Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

PT. Pigeon Indonesia Lakukan Kampanye Penghijauan

Penanaman 5,000 mangrove di muara sungai Cisadane
Program CSR Pigeon Indonesia menanam ribuan mangrove di Tangerang.

PT. Pigeon Indonesia kembali menggelar kegiatan menanam pohon bakau untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2022. Pada tahun ini, program CSR dilaksanakan oleh PT. Pigeon Indonesia menanam 5.000 mangrove di sekitar muara sungai Cisadane desa Tanjung Burung, kecamatan Teluknaga, kabupaten Tangerang, Banten. Acara penghijauan ini bertajuk “Pigeon Indonesia’s World Environment Day 2022”.

Karyawan Pigeon Indonesia menanam pohon di muara sungai Cisadane, Tangerang, Banten.
Karyawan PT. Pigeon Indonesia menanam bibit mangrove di muara sungai Cisadane, Tangerang untuk merayakan hari lingkungan hidup sedunia (Dokumentasi: Business Development/LindungiHutan).

Di tahun 2021 lalu, perusahaan melakukan penanaman 2.000 pohon bakau Rhizophora dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia, aksi penanaman kembali dilanjutkan pada hari Sabtu, 27 November 2021 di pesisir Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dengan menanam 3.000 pohon mangrove. Sehingga total PT. Pigeon Indonesia menanam 5.000 bibit bakau di pesisir utara Bekasi.

Baca juga: Pigeon Indonesia Rayakan Hari Lingkungan Hidup dengan Menanam 5.000 Mangrove di Bekasi

Pigeon Indonesia menanam ribuan mangrove di Tangerang.
Kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan komitmen PT. Pigeon Indonesia untuk terlibat menangani perubahan iklim dan pemanasan global (Dokumentasi: Business Development/LindungiHutan).

Pigeon Group memberikan pertimbangan penuh untuk mitigasi perubahan iklim, pemanasan global dan kelestarian keanekaragaman hayati (kehati). Untuk mencapai tujuan tersebut, Pigeon Group telah menentukan volume emisi karbon dan gas rumah kaca yang dihasilkan selama proses produksi perusahaan secara langsung maupun tidak langsung. Terlebih lagi, perusahaan berupaya guna mengurangi emisi tersebut di masa mendatang.

Komitmen Pigeon Group untuk senantiasa memberikan manfaat bagi lingkungan dan hutan telah berlangsung sejak lama. Selama 33 tahun terakhir, perusahaan telah menanam 145.000 pohon guna menjaga kelestarian alam di lahan hutan seluas 45,15 hektar di hutan nasional maupun lahan pribadi, di situs Pigeon Miwa no Mori, kombinasi antara hutan nasional dan tanah milik Pigeon Group dekat Hitachi-Omiya, Prefektur Ibaraki, Jepang.

Penyerahan sertifikat kepada PT. Pigeon Indonesia.
Penyerahan sertifikat apreasiasi dan bukti penanaman pohon dari LindungiHutan kepada perwakilan PT. Pigeon Indonesia di sekitar lokasi penanaman pohon (Dokumentasi: Business Development/LindungiHutan).

Pada kegiatan penghijauan pesisir pantai kali ini, PT. Pigeon Indonesia menanam pohon mangrove dengan jenis Rhizophora sp. yang mampu beradaptasi di daerah berlumpur dan memiliki kandungan salinitas tinggi.

Selain itu, pohon bakau dan hutan mangrove yang lestari mempunyai beragam manfaat dan fungsi. Beberapa manfaat mangrove Rhizophora sp. diantaranya yaitu:

  1. Mencegah abrasi atau erosi tanah yang terjadi di muara dan kawasan pesisir akibat ombak dan pasang-surut air laut,
  2. Mengubah karbondioksida dari udara menjadi oksigen yang bermanfaat untuk kehidupan di bumi serta mencegah pemanasan global,
  3. Menyimpan cadangan karbon yang telah diserap ke bagian tubuh dan tanah sehingga menjadi simpanan karbon biru (blue carbon),
  4. Tempat hidup dan berlindung berbagai spesies hewan khas hutan mangrove seperti ikan tembakul/glodok, kepiting rawa, bandeng, udang dan burung-burung,
  5. Menjaga kualitas air dan menyerap polutan yang mencemari daerah pesisir,
  6. Menahan intrusi (menyusupnya) air laut ke pemukiman dan mengakibatkan banjir rob,
  7. Mengurangi dampak buruk badai dan angin laut menerjang daerah pesisir secara langsung.

Terlebih lagi, hutan mangrove yang terjaga dapat dimanfaatkan untuk aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat sekitar hutan, seperti area rekreasi dan pariwisata. Dan beberapa jenis buah dan daun pohon bakau digunakan untuk pembuatan makanan dan minuman tradsional seperti keripik daun mangrove, teh dan sirup.

Baca juga: Kisah Kelompok CAMAR Menjaga Kelestarian Hutan Mangrove di Kota Semarang

Penanaman pohon di Tangerang merupakan program CSR Pigeon Indonesia bekerjasama dengan LindungiHutan.
Perwakilan PT. Pigeon Indonesia yang hadir dalam kegiatan penanaman pohon di Tangerang untuk merayakan hari lingkungan hidup sedunia berfoto bersama setelah kegiatan (Dokumentasi: Business Development/LindungiHutan).

Masataka Hongo selaku Presiden Direktur PT. Pigeon Indonesia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan PT. Pigeon Indonesia menanam mangrove ini adalah bukan hanya semata-mata sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, tapi juga sebagai upaya dalam pencegahan abrasi di pesisir utara pantai Jawa, terutama di wilayah Jabodetabek.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan salah satu dari upaya kami untuk melindungi lingkungan dan membuat dunia menjadi lebih ramah bagi bayi. Dalam aktivitas di perusahaan sendiri, kami juga telah melakukan upaya-upaya lain untuk membantu menurunkan efek gas rumah kaca. Antara lain dengan penggunaan energi terbarukan, solar panel, sebagai salah satu sumber energi.”

Masataka Hongo, Presiden Direktur PT. Pigeon Indonesia

Acara PT. Pigeon Indonesia menanam 5.000 mangrove di muara sungai Cisadane desa Tanjung Burung, kecamatan Teluknaga, kabupaten Tangerang, Banten dihadiri oleh perwakilan karyawan perusahaan, Yayasan Lindungi Hutan dan kelompok tani hutan (KTH) Remaja Tanjung Burung.

Tertarik Menjalin Kerjasama untuk Kelestarian Hutan Seperti PT. Pigeon Indonesia?

Kegiatan PT. Pigeon Indonesia menanam ribuan mangrove merupakan salah satu spesialisasi LindungiHutan yang menjalin kerjasama dengan berbagai mitra penghijauan. Mulai langkah pertama Anda dalam implementasi program CSR dengan klik tombol di bawah ini.