Connect with us

Bisnis Lestari

CSR Awards, Kenapa Penting bagi Perusahaan?

Published

on

CSR awards

Di era bisnis modern, mendapatkan pengakuan melalui CSR awards telah menjadi faktor kunci bagi perusahaan untuk membedakan diri dari kompetitor dan membangun reputasi yang kuat. 

CSR awards tidak hanya memberikan pengakuan atas inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang berhasil, tetapi juga berfungsi sebagai bukti nyata komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut!

Apa Itu CSR Awards?

Corporate Social Responsibility atau CSR awards adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang menunjukkan komitmen dan kontribusi signifikan terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan. 

Penghargaan ini diberikan untuk mengakui upaya perusahaan dalam menjalankan program yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, serta mendorong praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Nah, dalam proses penentuannya terdapat beberapa aspek atau kriteria penentu yang memengaruhi penilaian CSR awards. Tentunya setiap penyelenggara memiliki ketentuan masing-masing. 

Jika mengutip dari laman topbusiness.id, kriteria penilaian yang diberikan dalam ajang Top CSR Awards 2020 (Diberikan oleh majalan Top Business) ada tiga aspek yaitu:

  • Sejauh mana perusahaan mengadopsi ISO 26000 tentang Tanggung Jawab Sosial,
  • kesesuaian program CSR dengan strategi bisnis perusahaan,
  • bagaimana prinsip-prinsip GCG (Good Corporate Governance) mendasari pelaksanaan program CSR perusahaan.

Baca juga: CSR Berbasis Lingkungan Solusi Bisnis Berkelanjutan bagi Perusahaan

Mengapa CSR Awards Penting?

Program CSR sendiri sudah jelas mendatangkan banyak manfaat bukan hanya bagi lingkungan dan masyarakat tetapi juga perusahaan itu sendiri. Perusahaan yang sukses menjalankan program CSR-nya secara berdampak dan berkelanjutan akan mendapatkan citra positif baik dari konsumen, investor, maupun stakeholder lainnya. 

Maka, ketika perusahaan memenangkan CSR awards, ada semacam verifikasi atau garansi program CSR yang dilakukannya jelas berdampak. Paling tidak bukan hanya dipandang sebagai tindakan filantropi. CSR justru bisa menjadi peluang, inovasi, dan keunggulan kompetitif yang menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham.

Menurut Benjamin dan Biswass dalam Does winning a CSR Awards increase firm value?”  memenangkan penghargaan CSR menunjukkan bahwa pihak ketiga seperti media, mengakui bahwa kegiatan perusahaan tersebut bernilai bagi masyarakat. Penghargaan CSR memiliki potensi untuk memberi sinyal kepada pasar tentang apa yang telah dicapai penerima penghargaan dalam hal keterlibatan CSR dan meningkatkan reputasi perusahaan secara signifikan. 

Sejalan dengan Benjamin dan Biswass, Anrini dalam Peran CSR Awards Terhadap Citra Perusahaan dalam Komunikasi Antar Budaya” juga menjelaskan bahwa CSR awards jelas berpengaruh positif terhadap citra perusahaan. Lebih jelasnya, penghargaan tidak hanya memperbaiki citra perusahaan, tetapi juga memengaruhi liputan media, baik cetak maupun elektronik, mengenai CSR awards. Pemberitaan media massa memberikan citra positif bagi perusahaan-perusahaan yang mengikuti penghargaan, terutama bagi mereka yang menjadi pemenang. 

Jadi, kesimpulannya, CSR awards berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra baik maupun reputasi perusahaan kaitannya dengan pemberitaan media.

Baca juga: Laporan CSR – Panduan, Langkah-Langkah Pembuatannya, dan Best Practice

Daftar Ajang CSR Awards yang Bisa Perusahaan Anda Ikuti

Sebagai CSR Officer atau Sustainability Officer, berikut ini ada beberapa penghargaan CSR di Indonesia yang bisa di-apply oleh perusahaan Anda:

1. Indonesia Green Awards

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan dan keberlanjutan. Kategori penghargaan ini meliputi berbagai inisiatif lingkungan seperti konservasi energi, pengelolaan air, dan keanekaragaman hayati. 

Website: https://indonesiagreenawards.com/ 

2. Top CSR Awards

Top CSR Awards diberikan oleh majalan Top Business, penghargaan ini mengakui perusahaan yang memiliki program CSR terbaik dan berkelanjutan. Evaluasi didasarkan pada efektivitas program CSR dan kontribusinya terhadap pembangunan berkelanjutan.

Website: https://www.topbusiness.id/ 

3. Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA)

BISRA 2024 merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang menunjukkan komitmen tinggi dalam menjalankan program CSR. Penghargaan ini bertujuan untuk mendukung perusahaan dalam mengelola program CSR yang efektif, memberikan dampak luas, berkelanjutan, dan membantu mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Website: BISRA Awards

4. Indonesia CSR Awards (ICA)

Diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR, penghargaan ini mengakui perusahaan yang berhasil menjalankan program CSR yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Website: https://csr-indonesia.com/

5. IDX Channel CSR Award

Penghargaan ini diberikan oleh IDX Channel kepada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang memiliki program CSR terbaik dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan lingkungan.

Website: https://www.idxchannel.com/ 

Best Practices Program CSR Perusahaan yang Bisa Anda Ikuti

Sebagai seorang CSR officer atau pihak yang bertanggung jawab terhadap jalannya program CSR perusahaan, Anda bisa menerapkan best practice berikut ini:

  1. Fokus pada dampak sosial dan lingkungan yang signifikan. Pastikan program CSR Anda memiliki dampak yang nyata dan signifikan terhadap masyarakat atau lingkungan. Dampaknya dapat diukur dan trackable.
  2. Transparansi dan pelaporan. Selain dampaknya terukur, penting juga untuk memiliki laporan yang jelas dan transparan mengenai kegiatan CSR. 
  3. Inovasi dan kreativitas. Program CSR idealnya tidak hanya tentang charity atau filantropi tetapi juga bisa tentang-tentang proyek-proyek berkelanjutan atau penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi program CSR.
  4.  Keterlibatan karyawan. Program CSR yang melibatkan karyawan dengan baik sering kali lebih sukses. Berikan kesempatan bagi karyawan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan CSR.
  5. Kolaborasi dan kemitraan. Penting juga untuk menjalin kemitraan dengan organisasi non-profit, pemerintah, atau sektor swasta lainnya untuk memperluas dampak program CSR Anda. Kolaborasi ini bisa meningkatkan visibilitas dan validitas program CSR.

Baca juga: Penanaman Mangrove, Ide Program CSR Lingkungan yang Berdampak

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jalin kerja sama CSR CorporaTree