Connect with us

Lingkungan

Mudik Lestari: 5 Hal ini Perlu Disiapkan agar Mudikmu Nyaman, Aman dan Ramah Lingkungan

Published

on

Mudik lestari

Ramadhan 2024 sudah memasuki penghujung bulan. Tak terasa sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Idul Fitri. Tak terasa pula, banyak dari kita yang akan mudik ke kampung halaman merayakan hari raya bersama keluarga. 

Mudik merupakan tradisi tahunan yang dinanti oleh banyak orang. Namun, tantangan terbesar adalah menjaga agar perjalanan ini tidak hanya nyaman dan aman tetapi juga ramah lingkungan. Berikut ini, LindungiHutan bagikan lima tips penting untuk mudik lestari yang harus Anda persiapkan!

1. Pastikan Keadaan Rumah Sebelum Pergi

Mudik memang seru dan paling ditunggu-tunggu. Tapi ingat jangan buru-buru, pastikan dahulu rumah yang akan ditinggalkan sudah dalam kondisi rapi, aman, dan tentunya bersih. Pastikan semua sampah sudah dibuang, colokan dan stop kontak tidak ada yang menyala atau tersambung.

Jangan lupa pakaian kotor semua sudah dicuci! Intinya jangan menimbun barang-barang kotor seperti pakaian, alat makan/alat memasak, sampah, dan sebagainya! Terakhir, pastikan barang berharga disimpan di tempat yang aman. Pastikan juga kunci pintu dan ruangan-ruangan yang ada. Terakhir, kamu bisa beritahu RT atau tetanggamu yang tidak mudik untuk ikut memperhatikan kondisi rumah selama ditinggalkan. 

2. Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum berangkat, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Pemeriksaan kendaraan tidak hanya mengurangi risiko kecelakaan tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar, yang berkontribusi pada pengurangan emisi karbon. 

Untuk menghitung besar jejak karbon yang dihasilkan selama perjalanan mudik, Anda bisa menggunakan carbon calculator Imbangi. Dengan kalkulator jejak karbon Imbangi, Anda bisa menghitung besar emisi yang dihasilkan dari berbagai jenis kendaraan seperti motor, mobil, bus, dan lain sebagainya.

Caranya juga gampang, hanya perlu satu dua langkah, jejak karbon yang dihasilkan sudah bisa ketahuan!

Hitung Jejak Karbon Perjalanan Anda dengan Kalkulator Jejak Karbon Imbangi!

Kalkulator-jejak-karbon-Imbangi-

3. Bawa Perlengkapan Ramah Lingkungan, Minimalisir Penggunaan Plastik

Mulai dari botol air isi ulang, tas belanja yang bisa dipakai kembali, hingga peralatan makan sendiri. Membawa perlengkapan ramah lingkungan dapat mengurangi sampah plastik selama perjalanan. Ingat, selain lebih praktis dan bersih, sampah plastik yang minim juga membantu lingkungan jadi lebih bersih dan lestari!

4. Bawa Perlengkapan yang Ramah Lingkungan

Pilih produk perawatan pribadi dan kebersihan yang ramah lingkungan. Produk-produk ini tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Misalkan, kamu bisa membawanya dari rumah alih-alih membelinya di jalan. 

5. Buang Sampah pada Tempatnya

Terakhir, tapi paling sering dilupakan yaitu buah sampah pada tempatnya. Acapkali supaya lebih praktis atau karena sedang dalam perjalanan dan terburu-buru lantas membenarkan buang sampah sembarangan.

Padahal, Anda bisa menyimpannya dalam kantong atau plastik bekas yang cukup besar untuk menampungnya terlebih dahulu. Barulah nanti ketika sudah menemukan tempat sampah, silakan sampah-sampah yang terkumpul itu dibuang!

Mudik lestari bukan hanya tentang menciptakan pengalaman perjalanan yang nyaman dan aman, tetapi juga tentang bertanggung jawab terhadap lingkungan. 

Dengan mempersiapkan kelima hal di atas, Anda tidak hanya dapat menikmati perjalanan mudik yang lancar tetapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Mari kita jadikan tradisi mudik sebagai bagian dari upaya kita untuk hidup lebih berkelanjutan.

Wujudkan Aksi Kebaikanmu dalam Sedekah Pohon LindungiHutan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan