Connect with us

Lingkungan

Dalil Keutamaan Menanam Pohon dalam Islam: Menyemai Kebaikan untuk Dunia dan Akhirat

Published

on

Menanam pohon dalam islam

Dalam kehidupan ini, setiap tindakan yang kita lakukan dapat membawa dampak bagi diri sendiri, lingkungan, dan juga kehidupan akhirat kita. Islam, sebagai agama yang mengajarkan keseimbangan antara dunia dan akhirat, memberikan panduan yang sangat jelas tentang berbagai aspek kehidupan, termasuk tentang pentingnya menjaga lingkungan. 

Salah satu ajaran yang sangat ditekankan adalah keutamaan menanam pohon dalam Islam, yang tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan di dunia tapi juga sebagai amal jariyah yang terus mengalir pahalanya. Artikel ini akan mengupas dalil keutamaan menanam pohon dan mengapa aksi ini sangat dianjurkan.

Keutamaan Menanam Pohon dalam Islam

“Dari salah seorang sahabat ra, ia mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Siapa saja yang menanam pohon lalu sabar menjaga dan merawatnya hingga berbuah, maka setiap peristiwa yang menimpa buahnya akan bernilai sedekah bagi penanamnya di sisi Allah,’”

ISLAM.NU.OR.ID

Hadis ini menunjukkan betapa luasnya manfaat menanam pohon, tidak hanya bagi manusia tapi juga bagi makhluk hidup lainnya.

Manfaat Menanam Pohon dalam Islam

Menanam pohon merupakan salah satu cara praktis untuk menerapkan prinsip keseimbangan dan harmoni dengan alam yang diajarkan Islam. Pohon tidak hanya berfungsi sebagai penyerap karbon dioksida dan penghasil oksigen, tapi juga sebagai habitat bagi berbagai spesies, sumber makanan, dan peneduh. 

Dalam konteks lebih luas, menanam pohon juga membantu mencegah erosi tanah, menjaga kualitas air, dan mengurangi pemanasan global, yang semua ini sejalan dengan prinsip menjaga keseimbangan dan menjaga bumi yang diajarkan Islam.

Amal Jariyah Menanam Pohon

Tiada seorang Muslim yang menanam pohon atau tumbuhan lalu dimakan oleh seseorang, hewan ternak, atau apapun itu, melainkan ia akan bernilai sedekah bagi penanamnya.” (HR Muslim).

islam.nu.or.id

Ini menunjukkan bahwa menanam pohon adalah amal jariyah yang terus mendatangkan pahala selama pohon itu terus bermanfaat, bahkan jika kiamat sudah dekat sekalipun.

Tindakan Ramah Lingkungan dalam Islam

Islam mengajarkan umatnya untuk hidup harmonis dengan alam. Menanam pohon adalah salah satu dari sekian banyak tindakan ramah lingkungan yang dianjurkan dalam Islam. Ini merupakan refleksi dari kesadaran untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan dan menjaga bumi sebagai amanah Allah SWT.

Dalil keutamaan menanam pohon dalam Islam mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga alam sekitar dan memberikan manfaat tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi makhluk hidup lain dan lingkungan secara keseluruhan. 

Melalui aksi sederhana seperti menanam pohon, kita bisa menyemai kebaikan yang akan terus berbuah pahala, menjadikan tindakan ini sebagai investasi untuk kehidupan akhirat. 

Mari kita jadikan menanam pohon sebagai bagian dari rutinitas kita, sebagai wujud nyata ibadah kepada Allah SWT dan kontribusi positif kita terhadap bumi.

Wujudkan Aksi Kebaikanmu dalam Sedekah Pohon LindungHutan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan