Connect with us

Lingkungan

Hari Gerakan Sejuta Pohon: Sejarah dan Kenapa Kita Perlu Memperingatinya! (Update 2023)

Published

on

Sejarah dan tujuan hari gerakan sejuta pohon.

Ada yang tahu momen spesial apa setiap tanggal 10 Januari? Yup, Hari Gerakan Sejuta Pohon Internasional! Kenapa menanam pohon harus dijadiin hari penting? Enggak kebanyakan tuh menanam 1 juta pohon dalam sehari?

Well, daripada kamu penasaran, simak artikel berikut ini ya!

Apa itu Hari Gerakan Sejuta pohon?

Mengutip dari laman Pemerintah Kabupaten Asahan, gerakan tersebut dicanangkan pertama kali oleh Presiden Soeharto di Jakarta pada tanggal 10 Januari 1993. Jadi waktu itu, Presiden Soeharto menyampaikan pidato yang isinya mengajak masyarakat untuk melakukan Gerakan Satu Juta Pohon. Harapannya, masyarakat bisa menanam pohon literally sampai melampaui satu juta pohon di tiap provinsinya.

Gambar hari gerakan sejuta pohon dan kenapa kita perlu memperingatinya.
Ternyata, peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon berawal dari pidato Presiden Soeharto tentang ajakannya menanam pohon.

Kalau dipikir-pikir, ajakan Presiden Soeharto ada benernya juga! Sebab, di setiap tanggal 10 Januari, mau itu sekarang atau pada tahun-tahun berikutnya, kita akan mengingat bahwa ada tanggung jawab bersama untuk menghijaukan Indonesia. Salah satu caranya ya dengan menanam pohon!

Kedengarannya memang berat kalau lihat ajakannya, gimana enggak, 1 juta pohon loh! Padahal kenyataannya, butuh berjuta-juta pohon lagi untuk membuat bumi ‘hijau’ kembali. Intinya sih mulai tanam dulu pohonmu lalu ajak orang lain untuk ikut menanam! Kalau kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit!

Mengapa Diperlukan Adanya Gerakan Menanam Sejuta Pohon?

Tujuan peringatan hari gerakan sejuta pohon.
Ada banyak manfaat menanam pohon, maka dari itu perlu kita lakukan bersama.

Kalau ngomongin soal pohon, tentu ada banyak manfaatnya baik itu untuk makhluk hidup, bumi, maupun lingkungan.

Salah satu manfaat yang paling besar dan dekat dengan kita—mengingat maraknya fenomena pemanasan global, pohon terbukti efektif menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Fyi, karbon dioksida itu termasuk jenis gas efek rumah kaca yang dampaknya bikin bumi makin panas. Maka dari itu, menanam pohon bisa jadi salah satu cara paling mudah dan murah untuk memerangi pemanasan global.

Biar makin paham kenapa perlu ada Hari Gerakan Sejuta Pohon, berikut ada beberapa manfaat menanam pohon lainnya yang perlu kamu ketahui!

  • Pohon dapat mencegah potensi bencana alam (banjir, tanah longsor, abrasi, terjangan air) dan salah satu langkah mitigasi bencana.
  • Menahan laju air hujan dan menjaga keberadaan air tanah untuk mengurangi risiko kekeringan di musim kemarau,
  • Mencegah erosi tanah (pengikisan lapisan tanah) akibat arus air, angin, dan faktor alam lain yang mengurangi jumlah lahan produktif,
  • Membantu mengurangi risiko desertifikasi (perubahan lahan menjadi gurun pasir) yang tandus dan gersang serta peningkatan area lahan kritis,
  • Menurunkan tingkat suhu di sekitar hutan dan kawasan pohon tumbuh. Juga, meningkatkan kelembapan udara,
  • Tempat hidup berbagai satwa, hewan, serangga, primata, burung dan fauna lain yang menggantungkan diri dari kelestarian hutan,
  • Melindungi keseimbangan alam dan mengurangi polusi udara, cahaya, suara, dan zat polutan yang terjadi di kawasan perkotaan dan permukiman.

Intinya, Hari Gerakan Sejuta Pohon pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kalau menanam pohon itu penting dan berdampak baik terhadap bumi.

Rayakan Hari Gerakan Sejuta Pohon Bersama LindungiHutan

Salah satu misi LindungiHutan adalah mengajak kamu semua bersama-sama menghijaukan Indonesia. Kami paham betul, ini bukan pekerjaan yang mudah. Namun, bukankah lebih baik jika kita segera memulainya dengan langkah sekecil apapun, ketimbang diam dan menggerutu atas keadaan yang ada.

Kalau kata Miftachur ‘Ben’ Robani, CEO LindungiHutan, semua bisa diawali dengan satu pohon yang ditanam.

“Mau itu satu juta mau itu satu miliar, semua itu dimulai dari satu ya, dan mulai satu itu enggak sebagaimana sulit sih, nah LindungiHutan itu nawarin biar kamu bisa menanam satu pohon mulai dari cuma Rp10.000,00, semoga sih ini bisa jadi alternatif, bagi yang udah sibuk, tetapi enggak bisa punya cukup banyak waktu untuk lingkungan,” Ungkap Ben.

Ben juga mengatakan bahwa Hari Gerakan Sejuta Pohon bisa jadi pengingat agar kita semua sadar akan pohon dan fungsinya.

“Bagi kami di LindungiHutan menanam pohon itu merupakan kegiatan yang kami lakukan setiap hari, tetapi perlu momentum-momentum seperti Gerakan Sejuta Pohon untuk ngasih trigger,atau ingatan ke orang lain yang memang hari-harinya itu dipenuhi dengan hari-hari yang lain, semoga sih dengan momentum ini orang juga aware terhadap pohon dan fungsinya, kemudian bisa melakukan sesuatu untuk lingkungan, alam, dan bumi yang kita cintai,” Pungkas Ben.

Wujudkan Satu Juta Pohon! Yuk Tanam Pohonmu Bareng LindungiHutan!

Rayakan gerakan sejuta pohon bersama LindungiHutan! Kami punya solusi yang memudahkan semua orang ikut menanam pohon dan berpartisipasi dalam upaya penghijauan Indonesia. Kamu bisa berdonasi mulai dari Rp10.000,00 per pohonnya melalui pilihan kampanye alam yang ada.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *