Connect with us

Bisnis Lestari

CSR Adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat CSR

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

Program CSR

CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan respon perusahaan tersebut.

Tindakan ini merupakan respon dan langkah nyata perusahaan untuk berkontribusi bagi sosial maupun lingkungan tempat dimana perusahaan tersebut berada guna meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas pengertian, jenis-jenis CSR, tujuan, fungsi dan manfaat program corporate social responsibility.

Pengertian CSR Adalah

Setiap organisasi khususnya perusahaan memiliki tanggung jawab sosisal atau Corporate Social Responsibility terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam beberapa aspek operasional perusahaan.

Umumnya tanggung jawab tersebut merupakan rasa sosial terhadap aspek yang berdampak pada lingkungan seperti polusi, limbah hasil produksi, keamanan produk dan tenaga kerja.

Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT) pada pasal 1 ayat 3 menyatakan CSR sebagai berikut:

“Tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.”

Berdasarkan UU di atas, setiap perseroan terbatas (PT) mengemban tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Namun, kewajiban menjalankan program CSR dalam hukum hanyalah bagi perusahaan atau PT yang kegiatannya ataupun usahanya berkecimpung di dalam bidang atau yang berkaitan dengan sumber daya alam sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Jadi, CSR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap keadaan sosial dan linkgungannya yang ditunjukan kepada masyarakat di sekitar perusahaan maupun masyarakat secara luas.

Infografis CSR.
Gambar infografis CSR oleh LindungiHutan.

Program CSR Meliputi Apa Saja?

Beberapa jenis program CSR yang dapat perusahaan lakukan untuk menjalankan tanggung jawab sosialnya antara lain berupa:

1. Rehabilitasi Alam

Perusahaan yang menghasilkan limbah dalam produktivitasnya dan menggunakan sumber daya alam seperti pepohonan, minyak bumi dan batu bara, harus dapat menjaga kelestarian alam di lingkungan sekitarnya. Karena, limbah dapat menimbulkan berbagai dampak terhadap kebersihan udara, kesuburan tanah, dan kebersihan air.

Oleh karena itu, perusahaan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti reboisasi hutan, penanaman pohon bakau, menjaga kelestarian terumbu karang, dan sebagainya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kami, di LindungiHutan juga membantu para perusahaan maupun brand yang ingin berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Bagaimana caranya? Cek di sini!

2. Penggunaan Sumber Energi Terbarukan

Selain menggunakan sumber daya alam yang tingkat kepunahannya tinggi seperti minyak bumi dan batu bara, perusahaan dapat memanfaatkan sumber daya lainnya seperti air, udara, dan angin untuk mendukung aktivitas produksi perusahaan.

3. Pengolahan Limbah

Limbah yang dihasilkan harus dapat dikelola dengan teknik yang tepat oleh perusahaan agar tidak merusak keseimbangan ekosistem alam. Contoh sederhana program CSR perusahaan berupa pengolahan limbah yaitu mengelompokkan berdasarkan kategori sebagai berikut:

  • Limbah organik (limbah yang mudah terurai di tanah), seperti dedaunan yang rontok dan kotoran ternak, yang bisa dimanfaatkan kembali menjadi pupuk.
  • Limbah anorganik (limbah yang sulit diurai), seperti barang-barang dari bahan plastik dan kaca yang sudah tidak dipakai, yang bisa didaur ulang kembali.
  • Limbah beracun, seperti sisa-sisa dari bahan kimia yang digunakan selama proses produksi (oli bekas, tumpahan minyak, dan lain-lain).

Baca juga: Penjelasan Lengkap PROPER bagi Perusahaan: Pengertian, Sejarah, Peringkat, Landasan Hukum dan Manfaatnya

4. Filantropi

Program CSR perusahaan juga dapat dilakukan dengan berbagai macam kegiatan kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan atau filantropi.

Kegiatan ini bisa dilakukan dalam bentuk pembinaan dan pemberian dana dalam mengelola UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), membuka penggalangan dana untuk membantu masyarakat kurang mampu dan korban bencana, dan sebagainya.

5. Budaya Kerja Ramah SDM (Sumber Daya Manusia)

Selain pemberian dalam bentuk materi, program CSR perusahaan juga dapat dilakukan dalam bentuk penanaman nilai dan sikap untuk menghasilkan SDM yang baik dengan memberikan beasiswa dan pelatihan.

6. Pemberdayaan Ekonomi Karyawan

Pelaksanaan CSR juga dapat dilakukan kepada karyawan perusahaan itu sendiri seperti meningkatkan skil atau kemampuan karyawan sehingga memiliki pemberdayaan dari segi ekonomi, seperti melatih kemampuan wirausaha, membentuk koperasi karyawan, dan lain-lain.

7. Volunteering

Volunteering atau kegiatan sukarela juga merupakan salah satu bentuk implementasi corporate social responsibilty.

Karyawan dari suatu perusahaan dapat menjadi sukarelawan dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti menjadi sukarelawan ke daerah yang menjadi bencana atau mengirimkan tenaga pengajar dan tenaga medis ke daerah-daerah terpencil, dan lain-lain.

Apa Tujuan Dilakukannya CSR?

Setiap program yang dibuat oleh suatu perusahaan memiliki tujuan dari pelaksanaannya. Adapun tujuan CSR secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan nama baik dan citra perusahaan.
  2. Menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pemangku kepentingan.
  3. Membantu menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar.
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Bahan promosi dan pemberitaan yang dapat dimanfaatkan berulang-ulang.

Baca juga: PT Pigeon Indonesia Melakukan CSR dengan Tanam 5 Ribu Pohon

Fungsi

Fungsi dari pelaksanaan CSR adalah sebagai berikut:

1. Mempererat Hubungan dengan Masyarakat Sekitar

Dengan adanya CSR, masyarakat dapat merasakan manfaat atas keberadaan dari suatu perusahaan di lingkungan mereka. Hal ini dapat memberikan gambaran positif yang bisa bepengaruh terhadap keberlangsungan usaha (going concern) bagi perusahaan tersebut.

Perusahaan akan lebih mudah dalam beroperasi menjalankan produktivitasnya dengan adanya dukungan masyarakat yang merasakan manfaat CSR di lingkungan mereka.

2. Mempermudah dalam Memperoleh Bahan Baku

Pengelolaan tanggung jawab sosial yang tepat dapat menjadi nilai tambah dalam bersaing dengan perusahaan lain untuk mendapatkan bahan baku.

3. Memperluas Pangsa Pasar

CSR yang dilakukan bisa membuat nama perusahaan dan produk-produknya menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Sehingga dapat meningkatkan loyalitas dari para konsumen dan memungkinkan untuk menambah juga memperluas pangsa pasar baru.

4. Meningkatkan Semangat Karyawan dalam Berinovasi

Meningkatnya reputasi yang baik dari masyarakat untuk perusahaan juga dapat meningkatkan semangat kerja karyawan untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk dan karya yang lebih baik daripada sebelumnya.

Manfaat Corporate Social Responsibility

Setelah mengetahui pengertian CSR dan tujuannya, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari berbagai pihak melalui program tanggung jawab sosial.

Berikut ini manfaat CSR bagi pihak-pihak terkait:

1. Manfaat CSR bagi Perusahaan

  • Meningkatkan citra perusahaan.
  • Membedakan perusahaan dengan kompetitor usaha atau perusahaan saingan.
  • Memperkuat brand dari produk perusahaan di masyarakat.
  • Memiliki kesempatan kerjasama yang lebih besar dengan perusahaan lain.
  • Sebagai bentuk promosi bagi perusahaan

Baca juga: Apa itu Social Return on Investment? Pengertian, Kriteria, Manfaat dan Rumus Perhitungan SROI

2. Manfaat Tanggung Jawab Sosial bagi Masyarakat

  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Penyerapan tenaga kerja dari masyarakat sekitar.
  • Memiliki kesempatan mengikuti program pemberdayaan yang diadakan oleh perusahaan.
  • Membantu dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  • Tersedianya fasilitas umum di lingkungan masyarakat.
  • Meningkatkan kesejahteraan pendidikan melalui beasiswa bagi siswa kurang mampu.

3. Manfaat Corporate Social Responsibility bagi Pemerintah

Manfaat CSR dalam bidang sosial, lingkungan, kesehatan, dan pendidikan bagi pemerintah yaitu, mendukung terlaksananya program-program sosial dari pemerintah melalui perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas, sehingga diharapkan dapat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa dan negara.

4. Manfaat untuk Pihak Lain

Program CSR dapat memiliki dampak yang positif bagi pihak-pihak lain sperti pemegang saham dan konsumen. Dengan dijalankannya program tanggung jawab sosial citra perusahaan dapat meningkat dimata investor untuk menanamkan modal diperusahaan tersebut.

Adapun dari sisi konsumen, program tanggung jawab sosial dapat meningkatkan rasa percaya atau tingkat kepercayaan terhadap perusahaan untuk menggunakan produk ataupun jasa perusahaan tersebut.

Dari penjelasan diatas bahwa tanggung jawab sosial bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas lingkungan. Ternyata banyak manfaat yang dapat dirasakan dari berbagai pihak, tidak hanya bagi perusahaan namun dari masyarakat pun dapat merasakan dampak positif adanya program corporate social responsibility.

Baca juga: 10 NGO dan Yayasan Bidang Lingkungan Paling Terkenal di Indonesia

Penulis: Rifdah Qotrunnada

Editor: M. Nana Siktiyana

Jalin Kerjasama dan Gelar Program Corporate Social Responsibility bersama LindungiHutan

Puluhan brand dan perusahaan telah mempercayakan LindungiHutan untuk mengelola proyek dan program tanggung jawab sosial yang mereka lakukan. Gojek, Pigeon, Privy.ID hanyalah contoh kecil dari beragam mitra kami.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan