Connect with us

Mitra Hijau

Terra Beaute Menanam 800+ Pohon di Bandung Bersama LindungiHutan

Published

on

Terra Beaute Menanam 800+ Pohon di Bandung Bersama LindungiHutan

Geliat skincare lokal memang tak ada matinya. Kehadiran Terra Beaute (baca: tera byut) turut meramaikan kancah per-skincare-an Indonesia dengan komitmen ramah lingkungannya yang dipegang.

Terra Beaute adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produk perawatan kulit dengan prinsip packaging eco-friendly dan bahan produk premium. Klaim tersebut bisa kita buktikan dengan melihat penggunaan 100% bambu yang biodegradable di bagian penutupnya.

Selain mengusung konsep kemasan yang eco-friendly, Terra Beaute juga meyakini jika kecantikan bukan hanya tentang visual, melainkan juga perasaan yang membuat pemilik wajah merasa lebih baik. Oleh sebab itu, Terra Beaute fokus menjaga dan merawat kulit wajah dengan mengeluarkan produk-produk yang bisa membantu memancarkan kecantikan alami kulit.

Baca juga: Hafizah Ghazali Tanam 5.000+ Mangrove di Pesisir Semarang

Sebab, Terra Beaute percaya “Everyone has its own beauty, a sincere beauty. We are here to nurture yours!”

Nama Terra dalam Terra Beaute memiliki arti tanah. Arti tersebut menyimpan makna filosofis untuk menjadi produk kecantikan yang mempunyai sifat layaknya Mother Earth/Mother Nature yang menaungi Terran (panggilan untuk pelanggan) dalam setiap skin journey-nya.

Terra Beaute berkomitmen untuk secara perlahan membuat produk lokal yang ramah lingkungan dari segala aspek.

Terra Beaute Menanam 800+ Pohon MPTS Bersama LindungiHutan

Perhatian Terra Beaute terhadap kelestarian lingkungan juga dibuktikan dalam inisiasi kampanye alam bertajuk “Terra Beaute LindungiHutan Awi Poleng, Bandung”. Tera Beaute bersama LindungiHutan sukses mengumpulkan 800 lebih pohon Jambu Air.

Mitra petani bibit LindungiHutan berfoto dengan Banner Terra Beaute usai kegiatan penanaman.
Mitra petani bibit LindungiHutan berfoto dengan Banner Terra Beaute usai kegiatan penanaman di Bandung (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Hasil donasi pohon yang terkumpul, kemudian ditanam bersama di bukit Awi Poleng, dusun Citiis, kelurahan Mekarjaya, kecamatan Arjasari, kabupaten Bandung pada 15 Mei 2022.

Upaya penghijauan yang dilakukan oleh Terra Beaute merupakan bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan yang perlu diikuti banyak pihak. Upaya serupa juga bisa dilakukan dari sisi konsumen. 

Makin banyaknya produk perawatan kulit yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk merawat kulit sekaligus mencegah kerusakan lingkungan lebih parah.

Baca juga: Obermain Indonesia Menanam Pohon di Semarang, Jawa Tengah

Sekilas Kondisi Ekologi Kabupaten Bandung

Kebakaran hutan merupakan salah satu masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia. Mengutip dari laman databoks.katadata.id, menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), luas areal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara kumulatif sejak 2016 hingga 2021 sebesar 3,43 juta hektare, jumlah karhutla tahunan terburuk terjadi pada tahun 2019 yang membakar 1,6 juta hektare hutan dan lahan di Indonesia.

Penggerak LindungiHutan di Bandung sedang menandai kawasan penanaman pohon di Bandung, Jawa Barat.
Penggerak LindungiHutan di Bandung sedang menandai kawasan penanaman pohon untuk mempermudah upaya pengawasan dan pemantauan di bukit Awi Poleng, dusun Citiis, Mekarjaya, Arjasari, kab. Bandung, Jawa Barat.

Salah satu kebakaran yang terjadi di tahun 2019 yaitu kebakaran hutan di daerah Kabupaten Bandung. Kebakaran lahan ini telah mengakibatkan ratusan hektare tanaman dan pohon hangus terbakar. Selain kebakaran hutan, pembalakan dan pencurian kayu juga terjadi di kawasan hutan Kabupaten Bandung hingga terjadi penggundulan hutan.

Salah satu daerah di Bandung yang turut merasakan hal serupa yaitu Awi Poleng. Awi Poleng adalah suatu daerah di dusun Citiis, desa Mekarjaya, kecamatan Arjasari, kabupaten Bandung yang berada di wilayah hutan lindung Malabar. Beberapa tahun yang lalu, Awi Poleng menjadi wilayah dengan lahan terbuka hijau yang luas dan membuat wilayah ini terasa sejuk juga rindang.

Namun pada tahun 2019, terjadi kebakaran di Awi Poleng yang membuat pohon-pohon hangus dan menggersangkan wilayah tersebut hingga akhirnya menyisakan sedikit sekali pohon.

Salah satu mitra petani bibit LindungiHutan memegang bibit pohon MPTS yang akan ditanam.
Salah satu mitra petani bibit LindungiHutan memegang bibit pohon MPTS (Multi Purpose Tree Species) yang akan ditanam di Bandung (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Maka dari itu, LindungiHutan bersama Terra Beaute menanam 800 lebih pohon Jambu Air di daerah Awi Poleng Kabupaten Bandung sebagai usaha restorasi lingkungan. Harapannya, melalui penanaman pohon tersebut dapat menjadi titik balik bagi Awi Poleng untuk segera pulih dan hijau kembali.

Baca juga: AXA Group Dorong Karyawan Terlibat Aksi Peduli lingkungan

Adapun alasan mengapa Jambu Air dipilih sebagai pohon untuk penanaman, karena ada banyak manfaat yang dimiliki olehnya. Manfaat tersebut antara lain:

  • Ekologi: Akar Jambu Air dapat menyimpan air, menjaga struktur tanah, dan sebagai penyejuk serta penghias.
  • Ekonomi: Buahnya dapat diolah menjadi berbagai hidangan, minuman, dan campuran masakan,
  • Sosial: Kayu/rantingnya bisa dijadikan kayu bakar, buahnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengendalikan diabetes, menjaga kesehatan kulit, dan juga sumber zat besi.

Semoga apa yang telah ditanam oleh Terra Beaute bersama LindungiHutan akan membawa manfaat baik bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat. Aksi nyata ini juga bisa menjadi pengingat bagi kita semua bahwa PR menjaga dan melestarikan lingkungan masih jauh dari kata selesai.

Ambil Peran dalam Upaya Menjaga Kelestarian Hutan dan Tingkatkan Kepercayaan Konsumen dan Pelanggan

Semakin banyak generasi milenial dan gen Z yang sadar tentang kepeduliaan terhadap isu lingkungan, sosial dan kehutanan. LindungiHutan mengajak setiap pihak untuk berkolaborasi bersama menghijaukan Indonesia dengan mudah dan berkelanjutan.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan laporan tahun 2023 LindungiHutan

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Blog LindungiHutan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.