Connect with us

Mitra Hijau

BAF Eco Move: Komitmen Lingkungan Bussan Auto Finance Taman Lebih 20.000 Mangrove

Published

on

PT Bussan Auto Finance (BAF)

PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan melalui program BAF Eco Move. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan, BAF berupaya mendukung rehabilitasi hutan mangrove yang rusak di berbagai wilayah pesisir Indonesia.

Sebagai pelaku industri jasa keuangan, BAF turut memberikan dukungan dalam melakukan kegiatan bisnis dengan mengedepankan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Hal ini dibuktikan melalui kegiatan penanaman puluhan ribu mangrove bersama LindungiHutan kali ini.

Hingga Sekarang, Bussan Auto Finance Terus Berkontribusi dalam Pelestarian Lingkungan

Sejak 2021 hingga 2022, Bussan Auto Finance telah menanam lebih dari 115.000 bibit pohon dan 20.000 bibit mangrove di 15 kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Pada tahun ini, BAF kembali berkolaborasi dengan LindungiHutan, sebuah startup yang peduli terhadap hutan dan lingkungan, untuk menanam lebih dari 20.000 bibit mangrove. Penanaman ini dilakukan untuk mendukung rehabilitasi hutan mangrove di berbagai wilayah pesisir Indonesia. Bibit-bibit mangrove tersebut didapatkan dari dukungan karyawan BAF (BAFers), konsumen BAF (BAF Friends), serta pemangku kepentingan BAF lainnya selama periode 1-31 Mei 2024.

Sebanyak 20.300 bibit mangrove ditanam di lima lokasi strategis, yaitu Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (Jakarta Utara), Tambakrejo (Semarang), Pantai Bahagia (Bekasi), Hutan Mangrove Mempawah (Mempawah), dan Pesisir Untia (Makassar). 

Acara seremonial penanaman dilakukan pada 6 Juli 2024 di Kawasan Ekowisata Mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk), dihadiri oleh pihak manajemen dan karyawan BAF, tim LindungiHutan, dan Kelompok Tani Hutan Flora Mangrove.

Program BAF Eco Move juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG No. 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Presiden Direktur BAF, Lynn Ramli, juga menyatakan bahwa BAF berkomitmen untuk menjalankan bisnis yang selaras dengan kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. 

Penanaman mangrove BAF di Ekowisata Mangrove PIK
Kondisi di Kawasan Ekowisata Mangrove PIK.
Kondisi di lokasi penanaman mangrove Tambakrejo Semarang.
Penanaman mangrove BAF di Tambakrejo.
Lokasi penanaman di Pantai Bahagia Bekasi.
Proses penanaman dilakukan di Pantai Bahagia Bekasi.

Baca juga: Inisiatif Hijau Atmos Indonesia Tanam 1.000 Pohon Laban di Taman Nasional Way Kambas

Besar Manfaat Mangrove untuk Wilayah Pesisir

Mangrove memberikan ribuan manfaat penting bagi wilayah pesisir. Secara ekologis, mangrove berfungsi sebagai penahan abrasi, penyeimbang ekosistem, pelindung garis pantai dari kerusakan. Mangrove juga menjadi habitat bagi berbagai spesies ikan, burung, dan satwa lainnya. Selain itu, mangrove berperan sebagai penyerap emisi karbon, membantu mitigasi perubahan iklim. 

Dari segi ekonomi, mangrove mendukung mata pencaharian masyarakat pesisir melalui perikanan dan ekowisata. Mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku arang atau kayu bakar. 

Baca juga: Yayasan WINGS Peduli Tanam 500 Mangrove dalam Program #WINGSPeduliLingkungan

Kolaborasi CSR: Bersama LindungiHutan, Selamatkan Lingkungan

Bersama LindungiHutan aksi penghijauan kini makin mudah, transparan, dan berkelanjutan dari mana saja. Semua orang bisa mengambil peran nyata untuk hutan Indonesia sekarang juga. LindungiHutan hadir menjunjung tinggi nilai mudah, transparan, berkelanjutan, fleksibel, dan inklusif dalam upaya menghijaukan Indonesia dengan menanam pohon di berbagai daerah.

Bagi perusahaan yang ingin turut serta berkontribusi dalam upaya menghijaukan Indonesia bisa dengan mengikuti program The Green CSR. The Green CSR adalah program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang lingkungan dan sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi ekologi, ekonomi, dan sosial masyarakat sekitar hutan dan mitra penggerak LindungiHutan.

LindungiHutan telah bekerja sama dengan 530+ perusahaan dan brand melaksanakan aksi nyata peduli lingkungan di 50+ lokasi di Indonesia. Mari, wujudkan CSR yang berkelanjutan bersama kami!

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jalin kerja sama CSR CorporaTree