Connect with us

Mitra Hijau

Control Zero Tanam 403 Mangrove di Demak, Jawa Tengah

Published

on

Control Zero dan LindungiHutan menjalin kerjasama untuk penghijauan di Demak, Jawa Tengah.

Control Zero adalah brand skincare yang mengusung konsep Clean Beauty, Cruelty Free, Vegan, dan Eco Friendly. Menggabungkan bahan natural dan zat aktif yang potent di dalam setiap produknya sehingga dapat bekerja lebih efektif bagi kulit.

Mengutip dari laman editorial.femaledaily.com, Control Zero memiliki arti control ‘till zero yang mana menghadirkan produk dengan Zero fragrance, Zero drying alcohol, Zero essential oil, Zero dye, Zero SLS, Zero animal testing, Zero animal derivates, dan Zero waste. Produk-produk tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian Control Zero terhadap mereka-mereka yang sensitif dengan beberapa bahan dalam skincare.

Sebagai vegan-based skincare, Control Zero memiliki berbagai kelebihan karena formulasi vegan lebih kaya akan kandungan vitamin, antioksidan, dan anti inflamasi yang berasal dari alam sehingga dapat menghidrasi, menutrisi, dan menjaga kesehatan skin barrier. Sebab, memilih vegan-based skincare selain baik untuk kulit, baik juga untuk lingkungan karena dapat mengurangi greenhouse gas emission.

Berbicara mengenai lingkungan, Control Zero sama sekali tidak menggunakan plastik atau bubble wrap di paket yang dikirimkan. Brand ini juga menerima kemasan botol kosong milik konsumen baik dari brand Control Zero sendiri maupun dari brand lain. Nantinya botol-botol tersebut kemudian diproses daur ulang melalui bank sampah terdekat. Dengan demikian, pengguna skincare dan masyarakat bisa tetap merawat diri tanpa mengabaikan bumi.

Melalui Program “Responsible Beauty with CZ”, Control Zero Mengajak Konsumen Peduli Lingkungan

Mungkin beberapa dari kita luput menyadari, bahwasanya produk skincare atau personal care yang selama ini digunakan ternyata turut menyumbang tumpukan sampah baru setiap harinya. Menukil dari laman databoks.katadata.co.id, berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), jumlah timbunan sampah secara nasional yang terdiri dari 200 Kabupaten/Kota sebesar 21,45 juta ton pada tahun 2021.

Baca juga: SAE Wooden Tanam 349 Mangrove Bersama LindungiHutan

Berkaca kepada fakta tersebut, Control Zero berusaha untuk meminimalisir penggunaan plastik di setiap produknya dan juga mengadakan program daur ulang. Bukan hanya itu, Control Zero juga menggandeng LindungiHutan untuk bersama-sama berkontribusi dalam kegiatan konservasi hutan mangrove.

Melalui inisiasi kampanye alam “Responsible Beauty with CZ”, Control Zero sukses mengumpulkan 403 pohon Mangrove Rhizophora yang telah di tanam pada 16 Mei 2022 dibantu oleh Mak Jah di Desa Bedono Kabupaten Demak. Harapannya pohon-pohon tersebut akan membuat kita semua lebih bertanggung jawab terhadap kelestarian alam. Kini semua bisa merawat diri tanpa mengabaikan bumi!

Control Zero Bersama lindungiHutan Menanam Ratusan Pohon Mangrove di Desa Bedono, Sayung, Demak

Dokumentasi penanaman mangrove hasil kerjasama Control Zero dan LindungiHutan di Demak, Jawa Tengah.
Proses Penanaman pohon Mangrove yang terkumpul dari kerjasama LindungiHutan dengan Control Zero di pesisir Desa Bedono, Sayung, Kab. Demak, Jawa Tengah (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan lokasi penanaman pohon tentu bukan tanpa alasan. Desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak, Jawa Tengah dipilih karena posisinya yang berada di kawasan pesisir pantai. Wilayah ini sejatinya memiliki potensi yang sangat prospektif di bidang perikanan, budidaya hasil laut, dan wisata bahari.

Namun, pesisir Demak mempunyai risiko data rusak yang besar. Dengan potensi kenaikan air laut mencapai 3cm/tahun dan penurunan muka tanah hingga 25 cm/tahun, membuat daratan Demak terancam tenggelam dalam 10-20 tahun. Bahkan kini sudah ada kurang lebih 200 rumah penduduk yang tenggelam.

Maka dari itu, Control Zero bersama LindungiHutan mengambil langkah restorasi dan konservasi dengan melakukan penanaman 400+ pohon Rhizophora sp. (tanaman bakau). Tujuannya untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan lebih lanjut.

Baca juga: Rayakan Hari Sejuta Pohon, Scarlett Whitening Menanam 3.000 Pohon di 4 Daerah

Hutan mangrove menyimpan banyak fungsi antara lain yaitu:

  • Fungsi Fisik: Akar mangrove dapat menahan pengendapan lumpur yang dibawa oleh sungai-sungai di sekitarnya sehingga lahan mangrove dapat makin luas tumbuh keluar. Dengan adanya hutan mangrove di daerah pantai, dapat berfungsi untuk mencegah dan melindungi daerah pertambakan dari ancaman erosi pantai akibat hantaman ombak.
  • Fungsi Biologis: Hutan mangrove berfungsi sebagai tempat mencari makan dan pemijahan berbagai jenis biota laut. Daerah hutan mangrove dapat dihuni bermacam-macam fauna. Hewan-hewan darat termasuk serangga, kera pemakan daun-daunan yang suka hidup di bawah naungan pohon, ular, dan golongan melata lainnya.
  • Fungsi ekologis: Pelindung garis pantai dari abrasi, mempercepat perluasan pantai melalui pengendapan, mencegah intrusi air laut ke daratan, tempat berpijah anke biota laut, tempat berlindung dan berkemangbiak berbagai jenis burung, mamalia, reptile, dan serangga, serta sebagai pengatur iklim mikro.

Baca juga: PT Ocean Network Express (ONE) Menanam 1.000+ Pohon di 3 Provinsi

Intinya, ada banyak manfaat yang bisa diberikan dari adanya keberadaan hutan mangrove. Untuk itu, semoga penanaman pohon Mangrove Rhizophora yang dilakukan Control Zero bersama LindungiHutan akan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

Jalin Kerjasama untuk Program Penghijauan Seperti Control Zero dengan Mudah

LindungiHutan adalah startup yang mempermudah brand dan perusahaan menjalankan program penghijauan, TJSL, CSR dan bina lingkungan yang mudah dan berkelanjutan. Kami telah dipercaya 300+ mitra hijau seperti Gojek, Tokopedia, PT. Pigeon Indonesia dan masih banyak lagi.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Rawat Bumi LindungiHutan