Connect with us

Tutorial

Cara Menjalin Kerja Sama Carbon Offset di LindungiHutan

Published

on

kerja sama carbon offset

Sejak revolusi industri yang terjadi pada pertengahan abad 18 silam, aktivitas manusia menjadi kontributor utama atas peningkatan konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK). Dan seperti yang kita ketahui, semakin banyak emisi GRK yang ada di atmosfer, maka semakin panas juga suhu bumi yang kita huni ini.

Oleh karena itu, mengambil tindakan yang secara nyata mengurangi emisi karbon sangatlah penting untuk memerangi perubahan iklim. Dan melalui program kerja sama carbon offset LindungiHutan, lebih mudah bagi individu dan perusahaan untuk merencanakan dan menjalankan proyek pengurangan emisi yang berdampak dan berkelanjutan. 

Lalu, Apa itu Program Kerja Sama Carbon Offset LindungiHutan?

Carbon offset di LindungiHutan sendiri adalah program kerja sama yang menawarkan solusi bagi individu atau bisnis untuk menyeimbangkan emisi karbonnya. Perusahaan dapat menebus emisi dari kegiatan bisnisnya melalui konsultasi perhitungan dan pendampingan pengurangan emisi, carbon offset dengan penanaman pohon secara massal, hingga pembiayaan aksi konservasi yang tersertifikasi.

kerja sama carbon offset
Langkah mudah menjalin kerja sama carbon offset di LindungiHutan.

Mekanisme untuk menjalin kolaborasi pun sangat mudah. Anda hanya perlu  mengisi formulir kerja sama di halaman carbon offset. Untuk lebih jelas, ikuti langkah mudah berikut ini.

Tutorial Isi Formulir Kerja Sama Carbon Offset Melalui Laptop/Desktop

  • Buka laman resmi lindungihutan.com/carbon-offset melalui peramban yang ada di perangkat seperti Chrome, Mozilla, Microsoft Edge, Safari, atau lainnya.
  • Halaman carbon offset akan muncul
kerja sama carbon offset
Klik “Solusi Bisnis” di halaman muka carbon offset LindungiHutan.

Seperti tampilan gambar di atas, terdapat tiga peran yang dapat dipilih untuk menjalankan program carbon offset. Klik tombol “Solusi Bisnis” untuk mengisi formulir kerja sama.

  • Isi data diri
kerja sama carbon offset
Tampilan pengisian formulir kerja sama carbon offset.

Anda akan langsung diarahkan ke pengisian form. Isilah kolom nama, email, nomor telepon/whatsapp, dan nama perusahaan. Pastikan untuk mencantumkan email dan nomor telepon/whatsapp yang masih aktif karena kami akan menghubungi Anda melalui dua kontak tersebut. Klik “Selanjutnya”.

  • Pilih skema kerja sama
kerja sama carbon offset
Pilih program kerja sama yang ingin dijalankan.

Pilih proyek penyeimbangan emisi yang ingin perusahaan jalankan. Terdapat tiga program utama yang dapat dipilih, yaitu konsultasi, carbon offset, dan carbon credit. Anda juga dapat merancang dan menyesuaikan program penebusan emisi dengan memilih custom/other.

Isikan juga sumber informasi yang membawa Anda ke halaman carbon offset dengan mencentang pada kolom yang disediakan.

  • Gulir ke bawah untuk melengkapi formulir
kerja sama carbon offset
Tampilan pengisian formulir kerja sama carbon offset.

Langkah selanjutnya, memilih estimasi anggaran mulai dari nominal yang kurang dari Rp25 juta sampai nominal yang lebih dari Rp250 juta.

Anda juga bisa mengisi kolom ekspektasi dengan menuliskan harapan terhadap program carbon offset yang akan dijalankan, atau ekspektasi lainnya.

Gulir form ke bawah untuk menuliskan pertanyaan seputar program, penawaran atau apapun terkait kerja sama dengan LindungiHutan. Lalu, klik “Kirim”.

  • Formulir Anda sudah kami terima
kerja sama carbon offset
Tampilan penanda formulir kerja sama berhasil terkirim.

Tampilan di atas menandakan bahwa formulir kerja sama sudah kami terima. 

Kemudian, Anda akan langsung mendapat pemberitahuan melalui email dan nomor yang dicantumkan saat pengisian formulir. Tim LindungiHutan akan menghubungi Anda dalam 1-3 hari kerja untuk kelanjutan diskusi program kerja sama carbon offset.

Tutorial Isi Formulir Kerja sama Carbon Offset via Smartphone

Pengisian formulir kerja sama carbon offset juga dapat dilakukan menggunakan smartphone. Langkah-langkahnya pun sama mudahnya dengan pengisian melalui laptop.

kerja sama carbon offset
Klik “Solusi Bisnis”
  • Isi data diri yang diminta
kerja sama carbon offset
Tampilan pengisian formulir kerja sama carbon offset.

Pastikan Anda mengisi nama, email, nomor whatsapp, dan nama perusahaan sesuai dengan data yang sesuai. Pastikan juga email dan nomor whatsapp yang dicantumkan masih aktif. Kemudian klik “Selanjutnya”.

  • Pilih bentuk kerja sama yang paling sesuai
kerja sama carbon offset
Tampilan formulir pemilihan skema kerja sama carbon offset.

Langkah selanjutnya adalah mengisi proyek carbon offset yang diminati dan estimasi anggaran. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pilih dan centang juga sumber informasi yang membawa Anda ke halaman carbon offset. 

Jika Anda memiliki pertanyaan lain terkait program atau LindungiHutan, silakan tuliskan di kolom yang disediakan. Jika sudah memastikan setiap kolom diisi dengan benar, klik “Kirim”.

  • Formulir terkirim
kerja sama carbon offset
Pengisian formulir berhasil.

Anda juga akan langsung menerima notifikasi keberhasilan pengisian formulir melalui nomor dan email yang dicantumkan sebelumnya. Tim LindungiHutan akan menghubungi dalam 1-3 kerja untuk kelanjutan diskusi program kerja sama carbon offset.

Jika Anda tidak mendapat pemberitahuan, silakan hubungi tim LindungiHutan melalui halaman Kontak Kami

Tutorial Mengunduh Dokumen Penawaran Program Carbon Offset

Sementara itu, Anda juga bisa terlebih dahulu mengunduh dokumen penawaran kerja sama carbon offfset. Langkah-langkah yang bisa diikuti adalah:

  • Di halaman carbon offset, gulir terus ke bawah sampai menemukan section penawaran seperti yang tampil di gambar. Lalu klik “Unduh Penawaran
dokumen penawaran carbon offset
Tampilan section unduh penawaran kerja sama carbon offset.
  • Isi data diri singkat
unduh dokumen penawaran carbon offset
Tampilan permintaan unduh dokumen penawaran.

Anda akan diminta untuk mengisi nama, email, nomor whatsapp, dan perusahaan. Pastikan setiap kolom diisi sesuai dengan data dan penulisan yang benar. Pastikan juga email dan nomor yang dicantumkan masih aktif. Kemudian klik “Submit”.

  • Periksa email Anda, dan dokumen penawaran sudah siap diunduh
unduh dokumen penawaran carbon offset
Dokumen penawaran kerja sama akan langsung dikirim ke email yang dicantumkan .

Bukan Hanya Perusahaan

Halaman carbon offset LindungiHutan
Tampilan halaman carbon offset yang dilengkapi dengan program tebus emsi untuk individu.

Selain perusahaan, carbon offset di LindungiHutan juga dapat dilakukan oleh individu. Sebagai individu, kamu dapat menghitung terlebih dahulu jejak karbon dengan carbon calculator Imbangi. Cukup dengan klik “Coba Gratis”, kamu akan langsung diarahkan untuk menghitung jejak karbon dan sekaligus menebusnya.

Baca selengkapnya: Tutorial Carbon Offsetting Menggunakan Kalkulator Jejak Karbon Imbangi

Atau, kamu juga bisa langsung berkontribusi untuk keseimbangan suhu bumi dengan melakukan donasi pohon tanpa melakukan perhitungan emisi. 

Baca selengkapnya: Tutorial Mudah Donasi Pohon di LindungiHutan

Manfaat Carbon Offset Bersama LindungiHutan

Mengurangi emisi dengan carbon offset bersama LindungiHutan memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  1. Menjalankan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan sosial masyarakat
  2. Berkontribusi secara langsung terhadap penurunan emisi global dan menyeimbangkan suhu bumi
  3. Membantu memberdayakan masyarakat lokal yang tinggal di sekitar lokasi penghijauan
  4. Pilihan skema kerja sama yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  5. Program yang memberi dampak berkelanjutan karena kami melakukan site visit berkala dan  jaminan 3 tahun pengamanan keberadaan pohon, penyulaman, pohon ditanam di area tersendiri
  6. Pelaksanaan program yang transparan. Kami memberikan laporan pertanggung jawaban kegiatan program carbon offset dan laporan monitoring setelah pelaksanaan program
  7. Mendapatkan sertifikat khusus sebagai bukti kepedulian terhadap upaya penurunan emisi dengan penghijauan
  8. Perusahaan akan mendapat halaman khusus di website LindungiHutan
  9. Perusahaan dengan skema kredit karbon akan mendapat stok karbon yang tersertifikasi
  10. Memperoleh publikasi kerja sama di berbagai kanal resmi milik LindungIhutan, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah tutorial menjalin kerja sama carbon offset bersama LindungiHutan. Kami telah dipercaya oleh 350+ perusahaan dalam menjalankan proyek hijau mereka. Jalin kolaborasi sekarang, dan rancang program kebaikan lingkungan perusahaan yang mudah dan berkelanjutan dengan klik tautan lindungihutan.com/carbon-offset.

Maswanajih adalah content writer di LindungiHutan yang mempunyai pengalaman untuk penyusunan webcopy dan artikel teknis agar mudah dipahami pembaca dan pengguna.

Rawat Bumi LindungiHutan