Connect with us

Mitra Hijau

4 Perusahaan BUMN di Indonesia Pernah Kolaborasi CSR dengan LindungiHutan

Published

on

kolaborasi csr perusahaan bumn dengan lindungihutan

Istilah Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Perusahaan BUMN adalah badan usaha pemerintah yang sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan langsung dari kekayaan negara yang dipisahkan.

Bentuk dari perusahaan BUMN salah satunya adalah Perseroan atau Persero. Tanggung jawab sosial suatu perusahaan atau CSR diatur di dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas.

TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) merupakan sebutan untuk program CSR di perusahaan BUMN. Adanya program ini, perusahaan ikut membantu masyarakat dan berupaya menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Lantas, apa itu CSR? Apa tujuan dari kegiatan CSR? Berikut penjelasannya!

Apa yang Dimaksud dengan CSR?

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen suatu perusahaan untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Kegiatan CSR di perusahaan BUMN disebut dengan TJSL. Dilansir dari laman bumn.go.id, program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN adalah bentuk komitmen perusahaan BUMN terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada aspek ekonomi, sosial, lingkungan, hukum, dan tata kelola yang lebih terintegrasi, terarah dan terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan.

Contoh Perusahaan BUMN di Indonesia yang Jalankan Program CSR bersama LindungiHutan

Berikut ini 4 contoh CSR BUMN yang berkolaborasi dengan LindungiHutan, antara lain:

1. PT Pupuk Indonesia (Persero)

PT Pupuk Indonesia (Persero) atau Pupuk Indonesia Holding Company, merupakan perusahaan induk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pupuk di Indonesia.

Dulunya perusahaan ini dikenal dengan nama PT Pupuk Sriwidjaja (Persero) merupakan perusahaan pupuk di Palembang Sumatera Selatan. 

Pupuk Indonesia Group senantiasa mensinergikan antara kegiatan industrinya dengan program-program peningkatan kualitas lingkungan. 

Dalam penerapannya, perusahaan BUMN ini menerapkan prinsip 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle), penggunaan teknologi ramah lingkungan dan hemat energi, menerapkan sistem manajemen lingkungan, dan tak kalah pentingnya Pupuk Indonesia mengikuti program Proper sebagai sarana evaluasi terhadap pencapaian kinerja di lingkungan perusahaan.

Pupuk Indonesia ikut berpartisipasi dalam menjaga keselarasan dan keselamatan bumi. Selama tahun 2015, sebagai salah satu perusahaan BUMN di Indonesia ini melakukan program penghijauan sebagai tanggung jawab terhadap lingkungan.

Pada akhir tahun 2021, Pupuk Indonesia berkolaborasi dalam kegiatan CSR bersama LindungiHutan melakukan 2 kampanye Alam bertajuk “DonaTree Viral Challenge : 5000 Mangrove PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk Bekasi yang lebih Hijau” dan “DonaTree Viral Challenge : 500 Mangrove PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk Jakarta yang lebih Hijau”. 

Kegiatan CSR tersebut, secara berturut-turut dilakukan di Pantai Bahagia Bekasi dan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara.

2. CSR PLN (Persero) Pusharlis UP2W V Semarang

CSR Perusahaan BUMN PLN Pusharlis
Program CSR PLN Pusharlis di Semarang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

PLN merupakan salah satu perusahaan BUMN di Indonesia. PLN Pusharlis bergerak di bidang design dan reverse engineering peralatan kelistrikan. Manufacture dan repair peralatan ketenagalistrikan menjadi wujud nyata PLN Pusharlis dalam mendukung keandalan peralatan ketenagalistrikan milik PLN (Persero).

Sejak tahun 2019 hingga 2022, PLN Pusharlis senantiasa melakukan program CSR BUMN bersama LindungiHutan. 

Awal kerja sama PLN Pusharlis dengan LindungiHutan pada bulan April 2019. Melalui kampanye alam “Pohon dari PT PLN (Persero) Pusharlis UP2W V Semarang” perusahaan BUMN satu ini berhasil menanam 500 bibit pohon mangrove di Kawasan Tapak Kecamatan Tugu Kota Semarang.

Pada tahun 2020, perusahaan BUMN tersebut sukses menanam 50 bibit pohon durian dan 150 bibit pohon tabebuya di Curug Gondoriyo Semarang.

Selanjutnya, tahun 2021 pada kampanye alam “PLN Menanam : Pusharlis UP2W V Semarang” bersama LindungiHutan menanam 300 bibit mangrove sebanyak 300 pohon di Pesisir Tambakrejo Kota Semarang.

Yang terakhir pada tahun 2022, Pupuk Indonesia berhasil menanam 500 bibit pohon alpukat di Jabungan Kota Semarang, dengan kampanye alam bertajuk “Program TJSL Penghijauan Green Living Ecosystem PLN Pusharlis UP2W V”.

3. PT Citilink Indonesia

CSR BUMN berikutnya datang dari PT Citilink Indonesia, anak perusahaan BUMN Garuda Indonesia. Citilink merupakan maskapai penerbangan dari kota ke kota.

Kepedulian perusahaan dalam menjaga kelestarian alam, diwujudkan melalui kampanye bertajuk “Citilink #1000 Pohon untuk Indonesia”. Perusahaan ini berhasil menanam 1000 pohon mangrove di Pesisir Untia, Kota Makassar.

4. CSR Pertamina Gas (Pertagas)

CSR Perusahaan BUMN Pertagas
Program CSR Pertagas di Semarang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pertamina Gas merupakan anak dari perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, Pertamina. Dalam rangka memperingati Hari Bumi (Earth Day) sekaligus mendukung program Net Zero Emissions, Pertamina Gas mengajak Perwira dan Pertiwi bergabung dalam kampanye “Sedekah Pohon untuk Bumi”.

Pertagas sukses menanam 1.103 pohon mangrove di pesisir Tambakrejo, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, 17 Mei 2022. Melalui program CSR Pertamina Gas ini harapannya pohon-pohon tersebut dapat membantu mengimbangi emisi gas rumah kaca yang selama ini dikeluarkan.

“Sejalan dengan semangat invest in our planet, Pertamina Gas ingin berperan aktif menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar,” Tutur Elok Riani selaku Manager Communication Relations & CSR Pertagas, dikutip dari laman pertamina.com.

Tiga keunggulan yang ditawarkan LindungiHutan dalam bekerja sama kegiatan CSR, antara lain mudah, transparan, dan dampak berkelanjutan.

Jadi, tunggu apalagi? Jika Perusahaan atau brand Anda tertarik berkolaborasi bersama LindungiHutan segera kunjungi website LindungiHutan atau dengan mengisi form kerja sama di bawah ini! Nanti akan kami hubungi segera!

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 Ribu Pohon di 50 Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia Bersama 500+ Perusahaan dan Brand!

FAQ

1. Perusahaan BUMN itu apa saja?

PT Pertamina, PT PLN, PT Garuda Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, PT Pupuk Indonesia

2. Ada berapa jenis BUMN di Indonesia apa sajakah itu?

Menurut berlakunya UU No. 19 Tahun 2003, berdasarkan UU No. 9 Tahun 1969 ada 3 jenis badan usaha: Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Perseroan (Persero).

3. Apa itu BUMN dan BUMS?

BUMS adalah badan usaha yang modal dan keuntungannya berasal dari pihak swasta dan BUMN adalah badan usaha yang modal dan keuntungannya berasal dari pihak negara.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Survey LindungiHutan