Connect with us

Bisnis Lestari

The Wujil Resort & Conventions Gandeng LindungiHutan Tanam 3.000+ Mangrove, Simak Proses dari Awal hingga Akhir

Published

on

The wujil resort & conventions menanam mangrove di Mangunharjo Semarang-min

Dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-7 pada bulan September, The Wujil Resort & Conventions mengambil langkah konkret dalam upaya pelestarian lingkungan. Menggandeng LindungiHutan, The Wujil Resort melakukan aksi penanaman mangrove sebagai bentuk pelestarian dan konservasi kawasan pesisir sekaligus upaya mitigasi perubahan iklim. 

The Wujil Resort menginisiasi kampanye bertajuk “The Wujil Berbagi untuk Bumi: Penanaman 3.480 Pohon Mangrove di Pantai Utara Jawa” sebagai komitmen nyata mewujudkan planet bumi yang lestari dan berkelanjutan. 

Melalui skema CollaboraTree, The Wujil Resort mengajak tamu hotel untuk berdonasi di LindungiHutan dalam kampanye tersebut.  The Wujil berhasil mengumpulkan dan menanam 3.480 bibit mangrove di Mangunharjo Semarang pada 25 September 2023. 

The Wujil Resort & Conventions: Konsep Bisnis yang Ramah Lingkungan Menjadi Perhatian

Bergerak di sektor pelayanan dan hospitality, The Wujil Resort & Conventions sadar akan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari proses bisnisnya. Implementasi bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan kemudian menjadi satu hal penting yang perlu diperhatikan. 

“Jadi menurut kami isu lingkungan memang penting, terus kita juga ga cuma tentang penanaman pohon, kalo The Wujil sendiri juga konsep resort atau hotel kami itu eco friendly, jadi kita meminimalisir penggunaan AC, karena kita konsepnya juga semi outdoor, lampu, air panas yang dipakai oleh tamu-tamu, itu memakai teknologi surya,” Ujar Venni Marketing & Brand Manager The Wujil Resort & Conventions.

Di samping implementasi sustainability yang sudah berjalan dalam proses bisnis, The Wujil Resort & Conventions paham betul bahwa dampak yang dihasilkan bukan hanya baik dari sisi ekonomi bisnis melainkan juga bagi lingkungan dan keberlanjutan planet bumi. 

“Secara ekonomi mungkin kita diuntungkannya kalau misalnya tamu-tamu itu paham dengan penghematan listrik penghematan air, kan cost kita juga akan lebih dapat ditekan, tetapi bagaimana kita bisa menyampaikan ini bukan dengan cara ngomongin penghematannya aja, tetapi mengajak tamu-tamu kita ini untuk apa sih dampaknya dari sekadar bapak/ibu itu matiin lampu saat ini keluar dari kamar aja,” Sambung Venni.

Baca juga: No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Works Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan

Cerita Awal Mula Kolaborasi The Wujil Resort, Mengapa Memilih LindungiHutan?

Inisiatif pelestarian lingkungan The Wujil Resort & Conventions, mengantarkan pertemuan kolaborasi bersama LindungiHutan. Inisiatif The Wujil langsung kami, LindungiHutan, bantu wujudkan.

“Kan kadang kalo kita punya ide maunya langsung dapat jawaban kan, nah teman-teman dari LindungiHutan ini saya boleh bilang memang sangat fast respond, terus rekomendasi lain adalah dari referensi brand-brand yang sudah bekerja sama sebelumnya bersama LindungiHutan,” Cerita Venni.

Di samping itu, kemudahan dan fleksibilitas dalam kolaborasi penanaman pohon, turut membantu proses pelaksanaan penanaman pohon yang The Wujil Resort & Conventions lakukan. 

“Selain fast respond, teman-teman dari LindungiHutan itu dulu sama Mba Maharani sangat terbuka dengan segala kemungkinan, kan kadang kita enggak hanya CSR yang bisa nentuin budget kita, kita bilangnya cuma punya kemampuan sekian, apa nih  yang bisa LindungiHutan kasih kesempatan kita, jadi selain fast respond, flexibility-nya juga dimiliki LindungiHutan,” Terang Venni ketika ditanya mengapa memilih LindungiHutan. 

Baca juga: Intip Cerita DCI Jalankan Program CSR Bersama LindungiHutan, Katanya Acaranya Seru!

Pengalaman Ikut Menanam Langsung di Lokasi Penanaman, Mangunharjo Semarang

Penanaman mangrove sejumlah 3.480 pohon dilakukan di pesisir Mangunharjo Semarang pada 25 September 2023. Penanaman dihadiri oleh teman-teman operation The Wujil Resort & Conventions beserta director dan owner perusahaan. 

Tentu semuanya itu jadi pengalaman berkesan ya, karena kami baru pertama kali melakukan satu penanaman pohon, buat saya dengan satu rekanan partner LindungiHutan ini yang sangat informatif sangat helpfull buat kami,” Cerita Venni ketika kami hubungi via Zoom. 

Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, merupakan salah satu kawasan pesisir di utara Pulau Jawa yang apabila kehilangan hutan mangrove akan terancam abrasi pantai. Sadar akan ancaman tersebut, membuat Sururi, pelopor kegiatan pelestarian mangrove ini, aktif melakukan penanaman mangrove sebagai bentuk rehabilitasi kawasan pesisir tempatnya tinggal.

Aksi Sururi berbuah manis. Beliau menceritakan perubahan yang terjadi di kampungnya. Dulu,  jarak dari kampungnya ke laut tidak sampai satu kilometer akibat abrasi yang menggerus pantai. Namun, keadaan sekarang berbeda. “Kampung saya sekarang jauh dari abrasi,” katanya. Untuk mencapai laut, kini, Sururi harus menempuh jarak tiga kilometer. Perubahan ini menunjukkan bagaimana usaha melawan abrasi telah berhasil mengubah wajah kampungnya. 

Oleh sebab itu, aksi-aksi penanaman mangrove lainnya masih dan terus akan dilakukan. Mengingat, manfaat dan dampak positif keberadaan hutan mangrove penting bagi masyarakat setempat. 

“Terus dari sisi prosesnya, kami jadi tahu, mungkin yang kami lakukan ini hal kecil, tetapi bisa berdampak begitu gede, enggak cuma buat The Wujil tetapi mungkin ini bisa menguntungkan bagi orang-orang yang berada di sekitar situ dan dampak umumnya ya menyelamatkan bumi,” Sambung Venni. 

Baca juga: Simak Cerita Kolaborasi BCA Syariah Bersama LindungiHutan, Bantu Wujudkan Komitmen Aspek Environment ESG Perusahaan

Seberapa Puas The Wujil Resort & Conventions dengan Layanan yang LindungiHutan Berikan?

“Okey, kalau dari 1 sampai 10 aku kasih 11, menurut kami, balik lagi ngomongin sama partner kan kita mencari apa ya, partner gimana sih yang saling mengisi saling melengkapi yang benar-benar kita dapatkan dari LindungiHutan, terus ngelihat ini semua tuh isinya anak-anak muda semua, itu yang bikin kita wah karena ini anak-anak benar-benar inspiratif ya buat kami,” Ungkap Venni. 

Kami, LindungiHutan, juga betul-betul menaruh perhatian terhadap keberlanjutan penanaman pohon yang dilakukan. Kami ingin pohon-pohon yang ditanam tumbuh dan berkembang dengan baik untuk memberikan dampak dan manfaat yang maksimal. Untuk itu, proses monitoring dilakukan secara berkala oleh tim operasional LindungiHutan bersama Mitra Petani di lapangan. 

Hasil dan progress monitoring yang dilakukan bisa diakses melalui halaman profil maupun Kampanye Alam di website LindungiHutan. Dengan demikian, partner juga bisa turut serta memantau perkembangan pohon-pohon yang ditanam, sekaligus sebagai wujud tanggung jawab dan transparansi LindungiHutan. 

“Dan teman-teman LindungiHutan itu, enggak cuma setelah kita melakukan penanaman terus udah bye gitu, selain memang ada monitoring ya, tetapi secara personal itu juga terjalin hubungan baik gitu loh, antar individunya, kaya just say hi, juga sering banget dilakukan oleh Tim LindungHutan,” Pungkas Venni. 

Baca juga: Panduan Mudah Pelaksanaan CSR Lingkungan Perusahaan Anda!

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jalin kerja sama CSR CorporaTree