Connect with us

Mitra Hijau

Artani Bulk Store Hijaukan Pesisir Untia, Makassar dengan Menanam 87 Mangrove

Published

on

LindungiHutan dan Artani Bulk Store berkolaborasi untuk menanam mangrove di pesisir Untia, kota Makassar.

Artani Bulk Store merupakan toko curah yang menjual produk pertanian, produk organik, dan produk rumahan ramah lingkungan. Artani mendorong kebiasaan belanja tanpa kemasan plastik sekali pakai dan gaya hidup sehat. Artani Bulk Store bersama LindungiHutan ingin memaksimalkan upaya penanaman Mangrove di Pesisir Untia agar tidak lagi terjadi abrasi yang bisa merusak tempat hidup warga, terutama tambak warga. Mangrove juga bisa dijadikan bahan makanan oleh warga dan tempat bertelurnya kepiting yang hasilnya bisa dipanen oleh warga sendiri.

Faktanya, mengutip dari laman databoks.katadata.co.id, dalam laporan indeks Limbah Makanan 2021, Indonesia berada di posisi pertama dengan limbah makanan rumah tangga terbesar di Asia Tenggara. Program Lingkungan PBB (UNEP) memperkirakan Indonesia memproduksi 20,9 juta ton limbah makanan rumah tangga tiap tahunnya.

Sementara itu, estimasi buangan makanan secara global mencapai 931 juta ton pada 2019. Sebanyak 61% di antaranya atau 596 juta ton disumbang sektor rumah tangga.

Sadar atau tidak, jalannya aktivitas sehari-hari kita turut menyumbang sedikit banyak timbunan sampah yang mana berdampak buruk bagi lingkungan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurai persoalan mengenai pencemaran sampah yaitu dengan menerapkan pola hidup yang minim sampah.

Berbelanja di bulk store bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengurangi jumlah sampah yang terbuang. Artani Bulk Store menyajikan kebutuhan harian tanpa kemasan. Walhasil, siapapun yang ingin berbelanja mesti membawa wadah sendiri. Belanja di bulk store juga memungkinkanmu membeli sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Jadi, tak perlu lagi takut ada sisa bahan-bahan makanan yang terbuang sia-sia.

Artani Bulk Store mendorong kebiasaan berbelanja tanpa kemasan plastik sekali pakai dan gaya hidup sehat.

Mengusung tagline ‘Beli Secukupnya, Pakai Semuanya’, Artani mencoba mengedukasi dan mendorong orang-orang untuk menormalisasi beli sesendok atau dalam jumlah sedikit untuk menghindari sampah makanan yang pada akhirnya akan merusak lingkungan.

Adapun, produk-produk yang dijual di Artani sendiri umumnya produk yang telah dikeringkan sehingga memiliki masa simpan produk yang cukup panjang. Artani paham, ketika panen raya tiba harga beberapa produk kemudian anjlok karena jumlahnya melimpah.

Jadi, para petani mitra diberikan pemahaman bagaimana pengolahan hasil pertanian dengan metode pengeringan. Supaya, produk tersebut tetap dapat dikonsumsi dengan kualitas dan rasa yang terjaga.

Menggandeng LindungiHutan, Artani Bulk Store Inisiasi Kampanye Alam ‘Merawat Pesisir Untia, Merawat Hidup Kita’

Mitra petani LindungiHutan di kota Makassar sedang menanam mangrove.
Mitra penggerak penghijauan LindungiHutan sedang menanam pohon hasil kolaborasi dengan Artani Bulk Store (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Selain terus berupaya untuk membentuk kesadaran masyarakat yang minim sampah, Artani juga konsen terhadap upaya-upaya penghijauan Indonesia. Bersama LindungiHutan, Artani Bulk Store memaksimalkan penanaman pohon mangrove di Pesisir Untia agar tidak lagi terjadi abrasi. Mengingat, abrasi merusak tempat hidup warga, terutama tambak warga.

Artani lantas menginisiasi kampanye alam bertajuk ‘Merawat Pesisir Untia, Merawat hidup Kita’ sebagai wujud komitmennya menghijaukan Pesisir Untia.

Baca juga: Zazz Indonesia Tanam 531 Pohon Mangrove di Semarang

Melalui kampanye alam tersebut, Artani Bulk Store sukses mengumpulkan 83 pohon Mangrove Rhizophora. Aksi nyata Artanai tentu patut kita apresiasi bersama. Harapannya, akan makin banyak pihak-pihak yang mengikuti jejaknya. Mendukung dan turut berpartisipasi dalam aktivitas pelestarian lingkungan.

Artani Bulk Store Menanam Pohon Mangrove di Pesisir Untia, Biringkanaya, Kota Makassar

Anak-anak ikut menanam bibit mangrove di kota Makassar.
Anak-anak ikut terlibat dalam kegiatan penanaman pohon mangrove di pesisir Untia, Biringkanaya, kota Makassar, Sulawesi Selatan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kelurahan Untia berada di bagian utara Kota Makassar atau sekitar 5 km dari pusat kota. Untia merupakan bagian dari Kecamatan Biringkanaya dengan luas wilayah terkecil yaitu 256,1 Ha. Kelurahan ini terdiri dari dua lingkungan yaitu lingkungan Untia dan lingkungan nelayan.

Pesisir Untia sendiri adalah wilayah pesisir utara Kota Makassar yang sangat rentang akan kerusakan seiring dengan gencarnya Investasi di daerah tersebut.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar dalam kajiannya menggunakan citra satelit pada perhitungan pasang surut dan kenaikan air laut, menemukan bahwa pada tahun 2025 mendatang akan terjadi kenaikan air laut di Pesisir Makassar hingga 30 cm lebih. Kemudian pada tahun 2050 menjadi 60 cm lebih dan tahun 2075 mencapai 90 cm. Bahkan, tahun 2100 kenaikannya diperkirakan sudah mencapai 122 cm.

Baca juga: Josvli Menanam Ratusan Pohon di Landak, Kalimantan Barat

Tidak hanya kenaikan air laut akibat pencairan es di wilayah kutub sebagai dampak dari bumi yang makin memanas, masalah lain yang muncul adalah terjadinya deforestasi di daratan yang mengakibatkan pada turunnya daya simpan air di tanah.

Maka dari itu, Artani Bulk Store menggandeng LindungiHutan bersama-sama melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora sebagai upaya menghijaukan Pesisir Untia. Mangrove Rhizophora dipilih mengingat besarnya manfaat yang dimiliki. Manfaat tersebut antara lain:

  •  Mencegah abrasi pantai,
  • Menahan angin kencang dari laut,
  • Mengelola limbah beracun, menghasilkan oksigen, dan menyerap Karbon Dioksida,
  • Menahan proses penimbunan lumpur,
  • Tempat berlindung, bersarang, dan berkembang biak burung atau satwa lain.

Semoga aksi penanaman pohon Mangrove Rhizophora di Pesisir Untia yang diinisiasi Artani Bulk Store bisa memberikan dampak baik untuk lingkungan dan masyarakat setempat.

Baca juga: Avoskin x LindungiHutan Tanam 500 Pohon di Gunung Sawur, Lumajang Jawa Timur

Mari Berkolaborasi untuk Menghijaukan Indonesia dengan Mudah dan Berkelanjutan Manfaatnya

LindungiHutan telah dipercaya 300+ mitra hijau dari brand dan perusahaan untuk menjalankan program penghijauan dan penanaman pohon. Kami menjalin kemitraan dengan kelompok masyarakat lokal guna membuat dampak kebaikan bagi lingkungan, ekonomi dan sosial.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan