Connect with us

Mitra Hijau

UMA PAK Tanam 300+ Mangrove di Kalimantan dan Sulawesi

Published

on

UMA PAK dan LindungiHutan berkolaborasi menanam ratusan mangrove di Kalimantan dan Sulawesi.

UMA PAK adalah sebuah brand lokal yang menyediakan produk kemasan ramah lingkungan. Produk terbuat dari bahan dasar kertas yang memiliki struktur 3D honeycomb. Struktur inilah yang kemudian memberikan kemampuan produk tersebut untuk melebar melebihi ukuran semula dan melindungi produk dari benturan. Konsep perlindungan ini mirip bubble wrap.

Struktur honeycomb akan memerangkap gelembung udara yang akan berfungsi sebagai bantalan untuk produk sehingga akan mengurangi risiko kerusakan akibat benturan. Selain itu, bentuk heksagonal pada kemasan tersebut juga dapat mengunci satu sama lain seperti kait sehingga tidak akan diperlukannya selotip atau lem untuk membungkus produk tertentu.

Secara umum, produk UMA PAK yaitu UMA-Wrap ini memiliki lima keunggulan dibandingkan plastik bubble wrap yaitu mulai dari perlindungannya yang seperti sarang lebah 3D menyediakan fitur penyerap guncangan dengan bantalan untuk melindungi barang dan benturan internal saat mengemas barang dalam satu wadah.

Kemudian, UMA Wrap ini memiliki desain yang dapat direnggangkan dan cocok untuk segala bentuk barang serta struktur sarang lebah yang dapat mengunci. Walhasil tidak diperlukan selotip dan gunting dan tentunya ini akan menghemat waktu pengemas.

Baca juga: PT Ocean Netwrok Express (ONE) Menanam 1.000+ Pohon di 3 Provinsi

Selain itu, UMA-Wrap ini terbuat dari kertas kraft berkualitas yang dihasilkan dari bahan daur ulang 100% virgin pulp. Proses manufaktur telah mematuhi standar dan praktik keberlanjutan di dunia internasional untuk memastikan komitmen UMA-PAK terhadap produk berkelanjutan. UMA-Wrap juga dapat didaur ulang, dibuat kompos dan 100% dapat terurai di dalam, sehingga minim dampak buruk bagi lingkungan.

UMA PAK Menggandeng LindungiHutan Inisiasi Kampanye Alam

Foto dokumentasi penanaman pohon mangrove hasil kerjasama UMA PAK dan LindungiHutan di Bontang Mangrove Edupark, Bontang, Kalimantan Timur.
Foto proses penanaman pohon mangrove Rhizophora sp. di Bontang Mangrove Edupark, Bontang, Kalimantan Timur (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai brand yang memperhatikan kelestarian alam dalam proses produksi maupun berupa produk jadi, UMA PAK memutuskan untuk terlibat langsung dalam upaya pelestarian lingkungan.

Kontribusi UMA PAK ini didasari pada visi dan misi yang diemban dan sikap pertanggung jawaban akan pembudidayaan hasil hutan dan keberlangsungan lingkungan hidup. Dalam program full circle UMA PAK, brand yang berdiri sejak tahun 2020 ini menyisakan pendapatan yang diperoleh dari hasil hutan untuk kembali  disumbangkan kepada hutan.

Berkolaborasi dengan LindungiHutan, UMA PAK menginisiasi kampanye alam dan berhasil mengumpulkan 310 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam di Bontang Mangrove Park Kota Bontang pada 07 Juli 2022 dan juga Pesisir Ogotua Kabupaten Toli-Toli pada 19 Mei 2022.

Aksi nyata UMA PAK ini untuk ikut ambil peran menghijaukan Indonesia patut kita apresiasi. Mengingat, apa yang kita ambil dari bumi dan alam sudah menjadi kewajiban untuk mengembalikannya. Prinsip take and give ini diharapkan akan menjaga keseimbangan ekosistem bumi.

Baca juga: Reka Cosmetics dan LindungiHutan Menanam Ratusan Pohon

UMA PAK Menanam Ratusan Pohon Mangrove di Bontang, Kalimantan Timur dan Toli-Toli, Sulawesi Tengah

Pesisir Ogotua, Dampal Utara, kabupaten Toli-Toli adalah wilayah terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Pelabuhan perikanan pesisir Ogotua memiliki peran strategis dalam membentuk kedaulatan NKRI.

Meskipun begitu, kondisi pesisir Ogotua saat ini mulai mengkhawatirkan karena adanya abrasi yang perlahan-lahan menggerus tanah disekitarnya. Hal ini sangat meresahkan masyarakat sekitar karena akan mengancam tempat tinggal apabila abrasi terus terjadi.

Sementara itu, Bontang Mangrove Park (BMP) adalah tujuan wisata dengan konsep Conservation, Education, and Adventure yang dicanangkan oleh Balai Taman Nasional Kutai. BMP diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan mangrove yang terbaik di Indonesia.

Untuk mendukung fungsi BMP sebagai sarana edukasi, terdapat berbagai informasi tentang jenis-jenis vegetasi hutan mangrove di sepanjang boardwalk. Adanya BMP harapannya akan berimplikasi pada kualitas ekosistem mangrove yang makin baik dan lebih terjaga.

Baca juga: Terra Beaute Menanam 800+ Pohon di Bandung Bersama LindungiHutan

Melihat kondisi dan urgensi dari wilayah tersebut LindungiHutan bersama UMA-PAK mengambil langkah restorasi dan konservasi dengan melakukan penanaman 310 pohon mangrove Rhizophora. Pohon Mangrove Rhizophora sendiri menyimpan banyak manfaat seperti:

  • Menangkap Karbon Dioksida,
  • Penahan abrasi pantai,
  • Penahan badai dan angin yang bermuatan garam,
  • Menjaga kualitas air lewat akar tunjang yang mampu menyerap polutan,
  • Penahan intrusi air laut ke daratan.

Semoga apa yang telah ditanam oleh UMA-PAK akan berbuah kebaikan-kebaikan bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat. Lebih dari itu, upaya ini bisa menjadi inspirasi bagi brand lain untuk ikut menghijaukan Indonesia.

Jalin Kerjasama dengan LindungiHutan untuk Menjalankan Program Penghijauan Brand dan Perusahaan Anda

Seperti UMA PAK, LindungiHutan berupaya untuk mempermudah individu, brand dan perusahaan untuk menjalankan program CSR, kampanye alam dan aktivitas berdampak positif untuk lingkungan dan masyarakat dengan mudah, transparan dan berkelanjutan.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Survey LindungiHutan