollaboraTree, LindungiHutan bantu wujudkan aksi nyata brand peduli lingkungan untuk kelestarian hutan.

Sederhanannya, CollaboraTree merupakan sebuah program untuk brand peduli lingkungan agar dapat merealisasikan kepeduliannya menjadi bentuk nyata dengan aksi penghijauan bersama LindungiHutan.

Berikut ini 5 alasan brand/perusahaan Anda perlu menjalin kerja sama dengan LindungiHutan yaitu:

  1. Mudah dan berkelanjutan, LindungiHutan menjalin kerja sama dengan Penggerak penghijauan dan petani hutan untuk mempermudah proses penanaman dan memberikan manfaat ekonomi dan sosial kepada masyarakat sekitar hutan.
  2. Meningkatkan citra baik brand/perusahaan di mata publik.
  3. Menumbuhkan kredibilitas bisnis dan kepercayaan konsumen, karyawan, mitra usaha, vendor atau auditor terhadap komitmen brand/perusahaan untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan publik.
  4. Menaikan penilaian investor dan pemegang saham perusahaan.
  5. Skema kerja sama, biaya, dan lokasi kegiatan dapat diatur dan dibicarakan.
Rawat Bumi LindungiHutan