Connect with us

Hutanpedia

8+ Manfaat Buah Nona Bagi Kesehatan, Kembaran Srikaya yang Kaya Antioksidan

Published

on

Gambar buah nona

Buah nona merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat untuk pengobatan berbagai penyakit. Buah ini berasal dari jenis pohon Annona reticulata yang termasuk ke dalam famili Annonaceae

Sekilas buah ini sangat mirip dengan srikaya karena memang keduanya termasuk ke dalam golongan famili yang sama. Padahal, di antara keduanya memiliki perbedaan loh! Penasaran? Yuk, kenali lebih dalam tentang buah nona dan manfaat yang dikandungnya!

Buah Nona Itu Buah Apa?

Buah nona merupakan jenis pohon yang banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Buah ini dikenal karena khasiat gizi dan obatnya.

A. reticulata merupakan jenis pohon yang tersebar luas di daerah beriklim tropis. Di berbagai daerah tumbuhan ini dibudidayakan untuk dimanfaatkan buahnya (Lim, 2011).

A. reticulata tergolong dalam jenis pohon kecil yang hanya dapat tumbuh hingga 6-7,5 m. Memiliki banyak cabang lateral dan batang yang berbentuk silindris. Daunnya berbentuk lanset, berselaput, ujung daun lancip, pangkal daun membulat, dan pangkalnya biasanya menguning (Ketaren, 2021).

Adapun, bentuk buah ini mirip dengan hati, memiliki tekstur yang kasar, dan berwarna kuning yang berubah menjadi merah kekuningan saat mulai masak. Buahnya memiliki rasa yang manis dan sedikit sepat.

Apa Perbedaan Buah Srikaya dan Buah Nona?

Buah nona (A. reticulata) dan buah srikaya (A. squamosa) memang memiliki visual yang identik jika dilihat sekilas. Beda buah nona dan srikaya secara kasat mata terletak pada warna kulit luar buahnya, buah nona memiliki warna kulit luar berwarna merah sedangkan srikaya berwarna hijau.

Baca juga: 10+ Manfaat Buah Persik, Buah dari para Dewa yang Lezat dan Penuh Khasiat

Manfaat Buah Nona

1. Mencegah Penuaan Dini

Semakin bertambahnya usia, kandungan kolagen dalam tubuh akan semakin menurun tingkat produksinya sehingga menyebabkan penuaan kulit. Untuk dapat menjaga dan menunda penuaan pada kulit maka diperlukan vitamin C dan kolagen.

Salah dua kandungan buah nona yaitu vitamin C dan vitamin E. Kandungan vitamin tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan kolagen alami dalam kulit. Kolagen berfungsi untuk mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, membuat kulit menjadi halus dan elastis serta kulit terlihat lebih glowing.

2. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan kolagen di dalam buah memiliki efek positif terhadap kulit. Mengonsumsi buah ini secara teratur akan membuat kulit terlihat lebih segar dan cerah sehingga penampilan akan terlihat lebih muda.

Manfaat buah nona

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi mengatur aliran darah agar bergerak ke suatu arah. Kesehatan jantung menjadi hal yang sangat esensial bagi kesehatan manusia secara utuh. 

Buah nona memiliki kandungan kalium dan zinc yang tinggi. Mengonsumsinya secara teratur dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu menormalkan tekanan darah.

4. Mendukung Kestabilan Gula Darah

Menjaga kadar gula darah tetap normal menjadi sebuah kewajiban untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan untuk menghindari berbagai risiko negatif akibat kadar glukosa yang terlampau tinggi.

Buah nona memiliki kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsinya secara teratur dapat mendukung kestabilan gula darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5. Manfaat Buah Nona Mampu Cegah Anemia

Anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah di dalam tubuh sehingga aliran oksigen tidak normal. Akibatnya napas menjadi sesak, detak jantung lebih cepat, pusing, dan lain sebagainya.

Buah nona memiliki kandungan riboflavin (Vitamin B2) yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah ini secara teratur dapat mengatasi anemia. Selain itu, kandungan riboflavin juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah.

6. Baik Untuk Sistem Saraf dan Otak

Dilansir dari andrafarm.com, setiap 100 gram buah nona segar memiliki kandungan 325,70 mg tembaga, 312,5 mg kalium, dan 0,16 mg riboflavin. Hal tersebut menunjukan bahwasanya kandungan tembaga kalium, dan riboflavin dalam buahnya cukup tinggi.

Konsumsi secara teratur dapat menyembuhkan sakit kepala ringan/migrain, menopang fungsi kognitif (kemampuan berpikir), memberikan manfaat neurologis, dan membantu perkembangan otak.

7. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Kandungan kalium dan tembaga yang cukup tinggi pada buah nona bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi buah ini secara teratur dapat mendukung pertumbuhan tulang, menunjang dan meningkatkan kesehatan tulang, mencegah resiko osteoporosis.

8. Baik Untuk Sistem Ekskresi dan Urinaria

Kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah nona baik untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi. Mengonsumsi buah ini secara teratur dapat menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal.

9. Manfaat Buah Nona Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan buah nona juga kaya akan tembaga dan beta-karoten yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah ini secara teratur dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, menjaga, dan meningkatkan sistem imun, bertindak sebagai antioksidan, mencegah kerusakan oksidatif dalam tubuh.

Baca juga: Pohon Murbei: Si Hitam Manis Pemilik Segudang Manfaat

FAQ

Apakah Buah Nona Bisa Dimakan?

Buah nona memiliki daging buah yang manis dan terkadang masam serta dapat dimakan.

Apakah Buah Nona Langka?

Cukup sulit ditemukan karena pohonnya hanya menghasilkan sedikit buah pada saat musim produksi.

Buah nona itu apa?

Buah ini banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Buah ini dikenal karena khasiat gizi dan obatnya.

Apa perbedaan buah sirkaya dan buah nona?

Secara kasat mata warna kulitnya memang mirip, tetapi buah nona memiliki warna kulit luar berwarna merah sedangkan srikaya berwarna hijau.

Penulis: Bilal Adijaya

Ingin Menanam Pohon Tanpa Ribet? Bareng LindungiHutan Aja!

LindungiHutan adalah website donasi online, galang dana, dan kerja sama untuk kelestarian hutan Indonesia yang telah memiliki izin dan terpercaya. Salurkan niat kebaikan untuk membantu sesama dan alam dengan sedekah pohon untuk keberlangsungan masa depan kita!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan