Connect with us

Mitra Hijau

RUNA Beauty Menanam 500 Mangrove di Bontang, Kalimantan Timur

Published

on

Runa Beauty Inisiasi penanaman mangrove.

Runa Beauty adalah sebuah brand kecantikan berbasis di Indonesia. Kecantikan sebagai sebuah industri telah dibangun di atas banyak keburukan. Runa Beauty hadir untuk mengembalikan esensi kecantikan yang sebenarnya. Maka dari itu, bahan-bahan yang digunakan pun bersifat alami dan mengacu pada prinsip berkelanjutan.

Ini artinya, semua produk Runa Beauty diformulasikan dengan cermat dan diproduksi hanya dengan menggunakan bahan baku berkualitas tinggi. Runa Beauty dengan hati-hati memilih dan bekerja sama dengan pemasok yang ada. Walhasil, dapat dipastikan potensi maksimum dan kesegaran dari bahan yang digunakan sembari tetap memegang prinsip praktik perdagangan etis, berkelanjutan, dan adil.

Bukan hanya bahan-bahan yang digunakan dalam produk bersifat ramah lingkungan dan alami. Runa Beauty juga memperhatikan perihal penggunaan kemasan. Kemasan yang dapat didaur ulang dan dapat terurai secara hayati.

Hingga saat ini, Runa Beauty telah meninggalkan plastik sekali pakai sejak tahun 2021. Ini berarti tidak akan ada lagi produksi sampel sekali pakai dan tidak akan memproduksinya sampai ditemukan alternative kemasan yang lebih baik.

Brand kecantikan Runa Beauty hanya menggunakan bahan yang dapat didaur ulang untuk kemasan. Brand ini juga memilih kemasan yang mudah didaur ulang seperti kertas dan kotak bergelombang. Runa Beauty juga hanya mencetak menggunakan tinta dan pewarna berbahan dasar kedelai. Bahan-bahan alami memberikan produk yang dihadirkan berwarna cerah dan memberikan pengalaman pasca konsumen yang ramah lingkungan dan berdampak rendah.

Baca juga: KAYULAMA Home Tanam 1.000+ Mangrove di Pesisir Utara Demak, Jawa Tengah

Runa Beauty Inisiasi Program ‘Runa for a More Carbon Neutral Beauty Brand’

Foto bersama mitra petani dengan banner RUNA Beauty di BMP.
Foto bersama di lokasi penanaman mangrove hasil kerjasama dengan Runa Beauty di Bontang Mangrove Park (BMP), Kalimantan Timur (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Tahun 2022, Runa memiliki objektif untuk menjadi brand dan bisnis yang carbon neutral, untuk menyumbangkan hal baik pada lingkungan maupun bagi negara. Runa Beauty mengerti bahwa ekonomi perlu diseimbangi. Produk yang akan diluncurkan terinspirasi dari wewangian hutan Kalimantan.

Sehubungan dengan itu, Runa Beauty ingin turut berkontribusi dalam restorasi wilayah Bontang Mangrove Park, Kota Bontang.

Bersama LindungiHutan, melalui kampanye alam ‘Runa for a More Carbon Neutral Beauty Brand’ Runa Beauty sukses menanam 500 Mangrove Rhizophora di Bontang Mangrove Park, Kota Bontang, Kalimantan Timur pada tanggal 13 Maret 2022. Adapun, proses penanaman mangrove berjalan dengan lancar dan dibantu oleh Laskar Taman Nasional Bontang.

Baca juga: PT Ocean Network Express (ONE) Menanam 1.000+ Pohon di 3 Provinsi

Apa yang dilakukan oleh Runa Beauty merupakan wujud komitmen terhadap upaya pelestarian lingkungan yang tidak hanya diimplementasikan dalam praktik bisnisnya. Semoga pohon-pohon tersebut bisa tumbuh dan memberikan kebaikan bagi alam dan masyarakat setempat.

Di samping itu, melalui aksi ini harapannya bisa menjadi inspirasi bagi banyak brand lainnya dan juga menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memilih produk yang ramah lingkungan.

Bontang Mangrove Park: Sarana Edukasi dan Konservasi Mangrove di Kaltim

Indonesia merupakan negara dengan kawasan mangrove terluas di dunia. Jadi, sudah semestinya kita harus menjaga bersama, salah satunya melalui area konservasi. Bontang Mangrove Park atau BMP adalah salah satu tujuan wisata di Kota Bontang dengan konsep conservation, education, and adventure yang dicabangkan oleh Balai Taman Nasional Kutai.

Penanaman mangrove Runa Beauty.
Laskar Taman Nasional Bontang bersama-sama melaksanakan penanaman mangrove di BMP (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Untuk mendukung fungsi BMP sebagai sarana edukasi, di sepanjang boardwalk yang terbentang dari daratan sampai ke laut, terdapat berbagai informasi tentang jenis-jenis vegetasi hutan mangrove. Selain broadwalk sepanjang 1,3 Km, terdapat pula menara pandang dengan tinggi 20 m yang dapat difungsikan sebagai sarana ‘bird watching’

Bontang Mangrove Park sebagai kawasan pendidikan lingkungan dan ekowisata yang baru, tentunya banyak informasi yang belum tergali secara maksimal. Apalagi, kawasan pendidikan lingkungan terutama tentang hutan mangrove memiliki peranan sangat penting dan sangat efektif dalam upaya penyebaran informasi seputar bencana abrasi dan lain sebagainya.

Adanya BMP diharapkan akan berimplikasi pada kualitas ekosistem mangrove yang makin baik dan lebih terjaga. Maka dari itu, Runa Beauty berkolaborasi dengan LindungiHutan menginisiasi penanaman 500 Mangrove Rhizophora sebagai bentuk dukungan pelestarian sekaligus konservasi lingkungan.

Baca juga: Greator Good: Trees for Future Tanam 1.000+ Pohon di Makassar, Sulawesi Selatan

Manfaat Mangrove bagi Lingkungan dan Masyarakat

Manfaat mangrove sangatlah banyak dan beragam, tak hanya sebatas mencegah abrasi pantai. Agar lebih jelas, berikut ini manfaat hutan mangrove secara ekologi maupun ekonomi yaitu:

  • Penahan abrasi,
  • Menangkap karbondioksida dan menukarnya dengan oksigen, sehingga mencegah pemanasan global,
  • Penahan badai dan angin yang bermuatan garam,
  • Penahan intrusi air laut ke daratan
  • Tempat hidup beragam makhluk hidup baik itu yang berlindung, mencari makan dan tinggal,
  • Menjaga kualitas air lewat akar tunjang yang mampu menyerap polutan-polutan,
  • Tempat rekreasi dan pariwisata, dari manfaat ini masyarakat sekitar hutan bakau dapat mengelola tempat wisata tersebut secara mandiri dengan desa atau pemerintah daerah,
  • Sumber bahan kayu bakar dan bangunan,
  • Bahan penghasil obat-obatan, banyak dari masyarakat Indonesia yang meyakini khasiat dari tanaman bakau,
  • Menjadi tempat bekerja masyarakat sekitar sebagai nelayan dan petani tambak hutan bakau dan hutan mangrove.

Baca juga: Bumijo Hijaukan Gunung Sawur, Lumajang dengan Menanam 500+ Pohon Alpukat

Dengan upaya penanaman 500 bibit mangrove di Bontang Mangrove Park (BMP), Kalimantan Timur melalui program ‘Runa for a More Carbon Neutral Beauty Brand’ oleh LindungiHutan dan Runa Beauty ini dapat menjadi langkah pengurangan emisi karbon melalui produk kecantikan yang ramah lingkungan.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan