Connect with us

BCA Syariah: Tingkatkan Awareness Environment dalam ESG Perusahaan

Cerita Mitra Penanaman LindungiHutan

Wujudkan Komitmen Environment ESG Perusahaan

BCA Syariah menyadari bahwa selain aspek sosial, kesadaran terhadap lingkungan juga penting untuk memenuhi kinerja ESG perusahaan

Profil
Mitra
Penanaman

Pilihan
Skema Kerjasama

Rating
Mitra Penanaman

Dampak yang Dicapai

LindungiHutan berkomitmen untuk membantu mewujudkan penanaman yang berdampak dan berkelanjutan

Pohon Hidup

600

Tinggi Pohon

69 cm

Pohon Mati

400

Umur Pohon (hari)

264

Diameter Pohon

1 cm

Emisi Terserap (Kg Co2eq)

52,3

Kata BCA Syariah yang Pernah Kolaborasi!!!

Nilai 9. Selama pelaksanaan kegiatan di sana cukup rapi mulai dari penjemputan, pada saat di lokasi penjelasan di lapangan, koordinasi dengan kelompok petaninya juga kami rasa sudah dipersiapkan dengan baik lah. Sekarang tinggal ke aktivitas pasca penanaman seperti reporting dan monitoring yang masih harus ditingkatkan,

Nadia Amalia, Sekretaris Perusahaan, perwakilan kantor pusat BCA Syariah. 

Komitmen BCA Syariah Memenuhi Kinerja ESG Perusahaan

BCA Syariah, sebagai lembaga jasa keuangan di Indonesia, berkomitmen pada kelestarian lingkungan dan menyadari bahwa selain aspek sosial, kesadaran lingkungan juga penting untuk memenuhi kinerja ESG perusahaan.

Sebagai bentuk kontribusi terhadap lingkungan dan meningkatkan kinerja ESG, BCA Syariah mulai menghitung emisi karbon dari operasional bisnisnya, dengan target menekan emisi melalui mitigasi perubahan iklim dan kompensasi emisi melalui penanaman pohon mangrove.

“Jadi setelah kami review kembali kinerja ESG BCA Syariah, kami melihat S-nya sudah, G-nya sudah, sementara E-nya ini BCA Syariah masih belum optimal,“

Ujar Nadia.

1000 Pohon untuk Tambakrejo

Bersama LindungiHutan, BCA Syariah menjalankan program CSR “1000 Pohon untuk Tambakrejo” dalam rangka upaya pencegahan kerusakan lingkungan, abrasi, dan banjir rob di kawasan pesisir.

Tambakrejo, sebuah desa nelayan di Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara, Jawa Tengah, bergantung pada laut untuk mata pencaharian warganya. Namun, abrasi terus mengikis daratan Tambakrejo, mendekatkan garis pantai dan menyebabkan banjir rob.

Total, ada 1.000 bibit mangrove yang ditanam oleh BCA Syariah di pesisir Tambakrejo akhir tahun 2023. Harapannya, aksi penanaman ini membawa dampak positif berkelanjutan bukan hanya dari sisi ekologis melainkan juga ekonmisnya.

SDGs 15

SDGs 15

Mencegah degradasi lahan akibat abrasi 

SDGs 1

SDGs 1

Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar

SDGs 13

SDGs 13

Membantu pengurangan emisi karbon 

SDGs 8

SDGs 8

Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar

Pengalaman Menanam Bersama LindungiHutan

Kegiatan penanaman mangrove oleh BCA Syariah di pesisir Tambakrejo, Kota Semarang, dihadiri oleh Sekretaris Perusahaan Nadia Amalia yang mewakili kantor pusat BCA Syariah, Pimpinan Cabang BCA Syariah Semarang Maria Henniwati, perwakilan karyawan BCA Syariah, tim LindungiHutan, dan kelompok CAMAR (Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun) yang dipimpin oleh Yazid.

“Seru pastinya karena ini pengalaman pertama. Kalau bukan karena kegiatan ini belum tentu saya dan teman-teman akan ke sana. Buat kami ini life changing experience ya, kapan sih kita akan terjun-terjun ke dalam lumpur kalau bukan karena melakukan kegiatan ini,”

Ungkap Nadia

Penanaman mangrove di Tambakrejo oleh BCA Syariah memberikan pengalaman menarik bagi tim yang terlibat. Mereka belajar tentang berbagai fakta dan manfaat mangrove, terutama dalam mendukung ekonomi masyarakat setempat.

Logo BCA Syariah

Tentang BCA Syariah

BCAsyariah merupakan lembaga perbankan syariah yang berada dibawah naungan Bank Central Indonesia pada tahun 2009

Unduh annual report LindungiHutan