Connect with us

Bisnis Lestari

Apa Itu Etika Bisnis Islam, Bagaimana Penerapannya?

Published

on

Etika bisnis Islam

Islam memiliki etika/kaidah/norma yang dapat diimplementasikan dalam praktik bisnis sehari-hari. Bagaimana kemudian nilai-nilai yang mendasari etika bisnis islam memengaruhi cara berbisnis dalam era modern. Berikut penjelasan lengkapnya!

Pengertian Etika Bisnis Islam

Sederhananya adalah, bagaimana seseorang menjalankan bisnisnya sesuai dengan moral, nilai-nilai, dan kaidah dalam Islam.

Etika bisnis Islam merupakan suatu moralitas dalam menjalankan aktivitas bisnis yang mempergunakan nilai-nilai agama Islam. Dalam praktik bisnisnya, tidak ada kekhawatiran yang perlu dirasakan karena telah diyakini sebagai hal yang benar.

Etika bisnis Islam mengacu pada Al-Qur’an dan hadist sebagai panduan serta strategi dalam pelaksanaan bisnis yang bermoral. Dalam konteks bisnis ini, ditekankan banyak kebaikan yang memberikan manfaat bagi banyak orang pada setiap kesempatan.

Prinsip-Prinsip Etika Bisnis dalam Islam

Prinsip-prinsip etika bisnis Islam menurut Wati, dkk (2022), dibagi menjadi lima, di antaranya:

1. Unity (Tauhid)

Konsep tauhid (dimensi vertikal) berarti Allah SWT telah menentukan batasan tertentu terhadap perbuatan manusia sebagai khalifah, agar memberikan manfaat pada seseorang tanpa harus mengorbankan hak-hak individu lainnya. Termasuk dalam menjalankan aktivitas bisnis tidak akan gampang menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan-Nya.

2. Equilibrium (Keseimbangan)

Keunggulan dalam berbinsis tidak terbatas pada mencari dan meningkatkan profit semata, yang menyebabkan pengabaian terhadap kepentingan orang lain seperti konsumen. Melainkan, tujuannya adalah menjaga keseimbangan di antara semua pihak yang terlibat sehingga mereka merasa dihargai dan dianggap penting.

3. Free Will (Kehendak bebas)

Kebebasan memiliki peranan penting dalam etika bisnis Islam. Namun, perlu diingat bahwa kebebasan ini tidak boleh mengganggu atau merugikan kepentingan bersama atau individu lainnya. Islam mengizinkan umatnya untuk berinovasi terutama dalam aktivitas bisnis. Akan tetapi, tegas melarang hal-hal yang dilarang oleh syariat agama.

4. Responsibility (Tanggung jawab)

Dalam bisnis, tanggung jawab sangatlah penting. Meskipun kegiatan bisnis dilakukan dengan kebebasan, hal tersebut tidak berarti semuanya selesai saat tujuan tercapai atau mendapatkan laba. Semua tindakan bisnis membutuhkan pertanggung jawaban, termasuk produksi barang, transaksi jual beli, hingga perjanjian. Apalagi, di dalam Islam konsep tanggung jawab meliputi tanggung jawab kepada Allah SWT, terhadap diri sendiri, maupun terhadap lingkungan.

5. Benevolence (Ihsan)

Adapun beberapa perbuatan yang mendukung prinsip ihsan dalam etika bisnis Islam seperti menunjukkan kemurahan hati, motif pelayanan yang baik, hingga kesadaran bahwa adanya Allah dan aturan Allah yang berhubungan dengan pelaksanaan yang menjadi prioritas.

Hafizah Ghazali: Ethical, Eco and Lasting Fashion

Hafizah Ghazali merupakan brand pakaian wanita yang menerapkan konsep slow fashion dalam setiap produksinya. Ada beberapa hal yang menjadi komitmen dari Hafizah Ghazali mulai dari ethical sourcing, proses produksi yang mengutamakan quality over quantity, kebijakan tanpa plastik, community project, hingga, komitmen reforestasi hutan.

Pada praktiknya, sebagian dari setiap pembelian yang dilakukan di situs web Hafizah Ghazali akan disalurkan untuk proyek konservasi hutan. Hafizah Ghazali juga memiliki inisiatif penanaman pohon bulanan yang disebut “Pokok Kita” di mana mereka mengajak publik untuk ikut terlibat dalam memerangi pemanasan global.

Bersama LindungiHutan, Hafizah Ghazali menanam lebih dari 5.000 pohon sejak tahun 2020 dalam empat Kampanye Alam bertajuk “Hafizah Ghazali for Sustainability Semarang City”, “Hafizah Ghazali for Sustainability Bekasi”, “Hafizah Ghazali for Sustainability Semarang City #2”, dan “Hafizah Ghazali for Sustainability Bekasi #2”.

Selain Hafizah Ghazali, masih ada berbagai brand yang juga ikut berkomitmen dalam mewujudkan masa depan bumi dan lingkungan yang lebih baik. Simak lengkapnya dalam “5 Brand Pakaian Upayakan Penghijauan Bersama LindungiHutan”

Wujudkan Aksi Kebaikan Anda dalam Program Sedekah Pohon LindungiHutan

#SedekahPohon: Investasi kebaikan berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat melalui aksi penghijauan di #SedekahPohon LindungiHutan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan