Connect with us

Mitra Hijau

Langkah Penghijauan Avoskin Tanam 600+ Pohon Trembesi di Kalimantan Barat

Published

on

Penanaman pohon Avoskin

Avoskin merupakan brand dengan fokus usaha yang bergerak di bidang produk kecantikan. Produk/layanan yang dihadirkan oleh Avoskin adalah skincare seperti cleanser, toner, serum, essence, moisturizer, dan lain-lain.

Dalam menjalankan praktik dan proses bisnisnya, Avoskin senantiasa berkomitmen untuk memprioritaskan perlindungan dan pelestarian lingkungan serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sudah menjadi komitmen yang terwujud dalam kebijakan dan nilai Avoskin untuk turut serta mengendalikan dampak lingkungan secara signifikan yang terkait dengan kegiatannya.

Sukseskan Kampanye Alam “Landak : Avorestation 1 Tiket = 1 Pohon”, Avoskin Tanami 681 Trembesi di Bukit Puntong Sumiak Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

Penanaman pohon oleh Avoskin

Komitmen Avoskin dalam mewujudkan lingkungan yang lestari diwujudkan dalam aksi penghijauan. Bersama LindungiHutan, Avoskin menginisiasi kampanye alam bertajuk “Landak : Avorestation 1 Tiket = 1 Pohon sebagai bentuk kontribusi nyata pelestarian alam.

Melalui kampanye alam tersebut, 681 trembesi sukses ditanam di Bukit Puntong Sumiak, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat pada tanggal 6 Desember 2022. Penanaman berlangsung dengan lancar dan dibantu oleh Yopinus Bocong.

Upaya yang dilakukan oleh Avoskin untuk turut serta #BersamaMenghijaukanIndonesia sudah semestinya kita apresiasi bersama.

Avoskin tak lupa akan peran dan tanggung jawabnya untuk bersama-sama ikut menjaga dan melestarikan bumi. Harapannya, inisiasi kampanye alam ini dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat.

Terlebih, kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam perlu ditanamkan dan dipraktikkan oleh banyak orang serta berbagai pihak. Kami percaya, makin banyak ‘tangan’ yang terlibat maka semakin banyak pula mereka yang turut menjaga.

Baca juga: Scarlett Sukseskan Penghijauan Tanam 1.000 Mangrove di Kabupaten Indramayu

Langkah Konservasi Lingkungan di Bukit Puntong Sumiak Kabupaten Landak

Pemilihan Bukit Puntong Sumiak sebagai lokasi penanaman tentu bukan tanpa pertimbangan, mengingat terdapat beberapa persoalan lingkungan yang melingkupinya.

Bukit Puntong Sumiak berada di Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Secara administratif, Bukit Puntong Sumiak berstatus sebagai hutan produksi dan hutan lindung. Status hutan lindungi diberikan guna melindungi segala keanekaragaman yang ada di wilayah tersebut, termasuk orang utan, landak, tengkawang, dan kantong semar.

Dalam rangka penyuksesan program kerja sama dengan pemerintah, masyarakat Bukit Puntong Sumiak secara komunal kemudian mengubah lahan menjadi kebun budidaya kelapa sawit, petai, dan jengkol. Kondisi kemudian menunjukkan adanya perubahan lanskap hutan menjadi tempat bercocok tanam. Sayangnya, perubahan kawasan hutan menjadi perkebunan tidak serta merta membuat taraf hidup masyarakat menjadi baik. Justru yang terjadi adanya degradasi kondisi lingkungan.

Maka dari itu, LindungiHutan bersama Yopinus Bocong menanam pohon trembesi di Bukit Puntong Sumiak sebagai langkah konservasi. Yosinus selaku masyarakat asli setempat mengaku perlu adanya usaha kolektif dari akar rumput untuk bersama melestarikan hutan dan lingkungan. Harapannya, hutan yang sehat selain sebagai rumah bagi flora dan fauna juga membawa kebaikan bagi masyarakat yang menggantungkan hidupnya kepada hutan.

Berkaca kepada kondisi lingkungan di daerah Bukit Puntong Sumiak, LindungiHutan bersama Avoskin mengambil inisiasi penanaman 681 pohon trembesi sebagai langkah konservasi dan restorasi lingkungan.

Selain dari sisi ekologi, partisipasi penanaman pohon ini juga telah mendukung poin-poin program Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat pertambangan dan aktivitas manusia (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8)

Ciri-ciri Pohon Trembesi dan Manfaatnya

Pohon trembesi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki tajuk lebar. Bahkan, lebar dan pertumbuhan tajuknya melebihi tinggi tanaman tersebut. Oleh sebab itu, trembesi kerap dimanfaatkan sebagai pohon peneduh. Pohon ini memiliki ciri-ciri:

  • Daun trembesi majemuk dengan pangkal tangkai berukuran 7-15 cm. Permukaan bagian bawah daunnya terdapat bulu-bulu kecil dan halus. Uniknya, ketika gelap atau malam, daun trembesi akan menutup atau melipat.
  • Buah trembesi berbentuk panjang, tetapi sedikit melengkung. Ukuran buah sekitar 10-20 cm, lebar 1,5-2 cm, dan tebal 0,6 cm. Ketika matang, buah trembesi berwarna cokelat kehitaman.
  • Bentuk batang trembesi tidak beraturan, terkadang bengkok atau menggelembung besar. Warna kulit batang cenderung cokelat kehitaman ketika berumur tua.
  • Pohon trembesi memiliki akar kuat dan mudah untuk menjalar ke dalam tanah. Akibatnya, pohon ini sulit untuk tumbang.
  • Bunga trembesi memiliki ciri warna putih disertai bercak merah muda atau merah kekuningan dan panjangnya sekitar 10 cm. Bunga trembesi mengeluarkan nektar untuk menarik perhatian serangga.

Adapun, manfaat ekologi dari pohon trembesi antara lain:

  • Pohon trembesi bermanfaat sebagai pelindung di perkebunan teh, kopi, dan kokoa,
  • Akarnya mendukung persediaan cadangan air tanah,
  • Pohon trembesi penyerap karbon yang baik, dalam satu tahun satu pohon dapat menyerap 28,5 ton gas CO2 (diameter tajuk 15 meter),
  • Penyerap timbal yang efektif,
  • Sebagai tempat peristirahatan burung,
  • Pohon peneduh yang baik,

Sementara itu, potensi manfaat ekonominya seperti:

  • Polongnya dapat dimakan,
  • Getahnya digunakan sebagai pengganti getah arab,
  • Biji trembesi ternyata bisa diolah menjadi selai,
  • Daun trembesi untuk bahan baku pembuatan tinta,
  • Daunnya tinggi protein kasar dan cocok untuk ransum ternak ruminansia.

Baca juga: Aizen Beauty “Revive the Earth”: Program Kolaborasi Penghijauan untuk Kelestarian Kota Makassar

5 Alasan Brand Anda Perlu Melakukan CollaboraTree Bersama LindungiHutan

Melaksanakan program kebaikan dan peduli lingkungan brand Anda tidak perlu menyita waktu dan tenaga. Melalui CollaboraTree, LindungiHutan bantu wujudkan aksi nyata brand peduli lingkungan untuk kelestarian hutan.

Sederhanannya, CollaboraTree merupakan sebuah program untuk brand peduli lingkungan agar dapat merealisasikan kepeduliannya menjadi bentuk nyata dengan aksi penghijauan bersama LindungiHutan.

Berikut ini 5 alasan brand/perusahaan Anda perlu menjalin kerja sama dengan LindungiHutan yaitu:

1.   Mudah dan berkelanjutan, LindungiHutan menjalin kerja sama dengan Penggerak penghijauan dan petani hutan untuk mempermudah proses penanaman dan memberikan manfaat ekonomi dan sosial kepada masyarakat sekitar hutan.

2.   Meningkatkan citra baik brand/perusahaan di mata publik.

3.   Menumbuhkan kredibilitas bisnis dan kepercayaan konsumen, karyawan, mitra usaha, vendor atau auditor terhadap komitmen brand/perusahaan untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan publik.

4.   Menaikan penilaian investor dan pemegang saham perusahaan.

5.   Skema kerja sama, biaya, dan lokasi kegiatan dapat diatur dan dibicarakan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan