Connect with us

Mitra Hijau

PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api Group) Menanam Ratusan Pohon di Semarang

Published

on

PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api Group) berkolaborasi dengan LindungiHutan untuk program penghijauan.

Menggandeng LindungiHutan, PT Santos Jaya Abadi menginisiasi gerakan kampanye alam secara mandiri dengan tajuk “#Bergerak untuk Bumi”. Melalui program CSR penghijauan tersebut, PT Santos Jaya Abadi telah menanam 637 pohon mangrove di pesisir Tambakrejo, Tanjungmas, Semarang Utara, Kota Semarang pada 27 Desember 2021.

PT Santos Jaya Abadi adalah perusahaan multinasional yang memproduksi minuman dan tergabung dalam Kapal Api Group.  Berdiri pada tahun 1979 dan menjadi salah satu perusahaan pemanggangan kopi terbesar di Asia Tenggara, lengkap dengan fasilitas berupa 2 mesin pemanggang besar yang memiliki kapasitas 5 ton/jam.

Tahun 1981 menjadi tahun di mana Investasi teknologi baru dari Jerman yang berlokasi di pabrik baru di Jalan Raya Gilang 159, Sepanjang, Sidoarjo. Lalu di tahun 2008 pabrik PT Santos Jaya Abadi berdiri di Karawang dengan 5 mesin pemanggang dan memulai proyek Good Day pada bulan Juni 2011. Pabrik ketiga didirikan di Sukodono, Sidoarjo yang memproduksi kopi instan.

Produk dari PT Santos Jaya Abadi antara lain Kapal Api, Kopi ABC, Good Day Fresco, Kopi Ya, dan lain sebagainya.

Kapal Api Global adalah sinergi dari beberapa perusahaan yang bergerak di industri makanan dan minuman yang meliputi perkebunan, manufaktur, distribusi, dan kafe. Berdiri tahun 2008, memiliki 7 jumlah unit bisnis, dengan persebaran produk tersebar di 68 negara.

PT Santos Jaya Abadi Menanam 637 Pohon di Semarang Bersama LindungiHutan

Kelompok CAMAR sedang menanam pohon hasil kerjasama LindungiHutan dan PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api Group).
Anggota kelompok CAMAR sedang menanam bibit mangrove PT Santos Jaya Abadi di pesisir Tambakrejo, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah (Business Development/LindungiHutan).

Bersama LindungiHutan, dalam rangka melakukan aksi nyata penanaman pohon dan konservasi lingkungan di Indonesia sebagai bentuk komitmen terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan. Karyawan PT Santos Jaya Abadi dalam hal ini menginisiasi gerakan kampanye alam secara mandiri dengan tajuk ‘#Bergerak untuk Bumi’ agar bumi tetap hijau, indah, dan asri.

Melalui program penghijauan tersebut, PT Santos Jaya Abadi mengumpulkan 637 pohon bakau kurap (Rhizophora mucronata) dan telah ditanam di pesisir Tambakrejo, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang pada 5 Desember 2020. Proses penanaman pohon berlangsung lancar dengan dibantu oleh kelompok Camar dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 9 orang.

Baca juga: PT MAP Aktif AdiPerkasa Tbk (MAPA) Tanam 353 Pohon di Jakarta

Kampanye alam ini dilaksanakan sebagai bukti nyata bakti karyawan PT Santos Jaya Abadi terhadap lingkungan. Harapannya setelah terlaksananya proyek penghijauan ini, suhu udara di dunia, khususnya di Semarang dan sekitarnya bisa menjadi lebih dingin.

Tambakrejo: Permasalahan Abrasi dan Banjir Rob yang Rutin

Penanaman pohon mangrove oleh PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api Group).
Proses penanaman bibit pohon mangrove di oleh kelompok CAMAR (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Tambakrejo adalah sebuah desa yang terletak paling utara di kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kawasan ini rawan terdampak banjir terutama jika air laut sedang pasang. Padahal, wilayah tersebut terkenal sebagai desa nelayan, mengingat sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Sayangnya, bagai dua sisi mata uang yang berlainan, laut yang selama ini menjadi tumpuan pencaharian nelayan Tambakrejo untuk menghidupi keluarganya, justru berbalik mengancam masa depan nelayan tersebut. Sebab, letak Tambakrejo yang berada di wilayah pesisir membuatnya sering kali terdampak abrasi pantai. Ombak Laut Jawa secara perlahan mengikis daratan Tambakrejo dan mengancam tempat tinggal para nelayan tersebut.

Kondisi makin parah setelah sampah yang menumpuk membuat air udara, maupun tanah tercemar. Hal ini juga membuat kondisi rob yang menerjang Tambakrejo tambah parah.

Manfaat Menanam Mangrove yang Dilakukan PT Santos Jaya Abadi

Berkaca pada kondisi lingkungan di Pesisir Tambakrejo yang menjadi langganan banjir rob, maka PT Santos Jaya Abadi bersama LindungiHutan mengambil langkah restorasi dan konservasi. Penanaman pohon Rhizophora sp. diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan di pesisir Tambakrejo, Kota Semarang.

Pohon mangrove dipilih karena besarnya manfaat yang dimilikinya. Manfaat hutan mangrove antara lain sebagai berikut:

  • Menyediakan nutrisi bagi makhluk hidup,
  • Menjernihkan air dan menjaga salinitas garam,
  • Mencegah abrasi dan erosi tanah,
  • Tempat memijah dan berkembang biak ikan, kerang, kepiting, dan udang,
  • Tempat berlindung, bersarang, dan berkembang biak burung atau satwa lain.

Baca juga: BCA Insurance Peduli Lingkungan Tanam 500 Pohon di Bekasi

Semoga dengan adanya penanaman pohon mangrove di pesisir Tambakrejo, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang ini bisa membawa kebaikan baik untuk lingkungan maupun masyarakat sekitar.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Survey LindungiHutan