Connect with us

Wilayah

Pulau Cemara, Kabupaten Brebes: Menjaga Keindahan dan Kelestarian yang Dihantui Abrasi

Published

on

Pulau Cemara Sawojajar Kabupaten Brebes

Terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Barat, Kabupaten Brebes ternyata menyimpan potensi wisata yang banyak orang belum ketahui. Ada berbagai macam destinasi wisata menarik yang dapat wisatawan kunjungi baik itu wisata alam maupun wisata budaya.

Salah satu tempat wisata yang patut untuk dikunjungi yaitu Pulau Cemara yang berada di Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari Brebes. Bagaimana kondisinya? Simak lengkapnya dalam artikel berikut!

Pulau Cemara: Obyek Wisata Andalan Tumpuan Ekonomi Masyarakat Setempat

Pulau Cemara Sawojajar yang terletak di Brebes merupakan hamparan pasir yang membentuk pulau di tengah laut. Pulau tersebut  memiliki ukuran 0,12×5 kilometer dan terletak di sebelah utara Kabupaten Brebes. Sejak tahun 2016, tempat ini banyak menjadi jujugan para wisatawan. Bukan tanpa alasan, pulau ini menawarkan keindahan menawan panorama pantai dengan deretan sejuknya pohon cemara.

Tak heran objek wisata Pulau Cemara mulai banyak diminati oleh wisatawan domestik dari dalam maupun luar Kabupaten Brebes karena keindahan alamnya.

Daya tarik pariwisata yang dimiliki oleh Pulau Cemara meliputi pesona pantai berpasir sejauh mata di sekitar pulau, barisan pohon cemara yang teduh, hamparan hutan mangrove yang membingkai aliran sungai menuju pulau, serta berbagai lokasi yang cocok untuk berfoto di depan kamera.

Selain itu, sudah tersedia beberapa sarana publik seperti toilet, tempat ibadah, dan sejumlah warung makan yang sederhana tetapi memadai.

Baca juga: Hutan Kota Munjul Jakarta Timur: Menjaga Tetap Asri dan Lestari

Keberadaan obyek wisata Pulau Camar nyatanya memiliki peran penting dalam meningkatkan kondisi desa dan penduduk sekitar, contohnya dengan menciptakan peluang pekerjaan baru bagi penduduk desa wisata. Ditambah lagi, kehadiran atraksi wisata tersebut memajukan standar hidup ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Menurut data BPS tahun 2022, wisata Pulau Cemara menjadi salah satu penopang kegiatan perekonomian kreatif untuk warga masyarakat di desa tersebut. Maka dari itu, kelestarian alam yang menjadi nilai utamanya perlu dijaga dan dilestarikan.

Pulau Cemara Sawojajar.
Pulau Cemara Sawojajar, Kabupaten Brebes

Abrasi Mengintai Pulau Cemara

Meski potensial sebagai objek wisata dan banyak dikunjungi masyarakat, bahaya abrasi mengancam Pulau Cemara Sawojajar. Titik kawasan abrasi diidentifikasi berdasarkan data pengamatan citra satelit dan survey lapangan menunjukkan beberapa lokasi di bagian utara Provinsi Jawa Tengah. Terdapat 23 lokasi rawan abrasi yang teridentifikasi di sepanjang pesisir utara Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Brebes salah satunya.

Hamparan pasir yang luas dan gersang sangat cocok untuk dijadikan lokasi penanaman cemara laut. Sebab, kendati tipologi pantai berpasir bukan berarti aman terhadap ancaman abrasi. Minimnya bentuk pertahanan dan penghalang alami berupa vegetasi khas pesisir seperti pohon cemara dapat membuat kerawanan abrasi di lokasi tersebut meningkat.

Pohon cemara laut (Casuarina equisetifolia L.) merupakan salah satu jenis cemara yang memiliki manfaat bagi lingkungan dan turut berdampak bagi kehidupan manusia. Berikut beberapa manfaat ekologis pohon cemara laut:

  • Cemara laut merupakan spesies tumbuhan yang sangat berharga dalam upaya rehabilitasi dan konservasi di wilayah pantai berpasir.
  • Ketahanan pohon cemara laut akan terpaan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam dapat melindungi pertumbuhan tanaman lain.
  • Penanaman cemara laut di sepanjang garis pantai yang membentuk barisan dan lapisan pepohonan bisa diandalkan sebagai benteng terhadap tsunami, gelombang besar, dan erosi pantai.
  • Tempat bernaung penyu belimbing menemukan tempat aman untuk bertelur dan menyembunyikan telurnya.
  • Pohon cemara laut juga menjadi tempat tinggal bagi beberapa spesies hewan yang mampu mendeteksi datangnya bencana alam, menjadikannya sebagai upaya mitigasi bencana yang efektif.

Untuk lebih jelasnya, simak artikelCemara Laut: Ciri-Ciri, Manfaat Ekologis, dan Ekonomi (Update 2022)”.

Bersama LindungiHutan, Cegah Abrasi di Pulau Cemara Sawojajar, Kabupaten Brebes

Penanaman pohon di Pulau Cemara
Penanaman pohon cemara laut di Pulau Cemara Sawojajar bersama LindungiHutan.

LindungiHutan bersama pihak-pihak terkait hadir dalam upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan Pulau Cemara, Brebes melalui program penanaman pohon. Hingga saat ini, ada lebih dari 3.900 pohon cemara laut ditanam di Pulau Cemara.

Tentu, angka tersebut akan terus kami lipatgandakan. Keberadaan pohon-pohon cemara tersebut tentunya akan membawa manfaat besar baik untuk lingkungan maupun masyarakat dari segi pendapatan.

Kamu juga bisa ikut berkontribusi bersama LindungiHutan menanam pohon di Pulau Cemara, Brebes. Caranya dengan berdonasi pohon atau menginisiasi Kampanye Alam melalui website www.lindungihutan.com.

Ayo, bantu LindungiHutan #BersamaMenghijaukanIndonesia!

Baca juga: Desa Sukawali Kabupaten Tangerang, Kampung Bahari Nusantara dan Kondisi Mangrove

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan