Connect with us

Mitra Hijau

Komitmen Net Zero Emission 2060: Tokopedia Tanam 13.000 Mangrove di 8 Provinsi

Published

on

Net Zero Emission Tokopedia

Pada tahun 2022, GoTo Group mengumumkan bahwa perusahaan telah memperluas komitmen untuk mendukung isu-isu lingkungan yang berkelanjutan. Salah satu bagian dari GoTo Group yaitu Tokopedia, terlibat dalam memasukkan praktik ESG di dalam tata kelola bisnisnya.

Sejak digabungkannya dua perusahaan yaitu Tokopedia dan Gojek, secara bersama meyakini dan bertujuan untuk menjalankan bisnis perusahaan tidak hanya dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat, melainkan juga memberikan dampak positif secara besar untuk sosial dan lingkungan.

Oleh karena itu, GoTo Group berkomitmen dalam mengurangi emisi karbon dan mendorong transisi energi yang berkelanjutan.

Komitmen Tokopedia Menuju Net Zero Emission 2060

Komitmen Tokopedia Menuju Nol Emisi Karbon
Penanaman 5000 mangrove di Semarang sebagai salah satu langkah menuju Net Zero Emission 2060. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Untuk menyukseskan komitmen GoTo Grup mencapai nol bersih emisi karbon pada tahun 2060, Tokopedia menjalankan sebuah misi perusahaan bernama “Three Zeroes: Zero Emission, Zero Waste, Zero Barriers” yang ditargetkan pada tahun 2030.

Misi tersebut merupakan pengimplementasian dan mendukung komitmen pemerintah dengan menargetkan pengurangan emisi gas rumah kaca pada tahun 2030. Serta, sebagai proses menuju Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Aksi ini didukung dengan tindakan nyata seperti mengganti seluruh transportasi perusahaan baik itu Tokopedia maupun Gojek dengan kendaraan listrik untuk menekan dampak buruk dari emisi karbon yang dihasilkan. 

Hasil uji coba menggunakan motor listrik menghasilkan setiap motor listrik dengan jarak tempuh 1 juta km dan berhasil mengurangi emisi sebanyak 85 ton CO2.

Sementara itu, penerapan Zero Waste atau nol sampah dilakukan dengan menerapkan prinsip 3R (Reuse, Reduce, and Recycle) untuk mengatasi permasalahan sampah di Indonesia. Penerapan lainnya juga dilakukan dengan pemrosesan limbah sekali pakai.

Misi terakhir, Zero Barriers atau nol hambatan bertujuan untuk memastikan platform GoTo yang inklusif, mudah diakses seluruh masyarakat untuk berbagai peluang mata pencaharian sehingga mendorong berkembangnya perekonomian masyarakat yang berkelanjutan.

Baca juga: Kolaborasi Tokopedia Bersama LindungiHutan Tanam 13.000 Pohon

Kampanye Penghijauan dari Tokopedia

Penanaman mangrove Tokopedia di Pesisir Tambakrejo
Foto proses penanaman mangrove di Pesisir Tambakrejo. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Penerapan lain untuk menekan emisi karbon yang dilakukan Tokopedia dengan cara melakukan penanaman pohon. Tokopedia menjalin kerja sama dengan LindungiHutan (startup yang bergerak dibidang konservasi hutan dan alam), melakukan kegiatan pelestarian lingkungan khususnya wilayah pesisir.

Kegiatan penanaman pohon ini bertujuan sebagai perwujudan salah satu pilar strategis yaitu pelestarian lingkungan (GoGreener) untuk mencapai nol emisi karbon pada tahun 2030 dan 2060.

Tokopedia menginisiasi sebanyak 9 kampanye alam yang tersebar di 8 provinsi berhasil mengumpulkan 13.000 pohon mangrove sebagai upaya penghijauan di wilayah pesisir. Adapun 8 provinsi diantaranya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Kegiatan penanaman dilakukan pada tanggal 11 Juni 2022 hingga 15 Juli 2022 melibatkan 45 peserta yang berpartisipasi secara langsung. Hingga saat ini, estimasi karbon yang telah diserap oleh pohon-pohon mangrove milik Tokopedia lebih dari 7.000 Kg CO2 eq.

Tokopedia telah berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan di 8 lokasi penanaman bersama LindungiHutan. Ratusan masyarakat terbantu untuk mempertahankan wilayahnya dari ancaman gelombang air laut yang menyebabkan abrasi dan banjir rob.

Penanaman 13.000 pohon oleh Tokopedia juga mendukung pembangunan berkelanjutan (SDG’s) dengan mencegah degradasi lahan akibat abrasi, mencegah banjir, meningkatkan area tutupan hijau, mengurangi emisi karbon, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan menyediakan jam kerja bagi masyarakat.

Aksi tersebut diharapkan dapat menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

Baca juga: Penanaman Mangrove: Ide Program CSR Lingkungan yang Berdampak

Kegiatan penanaman pohon merupakan salah satu cara untuk mengurangi emisi karbon dan sebagai alternatif program CSR oleh perusahaan.

LindungiHutan memberikan solusi untuk perusahaan sebagai wadah mengimplementasikan tanggung jawab di bidang lingkungan dan sosial  (CSR) bertujuan untuk memberikan manfaat baik bagi sosial, ekonomi, dan lingkungan melalui Impact CSR.

Menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab kita bersama. Ayo, berikan dukungan dan partisipasi pada program penghijauan bersama LindungiHutan dengan berdonasi atau menginisiasi kampanye alam!

Baca juga: Tanggung Jawab Perusahaan terhadap Lingkungan dan 5 Contoh Programnya

Wujudkan Program CSR Perusahaan yang Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Rawat Bumi LindungiHutan