Connect with us

Bisnis Lestari

Panduan Program Penghijauan untuk CSR Perusahaan

Published

on

Program penghijauan

Menjalankan program penghijauan bukanlah hal yang sulit, apabila Anda atau perusahaan Anda mengetahui cara yang tepat, efektif, dan tentunya berdampak. Apalagi program satu ini punya berbagai banyak manfaat baik dari segi lingkungannya maupun segi bisnis untuk perusahaan Anda.

Berikut panduan program penghijauan untuk CSR perusahaan Anda ala LindungiHutan yang sampai saat ini telah membantu menanam +600.000 pohon di 40+ lokasi penanaman di Indonesia!

Kenapa Program Penghijauan Recommended jadi Program CSR?

Ada beberapa alasan kenapa melakukan program penghijauan dalam kerangka Corporate Social Responsibility atau CSR memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Paling tidak:

  • Pertama, program ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pelestarian lingkungan, yang dapat meningkatkan reputasi dan citra perusahaan di mata publik.
  • Kedua, program penghijauan dapat membantu mitigasi dampak lingkungan dari operasional perusahaan, seperti emisi karbon.
  • Ketiga, program ini juga dapat membantu menciptakan hubungan yang baik dengan komunitas lokal, terutama jika program dilaksanakan dengan partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

Manfaat Program Penghijauan

Beberapa manfaat program penghijauan apabila perusahaan Anda melaksanakan program CSR ini:

  • Melestarikan hutan dan lingkungan
  • Meningkatkan sumber daya alam hutan
  • Hutan yang lestari akan meningkatkan hasil usaha
  • Penghijauan bermanfaat untuk menjaga keanekaragaman hayati
  • Mengatasi perubahan iklim
  • Mengatasi permasalahan kekeringan
  • Menyerap polutan.

Baca juga: 5+ Tujuan CSR yang Harus Perusahaan Ketahui

Panduan Cara Melakukan Penghijauan untuk CSR Lingkungan

Supaya program CSR Penghijauan perusahaan Anda berjalan dengan baik, tepat sasaran, dan berdampak, maka perlu ada perhatian terhadap beberapa hal. LindungiHutan memberikan sedikit panduan tentang bagaimana caranya melakukan penghijauan untuk CSR perusahaan Anda!

1. Memilih Mitra Pelaksanaan Program Penghijauan

Perusahaan Anda tentu membutuhkan mitra pelaksanaan penghijauan, baik itu organisasi, pihak pemerintahan, ataupun LSM dan NGO. Mengapa ini dibutuhkan? Sebab, dengan mitra pelaksana inilah yang nantinya akan membantu dalam memilih lokasi, mengurus perizinan, melakukan penanaman, hingga hal-hal teknis lainnya. 

Nah, Anda dapat mengajak LindungiHutan untuk membantu pelaksanaan program penghijauan perusahaan Anda mulai dari pemilihan lokasi, penanaman termasuk teknis event, hingga pelaporan dan monitoring pertumbuhan pohon.

Semua rangkaian kegiatan tersebut kami bantu lakukan, sehingga perusahaan Anda tidak perlu repot-repot mengurusi banyak hal teknis di lapangan. Sila cek cerita penanaman LindungiHutan bersama Arkadia Works dalam artikel “No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Works Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan”

2. Penentuan Lokasi Penanaman dan Jenis Pohon

Sempat disebutkan di poin sebelumnya, tentang pentingnya memilih mitra lokal CSR atau program penghijauan perusahaan Anda. Salah satunya karena Anda harus memiliki lokasi penanaman. Lokasi penanaman dalam artian, lokasi tersebut memang membutuhkan upaya penghijauan, terdapat petani/kelompok masyarakat yang mengetahui kondisi lapangan serta mau ikut membantu, hingga perizinan lahan yang jelas. 

Lagi-lagi, LindungiHutan bisa membantu perusahaan Anda untuk menjalankan program CSR melalui 40+ lokasi penanaman yang ada di Indonesia! Lebih tepatnya, ada 47 lokasi penanaman yang menjalin kerja sama dengan LindungiHutan mulai dari Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi. 

Lokasi-lokasi tersebut merupakan wilayah yang memang jika dilihat dari kacamata lingkungan memerlukan upaya-upaya pelestarian dan penghijauan lebih lanjut. 

Dalam praktiknya, LindungiHutan juga bermitra dengan petani bibit setempat guna membantu dalam menyediakan akses bibit, melakukan penanaman, dan juga monitoring pertumbuhan pohon. Dari 40+ lokasi penanaman yang ada, kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman mulai dari pohon darat hingga pohon bakau. Jenis-jenis pohon tersebut akan menyesuaikan dengan kondisi lapangan, agar pohon-pohon tersebut ketika ditanam dipastikan berperan baik dan efektif menyelesaikan persoalan lingkungan yang ada. 

Aksi penghijauan di lokasi penanaman kami juga mendukung banyak program SDGs baik itu dalam poin lingkungan, ekonomi, maupun sosial kaitannya dengan kondisi masyarakat setempat. Jika penasaran, silakan cek lokasi penanaman LindungiHutan di sini!

Baca juga: Penanaman Mangrove, Ide Program CSR Lingkungan yang Berdampak

3. Monitoring Pertumbuhan Pohon

Ingat, program CSR yang baik adalah yang berkelanjutan! Jadi, ketika pohon selesai ditanam bukan berarti usai sudah tanggung jawabnya. Karena, perusahaan Anda mestinya juga memastikan apakah pohon-pohon tersebut betul-betul hidup, tumbuh, dan bisa memberikan manfaat kepada lingkungan maupun masyarakat? 

_laporan monitoring penghijauan LindungIHutan
Fitur monitoring yang akan didapat perusahaan Anda ketika melakukan penanaman bersama LindungiHutan

Untuk itu, kami di LindungiHutan menyediakan fitur monitoring. Sebagaimana namanya, tim kami bersama dengan Mitra Petani di lokasi penanaman akan melaporkan pertumbuhan pohon secara berkala kepada perusahaan Anda guna memastikan kondisi pohon yang sudah ditanam. Bagaimana kondisi pertumbuhannya? Berapa serapan emisi karbonnya? Dan beberapa data lainnya. Laporan monitoring tersebut bisa Anda akses secara gampang melalui halaman Kampanye Alam yang ada di website kami www.lindungihutan.com

Dengan demikian, LindungiHutan berupaya agar program CSR penghijauan perusahaan Anda bisa berdampak dan pastinya berkelanjutan. 

Tertarik menjalankan program CSR penghijauan bersama LindungiHutan?

Hingga saat ini LindungiHutan telah menanam lebih dari 600.000 pohon di 40+ lokasi penanaman yang ada. Dalam prosesnya, kami juga melibatkan kelompok masyarakat setempat selama melakukan penanaman, pengelolaan, hingga monitoring pohon.

Rawat Bumi LindungiHutan